Program Studi S1 Ilmu Administrasi Publik

Pendahuluan

Jurusan Ilmu Administrasi Publik adalah jenjang studi sarjana di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya mulai menyelenggarakan kegiatan pendidikan sejak tahun 1983 berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 7/DJ/Kep/1983 tanggal 12 Februari 1983. Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 017/BAN-PT/Ak-XI/S1/VIII/2008 Jurusan Ilmu Administrasi Publik saat ini memperoleh Akreditasi A. Jurusan Ilmu Administrasi Publik dirancang menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi akademik di bidang Kebijakan Publik, Manajemen Sektor Publik, dan Administrasi Keuangan Negara dan Fiskal. Diharapkan lulusan Sarjana Ilmu Administrasi Publik dapat mengisi posisi-posisi penting di lembaga negara, lembaga pemerintahan daerah, organisasi publik dan privat.

Jurusan Ilmu Administrasi Publik saat ini memberlakukan dua kurikulum, yaitu Kurikulum Tahun 2006 yang didasarkan atas Surat Keputusan Rektor Nomor VIII.1664/PT11.1.2/Q/2006 dan Kurikulum 2012 yang didasarkan pada Surat Keputusan Rektor Nomor 209B/UN9/DT.Kep/2012. Kurikulum 2006 diberlakukan untuk mahasiswa Tahun 2006, 2007, 2008, 2009, 2010, dan 2011. Sedangkan Kurikulum 2012 diberlakukan untuk mahasiswa Tahun 2012 dan seterusnya. Kurikulum yang diberlakukan pada Jurusan Ilmu Administrasi Publik dirancang sedemikian rupa sehingga memiliki muatan akademik sekaligus juga memiliki muatan praktis. Muatan akademis ditujukan agar lulusan Ilmu Administrasi Publik memiliki kemampuan akademik dan didukung oleh motivasi yang tinggi dapat meneruskan ke jenjang studi pasca sarjana. Sedangkan muatan praktis diharapkan dapat menyiapkan tenaga profesional Administrasi Negara yang mempunyai kualitas kepemimpinan, kemampuan mengelola organisasi, kemampuan merumuskan dan melaksanakan kebijakan dan menjadi manager publik yang handal dan dapat dijadikan panutan


Kurikulum

  • Visi

Menjadi Program Studi terkemuka dan berbasis riset yang unggul dalam disiplin Ilmu Administrasi Publik.

  • Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan  tinggi  di  bidang  Ilmu  Administrasi Publik yang mampu menghasilkan lulusan yang memiliki integritas kepribadian yang  luhur,  bermoral,  dan taqwa  kepada  Tuhan Yang Maha Esa, berwatak kebangsaan, berjiwa kepemimpinan, dan kompeten dalam bidang Ilmu Administrasi Publik.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan dalam bidang Ilmu Administrasi Publik yang berkualitas dan memiliki sumbangan bagi pengembangan ilmu pengetahuan, pembangunan daerah dan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan kegiatan  pengabdian  serta  publikasi  di  bidang Ilmu Administrasi Publikyang bermakna tinggi bagi pembangunan daerah dan masyarakat.
  4. Membangun jejaring dengan berbagai lembaga terkait baik bersifatkolaboratif maupun kemitraan berdasarkan prinsip-prinsip ilmiah, mandiri, dan bermanfaat bagi pengembangan kelembagaan, pembangunan daerah, dan masyarakat.
  • Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki integritas, kepribadian yang luhur,bermoral, dan  bertaqwa  kepada  Tuhan  Yang  Maha Esa,berwatak kebangsaan, berjiwa kepemimpinan, dan kompeten dalam bidang Ilmu Administrasi Publik.
  2. Menghasilkan penelitian dan pengembangan dalam bidang Ilmu Administrasi Publik yang berkualitas dan memiliki sumbangan bagi pengembangan ilmu pengetahuan, pembangunan daerah,dan masyarakat;
  3. Mengembangkan kegiatan pengabdian serta publikasi di bidang Ilmu Administrasi Publikyang bermakna tinggi dan memberikan manfaat nyata bagi pembangunan daerah dan masyarakat.
  4. Mengembangkan kerjasama kolaboratif dan kemitraan dalam bidang Ilmu Administrasi Publikyang menghasilkan manfaat besar   bagi pengembangan kelembagaan,pembangunan daerah,dan masyarakat.

Gelar Akademik

Sarjana Ilmu Administrasi Negara (S.IP)


Klik link untuk mendownload :

  1. Kurikulum Jurusan Ilmu Administrasi Publik : Kurikulum Jurusan Ilmu Administrasi Publik
  2. Sertifikat Akreditasi : –  S1 Administrasi Publik 2020 – 2025
  3. Sertifikat Akreditasi : –  S1 Administrasi Publik 2014 – 2019

:::… Ketua Jurusan

Dr. M.  Nur Budiyanto, S.Sos., MPA.

Jurnal Online :::…


Profil lulusan Prodi merupakan peran dan fungsi lulusan setelah menyelesaikan pendidikan sesuai dengan bidang keilmuan/ keahlian dari program studi

Deskripsi  profil  lulusan  merupakan  penjabaran  dari  profil  lulusan  yang  dapat  digunakan  untuk menyusun Capaian PembelajaranLulusan (CPL).

No.

PROFIL LULUSAN

DESKRIPSI PROFIL LULUSAN

1.

Birokrat

Seorang manajer  publik  pelaksana  yang  mengenali  dirinya  dengan  baik, mempunyai kemampuan berkomunikasi secara efektif, memahami inovasi bidang  pelayanan,  mengetahui  isu-isu  publik,  memahami  karakter bawahan, mampu memberikan motivasi, dan mampu berpikir kritis dalampengambilan keputusan.

2.

Administrator Publik

Seorang pekerja yang mampu melaksanakan seluruh kegiatan pelayanan

publik serta administrasi pemerintahan dan pembangunan serta mampu menjalankan tugas tugas administratif.

3.

Analis Kebijakan

Seorang analis pratama yang mampu memproduksi informasi kebijakan

dan   melakukan   analisis   organisasi   yang   berkualitas,   menulis   dan mempublikasikan input kebijakan untuk pengambilan keputusan

kebijakan dalam pengembangan organisasi yang inovatif.

4.

Peneliti dan Pengelola Kegiatan Lapangan

Seorang peneliti pemula yang menguasai konsep dan teori administrasi publik, metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif dalam penelitiankebijakan dan manajemen publik, serta mampu mengelola kegiatan lapangan.

Untuk memenuhi kompetensi tersebut maka disusun capaian belajar (Learning Outcome) lulusan Program Studi Ilmu Administrasi Negara dibagi dalam aspek berikut:

  1. Sikap dan Tata Nilai
CP-STN 1

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap

religius.

CP-STN 2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama moral, dan etika.
CP-STN 3 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
CP-STN 4 Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
CP-STN 5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama,dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
CP-STN 6 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
CP-STN 7 Bekerja sama  dan  memiliki  kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
CP-STN 8 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
CP-STN 9 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
CP-STN 10 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di  bidang keahliannya secara  mandiri.
CP-STN 11 Menginternalisasi sikap profesionalitas dan integritas.

 

  1. Kemampuan Bidang Ilmu Pengetahuan
CP-KIP 1 Konsep teoretis administrasi, organisasi, birokrasi, kebijakan publik, pelayanan publik, perilaku organisasi, keuangan negara, reformasi administrasi, dan governansi publik secara mendalam.
CP-KIP 2 Konsep teoretis ilmu politik dan teori sosial secara umum.
CP-KIP 3 Krinsip-prinsip  dan  kaidah  ekonomi  makro,  hukum  administrasi  negara, Manajemen risiko, dan etika administrasi publik.
CP-KIP 4 Metode   penelitian   kualitatif   dan   kuantitatif,   minimal   metode   survei, penelitian lapangan, studi kasus, studi dokumen, dan penelitian kebijakan.
CP-KIP 5 Prinsip-prinsip dan teknik komunikasi persuasif, baik lisan maupun tulisan.

 

  1. Keterampilan
CP-KBP 1 Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan  dan  menerapkan  nilai  humaniora  yang  sesuai  dengan bidang keahliannya.
CP-KBP 2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
CP-KBP 3 Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengankeahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi atau gagasan.
CP-KBP 4 Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
CP-KBP 5 Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data
CP-KBP 6 Mampu    memelihara    dan    mengembangkan    jaringan    kerja    dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
CP-KBP 7 Mampu  bertanggungjawab  atas  pencapaian  hasil  kerja  kelompok  dan melakukan  supervisi dan  evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
CP-KBP 8 Mampu  melakukan  proses  evaluasi  diri  terhadap  kelompok  kerja  yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
CP-KBP 9 Mampu   mendokumentasikan,  menyimpan,  mengamankan,  dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Keterampilan Kerja Khusus
CP-KBP 10 Mampu melaksanakan   dan   meningkatkan   manajemen   dan   edukasi pelayanan publik baik di tingkat lokal maupun nasional yang berpusat pada kepentingan publik.
CP-KBP 11 Mengindentifikasi kepentingan publik dalam siklus kebijakan publik, baik di tingkat lokal  maupun nasional.
CP-KBP 12 Mengorganisasikan (merencanakan, menyusun anggaran, mengalokasikan sumber   daya,   melaksanakan,   dan   evaluasi)   kegiatan   dalam   rangka implementasi kebijakan publik dan peningkatan kinerja pelayanan publik.
CP-KBP 13 Mengusulkan ide/gagasan reformasi kebijakan dan manajemen pelayanan publik.
CP-KBP 14 Menganalisis  risiko  dan  melaksanakan  program  mitigasi  risiko  terhadap implementasi kebijakan.
CP-KBP 15 Melakukan  edukasi  pada  masyarakat  tentang  keutamaan  kepentingan publik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  1. STRUKTUR MATA KULIAH

Struktur mata kuliah Program Studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Uiversitas Sriwijaya terdiri dari Mata Kuliah Universitas, Mata Kuliah Wajib Fakultas, dan Mata Kuliah Program Studi.

 

MATAKULIAH UNIVERSITAS

NO KODE MATA KULIAH SKS
WAJIB
1 UNI1001 Agama 2
2 UNI1002 Pancasila 2
3 UNI1003 Kewarganegaraan 2
4 UNI1004 Bahasa Indonesia 2

 

MATA KULIAH FAKULTAS

NO KODE MATA KULIAH SKS
1 SPO1101 Pengantar Ilmu Politik 3
2 SPO1102 Pengantar Sosiologi 3
3 SPO1103 Pengantar Antropologi Sosial Budaya 3
4 SPO1204 Pengantar Statistik Sosial 3

 

MATAKULIAH PROGRAM STUDI

NO KODE MATA KULIAH SKS
WAJIB
1 SAN1101 Pengantar Ilmu Administrasi Publik*** 3
2 SAN1102 English for Public Administration Basic 2
3 SAN1103 Sistem Administrasi Publik *** 3
4 SAN1204 Sistem Politik Indonesia 3
5 SAN1205 Dasar Dasar Logika 3
6 SAN1206 Sistem Sosial Budaya Indonesia 3
7 SAN1207 Sistem Ekonomi 3
8 SAN2101 Teori Administrasi Publik 3
9 SAN2102 Etika Administrasi Publik*** 3
10 SAN2103 Kebijakan Publik*** 3
11 SAN2104 Teori Organisasi*** 3
12 SAN2105 Governansi Digital*** 3
13 SAN2106 Metode Penelitian 3
14 SAN2107 Sistem Hukum 3
15 SAN2208 Praktikum Administrasi Publik 2
16 SAN2209 Metode Penelitian Administrasi*** 3
17 SAN2210

Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor

Publik***

3
18 SAN2211 Birokrasi & Governansi Publik*** 3
19 SAN2212 Keuangan Publik *** 3
20 SAN2213 Akuntabilitas Keuangan Publik 2
21 SAN2214 Azas-Azas Manajemen*** 3
22 SAN2215 Hukum Administrasi Negara*** 3
23 SAN3101 Kepemimpinan *** 3
24 SAN3102 Administrasi Pembangunan*** 3
25 SAN3103 Manajemen Strategis Sektor Publik 3
26 SAN3228 Integritas Sektor Publik 3
27 SAN3229 Manajemen Pelayanan Publik*** 3
28 SAN3230 Perilaku Organisasi*** 3
29 SAN3231 Kewirausahaan 2
30 SAN3232 Komunikasi dan Advokasi Kebijakan*** 3
31 SAN3233 Pengambilan Keputusan *** 3
32 SAN3234 Pembangunan Regional 3
33 SAN4101 Kuliah Kerja Administrasi 4
34 SAN4102 Analisis Kebijakan*** 3
35 SAN4103 Administrasi Perkantoran 2
36 SAN4104 Manajemen Mutu dan Kinerja 3
37 SAN4105

Seminar Usulan Skripsi & Teknik Penulisan

Ilmiah

2
38 SAN4206 Skripsi 6
PILIHAN
39 SAN3104 Perbandingan Administrasi Publik** 3
40 SAN3105 Implementasi Kebijakan** 3
41 SAN3106 Evaluasi dan Analisis Dampak Kebijakan** 3
42 SAN3107 Advokasi Kebijakan** 3
43 SAN3108 Formulasi Kebijakan** 3
44 SAN3109 Politik dan Administrasi Pemerintahan Daerah** 3
45 SAN3110 Hubungan Antar Pemerintahan** 3
46 SAN3111 Kebijakan Fiskal dan Moneter** 3
47 SAN3112 Kebijakan Resposif Berbasis Gender** 3
48 SAN3113 Kebijakan Olahraga** 3
49 SAN3114 Kebijakan Pariwisata** 3
50 SAN3115 Konsep dan Isu Pembangunan** 3
51 SAN3116 English for Public AdministrationAdvance** 3
52 SAN3117

Pengembangan Organisasi dan Manajemen

Perubahan**

3
53 SAN3118 Manajemen Aset Publik dan Daerah** 3
54 SAN3119 Manajemen Pengadaan Barang dan Jasa** 3
55 SAN3120 Administrasi Kesehatan** 3
56 SAN3121 Manajemen Lingkungan** 3
57 SAN3122 Manajemen Bencana** 3
58 SAN3123 Ekonomi Politik** 3
59 SAN3124 Ekonomi Publik** 3
60 SAN3125 Administrasi Perpajakan** 3
61 SAN3126 Akuntansi Sektor Publik** 3
62 SAN3127 Pembiayaan Pembangunan** 3

 

  1. SEBARAN MATA KULIAH SETIAP SEMESTER

Adapun sebaran mata kuliah setiap semester Program Studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya adalah sebagai berikut :

 

Mata Kuliah Semester 1

NO KODE MATA KULIAH SKS
1 UNI1001 Agama 2
2 UNI1002 Pancasila 2
3 UNI1003 Kewarganegaraan 2
4 SAN1101 Pengantar Ilmu Administrasi Publik*** 3
5 SAN1102 English for Public Administration Basic 2
6 SPO1101 Pengantar Ilmu Politik 3
7 SPO1102 Pengantar Sosiologi 3
8 SPO1103 Pengantar Antropologi Sosial Budaya 3
    Total 20

 

Mata Kuliah Semester 2

NO KODE MATA KULIAH SKS
1 UNI1004 Bahasa Indonesia 2
2 SAN1203 Sistem Administrasi Publik *** 3
3 SAN1204 Sistem Politik Indonesia 3
4 SAN1205 Dasar Dasar Logika 3
5 SAN1206 Sistem Sosial Budaya Indonesia 3
6 SPO1204 Pengantar Statistik Sosial 3
7 SAN1207 Sistem Ekonomi 3
    Total 20

 

Mata Kuliah Semester 3

NO KODE MATA KULIAH SKS
1 SAN2101 Teori Administrasi Publik 3
2 SAN2102 Etika Administrasi Publik*** 3
3 SAN2103 Kebijakan Publik*** 3
4 SAN2104 Teori Organisasi*** 3
5 SAN2105 Governansi Digital*** 3
6 SAN2106 Metode Penelitian 3
7 SAN2107 Sistem Hukum 3
    Total 21

 

 

 

Mata Kuliah Semester 4

NO KODE MATA KULIAH SKS
1 SAN2208 Praktikum Administrasi Publik 2
2 SAN2209 Metode Penelitian Administrasi*** 3
3 SAN2210 Manajemen SDM Sektor Publik*** 3
4 SAN2211 Birokrasi & Governansi Publik*** 3
5 SAN2212 Keuangan Publik *** 3
6 SAN2213 Akuntabilitas Keuangan Publik 2
7 SAN2214 Azas-Azas Manajemen*** 3
8 SAN2215 Hukum Administrasi Negara*** 3
    Total 22

 

MATA KULIAH SEMESTER 5

NO KODE MATA KULIAH SKS
1 SAN3101 Kepemimpinan *** 3
2 SAN3102 Administrasi Pembangunan*** 3
3 SAN3103 Manajemen Strategis Sektor Publik 3
    Jumlah 9
    MATA KULIAH PILIHAN (PILIH 4 MATA KULIAH)  
4 SAN3104 Perbandingan Administrasi Publik** 3
5 SAN3105 Implementasi Kebijakan** 3
6 SAN3106 Evaluasi dan Analisis Dampak Kebijakan** 3
7 SAN3107 Advokasi Kebijakan** 3
8 SAN3108 Formulasi Kebijakan** 3
9 SAN3109 Politik dan Administrasi Pemerintahan Daerah** 3
10 SAN3110 Hubungan Antar Pemerintahan** 3
11 SAN3111 Kebijakan Fiskal dan Moneter** 3
12 SAN3112 Kebijakan Resposif Berbasis Gender** 3
13 SAN3113 Kebijakan Olahraga** 3
14 SAN3114 Kebijakan Pariwisata** 3
15 SAN3115 Konsep dan Isu Pembangunan** 3
16 SAN3116 English for Public AdministrationAdvance** 3
17 SAN3117

Pengembangan Organisasi dan Manajemen

Perubahan**

3
18 SAN3118 Manajemen Aset Publik dan Daerah** 3
19 SAN3119 Manajemen Pengadaan Barang dan Jasa** 3
20 SAN3120 Administrasi Kesehatan** 3
21 SAN3121 Manajemen Lingkungan** 3
22 SAN3122 Manajemen Bencana** 3
23 SAN3123 Ekonomi Politik** 3
24 SAN3124 Ekonomi Publik** 3
25 SAN3125 Administrasi Perpajakan** 3
26 SAN3126 Akuntansi Sektor Publik** 3
27 SAN3127 Pembiayaan Pembangunan** 3
    Total 21

 

Mata Kuliah Semester 6

NO KODE MATA KULIAH SKS
1 SAN3228 Integritas Sektor Publik 3
2 SAN3229 Manajemen Pelayanan Publik*** 3
3 SAN3230 Perilaku Organisasi*** 3
4 SAN3231 Kewirausahaan 2
5 SAN3232 Komunikasi dan Advokasi Kebijakan*** 3
6 SAN3233 Pengambilan Keputusan *** 3
7 SAN3234 Pembangunan Regional 3
    Total 20

 

Mata Kuliah Semester 7

NO KODE MATA KULIAH SKS
1 SAN4101 Kuliah Kerja Administrasi 4
2 SAN4102 Analisis Kebijakan*** 3
3 SAN4103 Administrasi Perkantoran 2
4 SAN4104 Manajemen Mutu dan Kinerja 3
5 SAN4105

Seminar Usulan Skripsi & Teknik Penulisan

Ilmiah

2
    Total 14

 

Mata Kuliah Semester 8

NO KODE MATA KULIAH SKS
1 SAN4206 Skripsi 6
    Total 6

 

JUMLAH SKS

SEMESTER                                       1 = 20

SEMESTER                                       2 = 20

SEMESTER                                       3 = 21

SEMESTER                                       4 = 22

SEMESTER                                       5 = 21

SEMESTER                                       6 = 20

SEMESTER                                       7 = 14

SEMESTER                                        8 = 6

TOTAL KESELURUHAN   = 144 SKS

Catatan:

**        : Pilih 4 Mata Kuliah = 12 SKS

***      : Kurikulum Inti IAPA (Indonesian Asscociation for Public Administration)

  1. SKEMA MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM)PROGRAM STUDI ILMU ADMINISTRASI NEGARA

Skema Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Program Studi Ilmu Administrasi Negara mengadopsi beberapa skema dari sejumlah skema yang ditawarkan melalui panduan yang disosialisasikan  oleh  Kementerian  dan  Kebudayaan  Republik  Indonesia.  Adapun  tahapan  dan skema tersebut diuraikan sebagai berikut :

  1. Melakukan penyesuaian kurikulum sesuai dengan ketentuan 60 sks program MBKM yang akan dikonversi dengan matakuliah-matakuliah yang sesuai atau memiliki capaian kegiatan yang setara dengan capaian pembelajaran matakuliah-matakuliah yang ada di dalam kurikulum.
  2. Merincikan program  MBKM  yang  bisa  disetarakan  dengan  matakuliah-matakuliah  pada semester 5, 6, dan 7. Bentuk kegiatan yang pada tahap awal ini yang terindikasi sejalan dengan target capaian kurikulum yaitu,
  1. Program pembelajaran/kuliah di luar program studi,
  2. Program Membangun Desa
  3. Program Magang

Adapun skemanya di dijelaskan secara rinci sebagai berikut :

 

  1. Program Pembelajaran/Kuliah Di Luar Program Studi

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Semester 5. Pada semester 5 ini diuraikan matakuliah apa saja yang sesuai dengan  kurikulum dan acuan mahasiswa yang akan belajar diluar program studi, tujuannya, agarselanjutnya matakuliah-matakuliah ini sebagai dasar identifikasi capaian pembelajaran, sehingga memudahkan mahasiswa untuk memilih mata kuliah  diluar program  studi yang capaian  pembelajarannya  setara. Selain  itu, beberapa matakuliah di semester 5 ini lah yang akan dibuka bagi program studi manapun yang ingin menyelenggarakan MBKM di Program Studi Ilmu Administrasi Negara Universitas Sriwijaya. Mata kuliah yang ditawarkan pada semester 5 ini diidentifikasi dari capaian pembelajaran (CPL) dan capaian mata kuliah (CPMK) yg secara akar keilmuannya termasuk dalam kajian Ilmu Administrasi Negara akan tetapi secara praktiknya berlaku umum di masyarakat, artinya akan bersinggungan secara langsung dengan keilmuan lainnya

NO KODE MATA KULIAH SEMESTER SKS
1 SAN3101 Kepemimpinan *** 3
2 SAN3102 Administrasi Pembangunan*** 3
3 SAN3103 Manajemen Strategis Sektor Publik 3
    MATA KULIAH PILIHAN (PILIH MINIMAL 4 MK)  
4 SAN3104 Perbandingan Administrasi Publik 3
5 SAN3105 Implementasi Kebijakan** 3
6 SAN3106 Evaluasi dan Analisis Dampak Kebijakan** 3
7 SAN3107 Advokasi Kebijakan** 3
8 SAN3108 Formulasi Kebijakan** 3
9 SAN3109 Politik dan Administrasi Pemerintahan Daerah** 3
10 SAN3110 Hubungan Antar Pemerintahan** 3
11 SAN3111 Kebijakan Fiskal dan Moneter** 3
12 SAN3112 Kebijakan Resposif Berbasis Gender** 3
13 SAN3113 Kebijakan Olahraga** 3
14 SAN3114 Kebijakan Pariwisata** 3
15 SAN3115 Konsep dan Isu Pembangunan** 3
16 SAN3116 English for Public AdministrationAdvance** 3
17 SAN3117

Pengembangan Organisasi dan Manajemen

Perubahan**

3
18 SAN3118 Manajemen Aset Publik dan Daerah** 3
19 SAN3119 Manajemen Pengadaan Barang dan Jasa** 3
20 SAN3120 Administrasi Kesehatan** 3
21 SAN3121 Manajemen Lingkungan** 3
22 SAN3122 Manajemen Bencana 3
23 SAN3123 Ekonomi Politik** 3
24 SAN3124 Ekonomi Publik** 3
25 SAN3125 Administrasi Perpajakan** 3
26 SAN3126 Akuntansi Sektor Publik** 3
27 SAN3127 Pembiayaan Pembangunan** 3
    Total (Minimal) 21

 

  1. Program Membangun Desa

 

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada semester 6. Hal ini sejalan perkembangan otonomi daerah hingga ke level desa, sehingga menyebabkan administrasi pemerintahan desa semakin kompleks, kompleksitas administrasi pemerintahan ini tentu sejalan dengan keilmuan Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Hal ini juga relevan dengan program global yakni Sustainable  Development Goals (SDGs) yang mendorong adanya kolaborasi multipihak  dalam  agenda  pembangunan.  Salah  satu  mitra  pembangunanyang  penting dalam pembangunan adalah pihak perguruan tinggi yang diharapkan memberikan sumbangsih dalam hal pendampingan keilmuan terhadap sejumlah agenda pembangunan yang berlangsung di masyarakat.

Pada bagian ini dilakukan penyesuaian, karena apabila merujuk pada panduan MBKM, prodi diarahkan untuk melakukan program membangun desa ini setelah semester 6. Akan tetapi, secara  keilmuan,  Ilmu  Administrasi  Negara  menyelenggarakan  ini  pada  semester  6, mengingat pemahaman terkait kajian Administrasi Negara akan lebih efektif apabila dipelajari  secara  bertingkat,  yang dalam hal ini  dalam  aktivitas membangun desa akan melakukan observasi secara langsung terkait persoalan-persoalan Administrasi Publik ditingkat desa yang diselenggarakan oleh pemerintahan setempat, selanjutnya pemahaman terkait persoalan-persoalan Administrasi Negara di unit pemerintahan pada hirarki paling rendah tersebut dapat dijadikan sebagai bekal pemikiran berupa ide dan gagasan dalam menjalani proses magang di semester 7 pada kantor-kantor pemerintahan pada hirarki yang lebih tinggi. Harapannya, pengalaman yang dilalui oleh mahasiswa dalam praktik Administrasi Negara pada pemerintahan dari level hirarki yang paling rendah sampai pada praktik Administrasi Negara pada pemerintahan dilevel yang lebih tinggi dapat memberikan pemahaman yang komprehensif bagi mahasiswa dalam hal praktik Administrasi Negara, atau bahkan menjadi agen atau jembatan penyelesaian sejumlah persoalan  Administrasi Negara baik yg ada di level hirarki yang paling rendah maupun di level hirarki yang lebih tinggi.

Selain itu, penyelenggaraan program membangun desa juga diprogramkan dengan menambahkan sejumlah matakuliah yang relevan CPL dan CPMK nya.

Format penyelenggaraan program membangun desa ini pada semester 6 tentu juga mendorong agar  mahasiswa  lebih fokus  menjalani  proses  magang  di  semester 7,  yang selanjutnya menghasilkan sejumlah hasil amatan terkait kajian Administrasi Negara yang dapat diteliti lebih jauh sebagai tugas akhir.

Program membangun desa yang direncanakan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Negara ini adalah program yang berkelanjutan, agar tidak sebatas formalitas saja. Secara berkelanjutan desa-desa yang dijadikan target program akan diwariskan secara terus menerus disetiap angkatan dengan target-tatget yang menunjukkan kontribusi   kita terhadap pembangunan di desa tersebut.

Berdasarkan   hal   tersebut,   maka   disusunlah   skema   belajar   dalam   praktik   program membangun  desa  secara  terstruktur,  dengan  menyusun  matakuliah-matakuliah  yang praktik capaian pembelajarannya relevan dengan kompleksitas administrasi pemerintahan di tingkat desa. Berikut mata kuliah semester 6 yang relevan dengan dengan penyelenggaraan program ini :

 

NO KODE MATA KULIAH SEMESTER SKS
1 SAN3228 Integritas Sektor Publik 3
2 SAN3229 Manajemen Pelayanan Publik*** 3
3 SAN3230 Perilaku Organisasi*** 3
4 SAN3231 Kewirausahaan 2
5 SAN3232 Komunikasi dan Advokasi Kebijakan*** 3
6 SAN3233 Pengambilan Keputusan *** 3
7 SAN3234 Pembangunan Regional 3
    Total 20

 

  1. Program Magang

 

Program magang MBKM ini juga relevan dengan aktivitas praktik Administrasi Negara yang secara rutin dilakukan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Negara etiap tahunnya. Hanya saja dilakukan penyesuaian sesuai dengan panduan MBKM yang mendorong penyelenggaraan  kegiatan ini dalam durasi yang lebih panjang dan dapat ditambahkan dengan matakuliah-matakuliah yang sejalan dengan praktik magang tersebut.Pada program ini terdapat mata kuliah KKA, dan beberapa mata kuliah lain dengan CPL dan CPMK yang relevan. Proses magang dengan format MBKM ini akan memberikan pemahaman  yang lebih   dalam   bagi   mahasiswa   karena   berlangsung   dalam   waktu   yang   lebih   lama dibandingkan format sebelumnya, ditambah lagi dengan adanya matakuliah-matakuliah pendamping yang akan menunjang proses magang tersebut. Adapun melalui matakuliah- matakuliah pendamping tersebut mahasiswa didorong untuk melakukan observasi terkait praktik-praktik Administrasi Negara yang selanjutnya dapat ditindaklanjuti dalam bentuk riset yang ditulis sebagai tugas akhir.

Secara administratif program ini akan dilaksanakan di dua semester, yakni semester 7 dan 8, karena hal ini berhubungan dengan panduan MBKM yang membenarkan proses konversi laporan  akhir  magang  sebagai  tugas  akhir  sehingga  pada  saat  pemagangan  mahasiswa sudah bisa menyusun laporan dan rancangan skripsi melalui mata kuliah Seminar Usulan Skripsi dan Teknik Penulisan ilmiah yang akan diambil pada saat mahasiswa melaksanakan magang.  Agar  penyelenggaraan  MBKM  tetap  sejalan  dengan  aturan  kurikulum  yang berlaku, dalam praktiknya kegiatan magang sebagai realisasi dari mata kuliah semester 7 dan 8 ini dijalankan secara bersamaan pada semester 7, sementara secara administratif proses konversi laporan magang terhadap skripsi tetap dilakukan di semester 8.

 

NO KODE MATA KULIAH SEMESTER SKS
SEMESTER 7
1 SAN4101 Kuliah Kerja Admininistrasi 4
2 SAN4102 Analisis Kebijakan*** 3
3 SAN4103 Administrasi Perkantoran 2
4 SAN4104 Manajemen Mutu dan Kinerja 3
5 SAN4105 Seminar Usulan Skripsi & Teknik Penulisan Ilmiah 2
SEMESTER 8
6 SAN4206 Skripsi 6
Total SKS 20

UNI1001            Agama                                                                                                                 2 SKS

Mata Kuliah Agama adalah salah satu mata kuliah Wajib Kurikulum pada Pendidikan Tinggi yang dirancang untuk mempelajari agama guna memperkuat keimanan mahasiswa pada Tuhan, serta memperluas  wawasan  hidup  beragama,  dalam  perkuliahan  ini,  secara  umum  membahas tentang esensi ajaran Agama baik yang berkenaan dengan keyakinan pada Tuhan, aturan hidup, dan prinsip hidup bagi umat beragama. Pendidikan agama di perguruan tinggi membantu terbinanya mahasiswa yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berpikir filosofis, bersikap rasional, berpandangan luas, ikut serta mengembangkandan memanfaatkan ilmu dan teknologi untuk kepentingan manusia.

UNI1002            Pancasila                                                                                                             2 SKS

Mata kuliah Wajib Kurikulum pada Pendidikan Tinggi ini yang mengkaji tentang latar belakang pendidikan pancasila, pancasila dalam kajian sejarah Indonesia, pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, sistem filsafat, sistem etika, dan dasar nilai pengembangan ilmu. Dengan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, diharapkan dapat tercipta wahana pembelajaran bagi para mahasiswa untuk mengkaji Pancasila secara akademik (genetivus objektivus), dan menjadikan Pancasila sebagai perspektif untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah bangsa dan negara (genetivus subjectivus).

UNI1003            Kewarganegaraan                                                                                           2 SKS

Mata Kuliah ini merupakan mata kuliahwajib kurikulum pada Pendidikan Tinggi yang bertujuan untuk membekali kepribadian mahasiswa agar dapat berpikir secara komprehensifintegral, memiliki wawasan pengetahuan yang luas, dapat hidup berdemokrasi, berbudi pekerti yang luhur, sadar akan hak dan kewajibannya sebagai warga Negara Indonesia serta memiliki rasa tanggung jawab yang besar akan kemajuan bangsa dan Negara Indonesia di masa depan.

UNI1004            Bahasa Indonesia                                                                                           2 SKS

Mata kuliah Wajib Kurikulum pada Pendidikan Tinggi mengharapkan mahasiswa mampu untuk (1) menggunakan Bahasa Indonesia untuk memperkaya pikiran, gagasan, dan sikap ilmiah ke dalam berbagai bentuk karya ilmiah yang berkua!itas (memenuhi syarat objektivitas, koherensi, kohesi,  efektivitas,  efisiensi,  dan  komunikatif);  (2)  menyunting  secara  kritis  berbagai  karya ilmiah dan menyempurnakannya berdasarkan hasil suntingan; (3) memanfaatkan kemahiran dalam berbahasa Indonesia untuk mengembangkan diri sepanjang hayat. Perkuliahan ini dilaksanakan dengan pendekatan komunikatif dan kontekstual melalui teknik diskusi, latihan, dan presentasi.

SPO1101            Pengantar Ilmu Politik                                                                                3 SKS

Mata Kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal pemahaman dasar tentang ilmu politik. Terutama  mengenai  pengertian,  fokus  kajian,  pendekatan-pendekatan  dan  konsep-konsep dasar ilmu politik itu sendiri. Kajian mata kuliah ini meliputi, pengertian ilmu politik, objek kajian ilmu  politik,  ilmu  pengetahuan  dan  studi  politik,  pendekatan  dalam  ilmu  politik,  Hak  Asasi Manusia, representasi politik, partai politik, masyarakat sipil(Civil Society) dan kelompok kepentingan, dan Governance.

SPO1102            Pengantar Sosiologi                                                                                       3 SKS

Mata kuliah ini membahas dan menjelaskan tentang konsep, generalisasi dan teori yang berkaitan dengan hakikat ilmu sosiologi, teori-teori sosiologi, proses sosial dan interaksi sosial, tipe-tipe kelompok sosial, masyarakat perkotaan dan pedesaan, lembaga kemasyarakatan, stratifikasi sosial atau sistem pelapisan sosial termasuk di dalamnya status dan peran, mobilitas sosial (vertikal-horizontal), perubahan sosial yang terjadi di masyarakat, konflik sosial berikut sebab sebabnya, dan perubahan kebudayaan.

SPO1103            Pengantar Antropologi Sosial Budaya                                                  3 SKS

Mata   kuliah   ini   secara   garis   besar   pembahasan   meliputi   :   Pengertian   antropologi; perkembangan antropologi dari semenjak pembentukannya sampai sekarang; kehidupan manusia yang terus berkembang menyebabkan terjadinya cabang-cabang antropologi; masyarakat dan kebudayaan mengkaji bahwa masyarakat memerlukan pengaturan dan kehidupan yang berkelanjutan sehingga tidak akan lepas dari kebudayaan; pembentukan kebudayaan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti, lingkungan geografis, induk bangsa, kontak anar budaya, dan adanya kebutuhan dasar; rincian setiap unsur-unsur kebudayaan yang universal; kepribadian masyarakat yang terbentuk sebagai hasil budaya; Bangsa Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika; Pembangunan Indonesia.

SPO1204            Pengantar Statistik Sosial                                                                          3 SKS

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang secara umum mengkaji penggunaan sejumlah rumus statistic dalam pemecahan masalah sosial. Melalui mata kuliah ini mahasiswa akandiperkenalkan dengan banyak rumus statistik yang dapat digunakan dalam analisis data khususnya yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Oleh sebab itu perkuliahan ini memberi dasar-dasar penggunaan dan aplikasi serta cara menghitung rumus tersebut. Pada perkembangannya mata kuliah ini juga mendampingi mahasiswa dalam penggunaan sejumlah software yang digunakan untuk olah data kuantitatif.

SAN1101           Pengantar Ilmu Administrasi Publik                                                    3 SKS

Mata kuliah ini membahas konsep-konsep dasar administrasi publik menurut perkembangan paradigma hingga saat ini yang meliputi : konsep, ruang lingkup, sejarah perkembangan administrasi publik, paradigma administrasi publik lama (old public administration), paradigma manajemen publik baru (new public management), paradigma layanan publik baru (new public service), prinsip dan nilai dalam administrasi publik, dimensi-dimensi penting dalam administrasi publik dan perkembangan teori administrasi publik.

SAN1102           English for Public Administration Basic                                                2 SKS

Mata kuliah ini didesain sebagai untuk mempelajari dan mengasah keterampilan dasar Bahasa Inggris yang harus dimilki oleh mahasiswa S1. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat mempratekkan ketrampilan dasar bahasa Inggris untuk keperluan akademis dan non akademis, sehingga dapat berkomunikasi dan menunjang karir di ranah internasional. Mata kuliah ini juga dimaksudkan untuk mendorong mahasiswa untuk memahami bahwa pentingnya pemahaman Bahasa inggris dalam perkembangan sektor publik yang harus menyesuaikan diri dengan perkembangan era.

 SAN1203           Sistem Administrasi Publik                                                                       3 SKS

Mata kuliah ini secara umum merupakan mata kuliah yang menjelaskan tentang kelembagaan dan segala aspek yang berkaitan dengan administrasi public. Secara rinci kajian mata kuliah Sistem Administrasi Publik Indonesia ini meliputi kajian aspek kelembagaan, kepegawaian, susunan kewenangan, hubungan antar lembaga Tertinggi/Tinggi Negara, beserta penjabaran dan mekanisme hubungan kerjanya, sehingga dipahami posisi dan peran instansi-instansi dalam sistem penyelenggaraan pemerintahan negara.

SAN1204           Sistem Politik Indonesia                                                                             3 SKS

Mata kuliah ini membahas tentang berbagai kajian yang mencakup konsep Sistem Politik yang pernah dan sedang berlaku di Indonesia (meliputi aspek statis dan dinamis dalam sistem politik di   Indonesia,   prinsip-prinsip   sistem   politik   dikaitkan   juga   dengan   kultur   politik   yang berkembang), pengertian sistem politik, ciri dan struktur sistem politik, dan juga lembaga- lembaga yang ada di Indonesia. Kuliah akan diperkaya dengan studi Kasus.

SAN1205           Dasar Dasar Logika                                                                                       3 SKS

Mata kuliah ini mengkaji dan mendiskusikan tentang berbagai peran logika sebagai objek kajian ilmu pengetahuan.Selain itu mata kuliah ini juga menjelaskan alasan pentingnya mempelajari dan memahami logika, berbagai unsur dalam berargumentasi, serta berbagai aliran logika, seperti logika deduktif, induktif, simbolik, dan logika lateral dengan penekanan pada logika ilmiah dan lapangan kerja serta sikap sehari-hari yang berlangsung ditengah-tengah interaksi manusia ataupun masyarakat.

SAN1206           Sistem Sosial Budaya Indonesia                                                              3 SKS

Mata kuliah ini membahas tentang definisi sistem sosial dan budaya menurut beberapa ahli, masalah-masalah pokok sistem sosial dan budaya, pendekatan teoritis untuk studi sistem sosial, struktur dan sistem sosial dan budaya masyarakat Indonesia, masalah integrasi nasional serta aspek-aspek nilai budaya dan historis yang mempengaruhinya. Selain itu mata kuliah ini juga mengkaji  sejumlah  fenomena  sosial  budaya  di  Indonesia  yang  memiliki  dampak  langsung maupun tidak langsung terhadap kehidupan sosial masyarakat di Indonesia.

SAN1207           Sistem Ekonomi                                                                                             3 SKS

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang teori Sistem Ekonomi Indonesia dan fenomena-fenomena sosial yang mempengaruhinya. Mata kuliah Sistem Ekonomi Indonesia mengulas tentang histori perkembangan sistem perekonomian dan pembangunan ekonomi Indonesia dari masa ke masa. Melalui mata kuliah ini, peserta didik diharapkan mampu memahami sistem ekonomi Indonesia secara historikal dan mengasah pemikiran kritis peserta didik dalam memahami kondisi ekonomi Indonesia.

SAN2101           Teori Administrasi Publik                                                                         3 SKS

Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah pokok dalam kajian administrasi publik. Mata kuliah ini secara umum memiliki lingkup kajian meliputi definisi teori administrasi publik, perkembangan paradigma administrasi publik, dan orientasi studi administrasi publik. Selain itu mata kuliah ini juga mengkaji orientasi kebijakan dalam studi administrasi publik, dan orientasi pembangunan dalam studi administrasi publik, serta praktik dan fenomena yang terjadi di masyarakat.

SAN2102           Etika Administrasi Publik                                                                          3 SKS

Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah pokok program studi. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang mengkaji administrasi publik dalam perspektif etis atau moralitas. Secara spesifik mata kuliah ini mempelajari konsep-konsep, dan penerapan teori-teori Etika Administrasi Publik meliputi: etika, moral, norma, kepribadian, perilaku birokrasi, pelaksanaan etika   dalam   administrasi  publik  dengan   dilandasi  jiwa   entrepreneurship.Mata  kuliah   ini bertujuan untuk membentuk administrator publik yang memiliki etika dan moralitas yang kuat sehingga mendorong terciptanya birokrasi yang akuntabel dan melayani.

 SAN2103           Kebijakan Publik                                                                                            3 SKS

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada mahasiswa tentang Konsep, Ruang Lingkup, defenisi dan makna Kebijakan publik.Mata kuliah ini juga menjelaskan hubungan antara kebijakan publik dan KepentinganPublik. Selain itu mata kuliah ini juga menguraikan seputar Model-Model Kebijakan Publik, Proses Kebijakan Publik, Identifikasi dan Perumusan Masalah Kebijakan, Menyusun Agenda Kebijakan, Formulasi Kebijakan, Implementasi Kebijakan, Evaluasi Kebijakan, serta Perubahan Kebijakan publik.

SAN2104           Teori Organisasi                                                                                             3 SKS

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar teori dan organisasi, konsep-konsep individu dan konsep-konsep individu di dalam organisasi, teori pembentukan kelompok, perkembangan teori organisasi, rancangan organisasi, teori azaz-azaz organisasi, fungsi-fungsi organisasi dan teori tentang bentuk-bentuk dalam organisasi. Perkuliahan ini juga mengkaji tentang fungsi dan peranan komunikasi dalam sebuah organisasi, kekuasaan, kewenangan organisasi, motivasi dalam organisasi, komunikasi, dan pengembangan organisasi.

SAN2105           Governansi Digital                                                                                         3 SKS

Mata kuliah ini secara umum mengkaji perihal penyesuaian praktik pemerintahan dengan digitalisasi yang terus berkrmbang. Mata kuliah ini didesain untuk memberikan pemahaman tentang digital governance, baik dari aspek teoritis maupun empiris. Selain itu, mata kuliah ini juga didesain untuk memberikan dasar-dasar teknis bagi mahasiswa dalam menciptakan dan mengoperasikan aplikasi teknologi informasi pemerintahan. Setelah menempuh mata kuliah ini, peserta mampu memahami dasar-dasar teoritik tentang digital governance.

SAN2106           Metode Penelitian                                                                                          3 SKS

Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep dasar penelitian dalam bidang teknologi informasi serta aplikasinya dalam bidang perpustakaan dan dokumentasi. Beberapa materi yang akan dipelajari  antara  lain  pengertian  penelitian,  prinsip-prinsip  penelitian, paradigma penelitian, desain penelitian, penelitian pengembangan, penelitian survei, penelitian eksperimen, pengertian kualitatif, data dan teknik pengumpulan data, pembuatan kuesioner, teknik wawancara dan observasi, cara menentukan sampel, teknik analisis data, penulisan proposal penelitian, penulisan laporan dan hasil penelitian.

SAN2107           Sistem Hukum                                                                                                  3 SKS

Mata kuliah ini secara umum merupakan mata kuliah yang mengkaji praktik dan kelembagaan hukum yang ada di Indonesia. Secara rinci mata kuliah ini membahas tentang pengertian dari Sistem Hukum Indonesia,unsur-unsurhukum, tujuan hukum, hukum ketatanegaraan beserta prinsipnya, hukum pemerintahan,hukum administrasi negara, hukum keperdataan hukum kepidanaan dan bantuan hukum, hukum adat, hukum Internasional, kesadaran hukum masyarakat, serta sejumlah praktik dan fenomena hukum yang terjadi ditengah-tengah masyarakat.

SAN2208           Praktikum Administrasi Publik                                                              2 SKS

Mata kuliah ini berupa kegiatan analisis data empirik dan kegiatan lapangan dalam penyelengaraan administrasi publik yang dapat digunakan untuk membantu memecahkan masalah-masalah penyelengaraan administrasi publik. Mata kuliah ini lebih mengarah kepada kajian-kajian teoritik dalam bentuk praktik dan mekanisme keilmuan. Pada mata kuliah ini mahasiswa didorong untuk memahami konsep administrasi publik secara rinci yang meliputi teori-teori kebijakan, merancang policy paper, persidangan, mekanisme administrasi keuangan publik, dan kajian-kajian manajemen strategis lainnya.

SAN2209           Metode Penelitian Administrasi                                                              3 SKS

Mata kuliah ini membahas konsep-konsep dasar metode penelitian adminisrasi menurut perkembangan  filsafat  dan  paradigma  hingga  saat  ini  yang  meliputi  :  perumusan  masalah, tujuan dan manfaat penelitian, tinjauan pustaka, kerangka pemikiran dan hipotesis, teknik analisis data dalam penelitian kuantitatif, teknik menguji validitas dan reliabilitas penelitian, teknik pengumpulan data penelitian kuantitatif, populasi dan teknik memilih sampel penelitian, operasional variable, teknik analisis data penelitian kualitatif, teknik menguji keabsahan data kualiatif, teknik memilih informan dalam penelitian kualitatif, kesimpulan dan rekomendasi dan penusunan proposal penelitian.

SAN2210           Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik                          3 SKS

Mata kuliah ini secara umum membahas tentang tata Kelola sumber daya manusia pada sektor public. Mata kuliahini diharapakan dapat memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang berbagai aspek Sumber Daya Manusia dalam organisasi sektor publik, serta sejumlah tantangan perkembangan era dan dinamika sektor publik yang menuntut manajemen sektor publik yang konstruktif,  sehingga  mendorong efektivitas dan  efisiensi pengelolaan sektor  publik  melalui pengelolaan Sumber Daya Manusia.

SAN2211           Birokrasi &Governansi Publik                                                                 3 SKS

Mata  Kuliah  ini  merupakan  mata  kuliah  yang  secara  umum  membahas  tentang  praktik, dinamika, penyimpangan, dan sejumlah inovasi birokrasi. Secara rinci mata kuliah ini diharapkan dapat    memberikan  pemahaman terhadap mahasiswa terkait  pengertian,  pembelajaran,dan pemahaman tentang konsep dasar, istilah, dan pengertian, serta alasan perlunya mempelajari birokrasi pemerintahan indonesia. Selain itu mata kuliah ini juga mengkaji seputar hubungan antara pelayanan publik dan birokrasi sebagai satu kesatuan aktivitas administrasi publik.

SAN2212           Keuangan Publik                                                                                            3 SKS

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang secara umum mengkaji seputar tata Kelola keuangan sektor publik. Melalui   mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat memahami, menguasai dan menganalisis sistem administrasi keuangan negara baik dilevel pemerintahan daerah maupun pada level pemerintahan pusat, serta hubungan administrasi keuangan diantara keduanya. Selain itu, mata kuliah ini juga mengkaji sistem penganggaran, sistem pelaporan, pemeriksaan dan evaluasi serta administrasi keuangan negara dan daerah.

SAN2213           Akuntabilitas Keuangan Publik                                                               2 SKS

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang secara umum mengkaji tentang pertanggungjawaban tata kelola keuangan sektor publik baik secara administrative maupun non-administratif. Secara rinci dengan mengikuti mata kuliah inimahasiswa diharapkan dapat memahami dan menjelaskan tentang pertanggung jawaban keuangan, manajerial dan pengawasan, pertanggung jawaban yang dilakukan pemerintah sebagai perwujudan dari penyediaan informasi mengenai setiap tindakan atau kegiatan dan pengelolaan keuangan yang dilakukan pemerintah selama periode tertentu.

 SAN2214           Azas Azas Manajemen                                                                                 3 SKS

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang mengkaji, memahami mengenai manajemen sebagai suatu ilmu pengetahuan yang dapat membantu, mengatur dan mengorganisir suatu kegiatan atau aktivitas kerja dari suatu sistem, instansi, lembaga atau organisasi tertentu guna mencapai efektivitas dan efesiensi kerja. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan mampu menguasai teori-teori dan mengembangkan azas-azas manajemen serta mampu menguasai model-model dan fungsi-fungsi manajemen yang pokok-pokok, menguasai konsep-konsep kepemimpinan, organisasi dan manajemen organisasi

SAN2215           Hukum Administrasi Negara                                                                   3 SKS

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan kajian-kajian yang berhubungan dengan susunan pemerintahan di Indonesia dan hubungan antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah dalam perspektif hukum. Selain itu, mata kuliah ini juga mengkaji hal-hal mengenai kewenangan dan tindakan hukum dalam lingkup pemerintahan, perbuatan-perbuatan pejabat tata usaha negara, unsur-unsur dan asas-asas pemerintahan yang baik, serta prosedur beracara di pengadilan tata usaha negara.

SAN3101           Kepemimpinan                                                                                               3 SKS

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang membahas tentang bagaimana kepemimpinan mengefektifkan organisasi. Efektifitas pencapaian tujuan organisasi itu sangat tergantung pada kualitas bantuan atau kerja sama yang di ciptakan dan dikembangkan pemimpin, baik yang dilakukan dengan cara perseorangan maupun kelompok di dalam atau di luar organisasi. Untuk mencapai efektifitas pencapai tujuan organisasi tersebut diperlukan teori-teori kepemimpinan dan gaya kepemimpinan masing-masing.

SAN3102           Administrasi Pembangunan                                                                      3 SKS

Mata kuliah ini merupakan suatu kajian ilmu pengetahuan yang dimaksudkan untuk memahami proses  pemilihan  alternatif  dan  pelaksanaan  pembangunan  berdasarkan  pada  kriteria  yang jelas, transparan, dan akuntabel, sehingga dapat membantu memberikan berbagai alternatif putusan yang rasional, konstruktif, masuk akal, dan dapat dijadikan sebagai landasan yang kuat untuk menjelaskan bahwa sebuah administrasi pembangunan akan dipilih atau ditolak, serta sarana evaluasi terkait perbaikan administrasi pembangunan yang pernah dipilih sebelumnya.

SAN3103           Manajemen Strategis Sektor Publik                                                      3 SKS

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang secara umum mengkaji Langkah-langkah strategi manajemen terkait tata Kelola sektor publik. Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat mendeskripsikan pola berpikir strategis dalam fungsi-fungsi manajemen sektor publik, yang meliputi perencanaan, penerapan, dan pengawasan/pengendalian potensi sektor publik. Kajian tersebut bertujuanuntuk menghasilkan tata kelola yang strategisdan tepat dalam mencapai tujuan yang diharapkan.

SAN3104           Perbandingan Administrasi Publik                                                        3 SKS

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang akan membahas mengenai sejumlah kajian seputar administrasi publik dalam pendekatan komparatif, yang meliputi kajian tentang sistem administrasi negara-negara di dunia (negara industri maju dan negara berkembang) dengan berangkat dari pendekatan, fokus, dan kerangka kajian perbandingan administrasi negara dan analisis terhadap variasi rezim politik serta transformasi sistem yang terjadi di negara-negara di dunia, khususnya negara-negara berkembang.

SAN3105           Implementasi Kebijakan                                                                           3 SKS

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang secara umum membahas proses dan model distribusi kebijakan ke tengah-tengah masyarakat atau objek dari kebijakan tersebut. Pada mata kuliah ini kajian kebijakannya merupakan lanjutan dari formulasi kebijakan. Secara rinci mata kuliah ini   membahas implementasi kebijakan sesudah diformulasi dan ditetapkan menjadi sebuah program atau keputusan bagi publik, serta bagaimana mekanisme atau tahapan penerapan atau implementasi kebijakan sampai kepada objek atau sasaran kebijakan dan mencapai tujuan yang dirancang pada proses formulasi.

SAN3106           Evaluasi dan Analisis Dampak Kebijakan                                           3 SKS

Mata kuliah ini secara umum merupakan mata kuliah yang mengkaji dampak atau akibat diimplementasikannya sebuah kebijakan, baik hal-hal yang berhubungan dampaknya terhadap objek atau kelompok sasaran kebijakan, maupun dampaknya terhadap lingkungan yang ada disekitar   objek   maupun   kelompok  sasaran   kebijakan   tersebut.  Melalui  mata  kuliah   ini diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan monitoring, dan evaluasi kebijakan dalam konteks analisis dampak kebijakan publik, serta analisis kritis dalam pemetaan dan pemecahan masalah.

SAN3107           Advokasi Kebijakan                                                                                      3 SKS

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah secara umum mengkaji hal-hal yang mengintervensi kebijakan yang telah ada maupun mengintervensi dibuatnya suatu kebijakan tertentu sebagai sikap legal negara dalam menyikapi fenomena sosial yang sedang terjadi. Mata kuliah ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada mahasiswa terkait konsep-konsep dasar advokasi kebijakan, ruang lingkup advokasi kebijakan, media advokasi kebijkan serta aktor-aktor advokasi kebijakan yang merupakan dasar untuk dapat melakukan advokasi kebijakan dengan baik.

SAN3108           Formulasi Kebijakan                                                                                    3 SKS

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang secara umum mengkaji hal-hal yang berhubungan dengan  perumusan  kebijakan  publik.  Pada  mata  kuliah  ini mahasiswa  diharapkan  mampu memahami konsep-konsep dan penerapan teori-teori formulasi kebijakan publik. Secara rinci mata kuliah ini memiliki kajian yang meliputi: perumusan kebijakan yang dimulai dari identifikasi masalah publik yang menjadi isu dan agenda kebijakan pemerintah, serta mahasiswa didorong untuk memahami dan mampu menjelaskan berbagai model perumusan kebijakan.

SAN3109           Politik dan Administrasi Pemerintahan Daerah                              3 SKS

Mata  kuliah  ini  merupakan  mata  kuliah  yang  diharapkan  dapat  memberikan  pemahaman kepada mahasiswa seputar dinamika politik yang mempengaruhi berbagai aktivitas administrasi pemerintahan daerah, sehingga mahasiswa mampu menjelaskan tentang teori, konsep dan aplikasi terhadap pemerintah daerah dan masalah-masalah lokal meliputi:  kontestasi politik lokal, konsep dan perkembangan pemerintahan daerah, politik dan perwakilan daerah, otonomi daerah  pada  masa  orde  baru, permasalahan  dan  implementasi  perencanaan  pembangunan daerah, format baru otonomi daerah, perencanaan daerah pada era otonomi.

SAN3110           Hubungan Antar Pemerintahan                                                              3 SKS

Mata kuliah hubungan antar pemerintahan menekankan pada ranah kajian pada pola hubungan yang saling terkait antara pemerintah pusat sebagai sentral kekuasaan pemerintahan dalam skala nasional dengan pemerintah daerah sebagai pelaksana pemerintahan dalam skala lokal. Kajian yang terkait dengan pola hubungan adalah kajian sistem penyelengaraan pemerintahan baik pusat maupun daerah karena inilah yang menjadi landasan terbentuknya pola hubungan pusat dan daerah.

SAN3111           Kebijakan Fiskal dan Moneter                                                                  3 SKS

Mata kuliah ini secara umum mengkaji dampak atau sebab akibat dari adanya atau dihilangkannya kebijakan fiskal dan moneter tertentu. Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kebijaksanaan fiskal dan moneter, peranan dan dampaknya pada pembangunan nasional, serta pengendalian penetapan fiskal dan moneter. Selain itu mahasiswa juga dituntut untuk memiliki analisis kritisnya terkait pemecahan masalah dari berbagai dampak yang ditimbulkan oleh kebijakan fiskal dan moneter, atau kebijakan publik sektor lainnya yang mendorong sektor fiskal dan moneter untuk mengambil kebijakan sebagai bentuk respon.

SAN3112           Kebijakan Resposif Berbasis Gender                                                    3 SKS

Mata kuliah ini membahas tentang kondisi kebijakan yang ditelaah dalam pendekatan gender yang  bermuara  pada  deksripsi  kritis  terkait  keterbutuhan  tingkat  responsive  dan  keadilan gender dalam kebijakan yang ada ataupun formulasi kebijakan yang akan dibuat. Kontestasi ketimpangan dan bias gender dalam struktur kebijakan menghadirkan keharusan dalam pemahaman gender yang baiknya menjadi esensi penting dalam sebuah regulasi pemerintah terkhusus dalam bentuk kebijakan.

SAN3113           Kebijakan Olahraga                                                                                       3 SKS

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah keahlian mahasiswa  yang mengkaji sejumlah kajian keolahragaan yang diharapkan mampu menjelaskan mengenai kebijakan : konsep dan analisis, pengertian isu dan kebijakan dalam olahraga, isu-isu aktual mengenai olahraga, kebijakan publik dalam olahraga, perubahan motif pembinaan olahraga dari logika politik ke ekonomi, krisis global perkembangan olahraga, manajemen olahraga sebagai profesi, peranan hukum dan kebijakan dalam pembinaan olahraga, dan latihan olahraga kompetitif.

SAN3114           Kebijakan Pariwisata                                                                                    3 SKS

Mata Kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada mahasiswa tentang kebijakan pariwisata secara nasional dan internasional, serta bagaimana analisis terhadap setiap tahapan kebijakan dan urgensi kebijakan terhadap industry pariwisata. Mata kuliah   ini   mengurai   sejumlah   kebijakan   di   Industri   Pariwisata, peran-peran   pemangku kepentingan dan aktor-aktoryang berpengaruh terhadap kebijakan pariwisata. Mata kuliah ini juga bertujuan untuk menjelaskan model-model untuk kebijakan pariwisata, serta fungsi dari beberapa model kebijakan pariwisata.

 SAN3115           Konsep dan Isu Pembangunan                                                                 3 SKS

Mata  kuliah  ini  mata  kuliah  yang  mengkaji  isu-isu  pembangunan  yang  terjadi  secara  local maupun global. Mata kuliah ini juga membahas sejumlah konsep-konsep dalam praktik pembangunan. Secar rinci mata kuliah ini menjelaskan tentang pengertian teori pembangunan dan hal-hal terkait dengan teori pembangunan, teori modernisasi, teori struktural, teori dependency/ underdevelopment, kritik dan polemik teori dependency, teori pasca dependency, teori kritis, dan model-model pembangunan baru.

SAN3116           English for Public Administration Advance                                         3 SKS

Mata kuliah ini membahas penggunaan bahasa inggris lisan maupun tulisan dengan tata bahasa yang baik dan benar seperti penggunaan tense, verb, grammar. Mata kuliah ini juga bertujuan untuk memperkenalkan praktik administrasi publik yang secara langsung terdampak dengan globalisasi atau modernisasi, sehingga hal tersebut mendorong perkembangan aktivitas atau praktik administrasi publik yang lebih inovatif dan mendunia, terutama memahami praktik administrasi publik yang memenuhi standar internasional dan proses membangun relasi secara global untuk mendorong praktik administrasi dalam negeri.

SAN3117           Pengembangan Organisasi dan Manajemen Perubahan               3 SKS

Mata kuliah ini berisikan konsep, model, dan tahapan dalam pengembangan organisasi untuk meningkatkan kinerja organisasi. Tahapan meliputi perencanaan, implementasi dan evaluasi aktivitas pengembangan organisasi dan memberi pemahaman kepada mahasiswa tentang tantangan-tantangan yang dihadapi dalam suatu proses perubahan, baik di tingkat strategis, tim dan yang paling utama di tingkat individu. Kegagalan dalam memahami dan mengantisipasi tantangan-tantangan tersebut akan berpotensi menghambat keberhasilan proses transformasi.

SAN3118           Manajemen Aset Negara dan Daerah                                                    3 SKS

Mata kuliah ini membahas manajemen aset negara dan daerah, strategi manajemen aset yang terintegrasi, pemahaman seputar permintaan, penawaran, dan ketentuan umum tender, serta konsep berkelanjutan, kontrak dalam manajemen aset, hak dan tanggung jawab dalam pelaksanaan kontrak, manajemen aset daerah, pengadaan serta apresiasi produk lokal dalam manajemen aset, siklus hidup aset, pengelolaan internal aset, strategi aset, penghapusan aset, dan manajemen aset.

SAN3119           Manajemen Pengadaan Barang dan Jasa                                              3 SKS

Mata kuliah ini mengkaji, membahas, dan mengenalkan tentang bagaimana proses pengadaan barang dan jasa sektor public kepada mahasiswa, baik untuk pengadaan barang dan jasa pemerintah maupun pengadaan barang dan jasa non pemerintah seperti perusahaan, beberapa pokok bahasan seperti pengertian dasar pengadaan barang dan jasa, pelaksanaan pengadaan barang dan  jasa, pelaksanaan pengadaan barang dan jasa non pemerintah, dan penerapan barang dan jasa.

SAN3120           Administrasi Kesehatan                                                                              3 SKS

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang secara umum mengkaji tata Kelola administrasi dalam lingkup bidang Kesehatan. Melalui mata kuliah ini diharapakan dapat memberikan pemahaman kepada mahasiswa terkaittata kelola administrasi kesehatan yang meliputi standar operasional secara administratif, prinsip-prinsip tata kelola pelayanan publik dalam praktik administrasi kesehatan, sehingga terciptanya tata Kelola administrasi Kesehatan yang santun dan maksimal dalam memberikan pelayanan, serta mampu memberi kontribusi pada tertibnya administrasi pada sektor kesehatan

SAN3121              Manajemen Lingkungan                                                                               3 SKS

Mata kuliah ini berisi wawasan mengenai konsep – konsep dasar manajemen lingkungan. Mata kuliah ini membuka wawasan mahasiswa terhadap manfaat teknologi Pengelolaan lingkungan terutama  limbah   bagi  industri/  perusahaan  dan  berbagai  pihak  yang  terkait. Melalui  mata kuliah  ini  diharapkan  mahasiswa  memahami  konsep  dasar  manajemen  lingkungan  beserta ruang lingkup serta kajian lain yang berhubungan atau menjadi faktor yang  mempengaruhi manajemen lingkungan. Selain itu, pemahaman terkait konsep manajemen lingkungan tersebut mahasiswa diharapkan mahasiswa mampu membuat rancangan secara teoritik terkait manajemen lingkungan sederhana dari fenomena lingkungan yang terjadi disekitarnya.

SAN3122              Manajemen Bencana                                                                                      3 SKS

Mata  kuliah  manajemen  bencana  ini  mengarahkan  agar  mahasiswa  memiliki  pemahaman terkait kajian-kajian kebencanaan, meliputi strategi untuk mencegah, mengurangi, dan menanggulangi bencana alam dan dampak bencana alam terhadap kehidupan manusia. Mata kuliah ini juga mengkaji tentang kegiatan pengawasan, penyelidikan dan penemuan kasus, serta riset kesehatan masyarakat yang diyakini sebagai upaya-upaya yang dapat diterapkan untuk mencegah, mengurangi, dan menanggulangi bencana alam dan dampak bencana pada masyarakat.

SAN3123              Ekonomi Politik                                                                                                 3 SKS

Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat mengetahui dan memahami munculnya istilah studi ekonomi politik, sejarah pemikiran dan perkembangan studi ekonomi politik, mulai dari yang klasik sampai dengan kajian ekonomi politik kontemporer, perspektif ekonomi politik sebuah negara, sampai dengan kemunculan rezim-rezim ekonomi politik, sehingga mahasiswa dapat   menganalisa   dan   mengkritisi   dengan   melihat   berbagai   persoalan-persoalan   yang kompleks dalam tatanan politik dan perekonomian sebuah Negara.

SAN3124              Ekonomi Publik                                                                                                  3 SKS

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang membahas seputar konsep-konsep, dan teori-teori dan fenomena yang berkaitan dengan aktivitas ekonomi sektor publik. Mata kuliah ini secara spesifik memiliki ruang kajian seputar ekonomi dan keuangan publik. Konsep-konsep dan teori- teori tersebut diharapkan berguna bagi mahasiswa untuk memahami perilaku supply dan konsumsi  barang-barang  publik  serta  memahami  berbagai  aspek  sistem  perpajakan  yang menjadi sumber  pembelanjaan  publik  (keuangan  publik)  untuk  menyediakan  barang-barang publik tersebut.

SAN3125              Administrasi Perpajakan                                                                                 3 SKS

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang secara umum mengkaji tentang tata Kelola administrasi perpajakan. Secara rinci melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat memahami   tentang   peranan   pajak   bagi   negara   dan   masyarakat,   jenis   pajak,   proses pemungutan, dasar hukum serta kebijaksanaan pemerintah di bidang perpajakan. Pembahasan perpajakan   lebih   ditekankan   kepada   fungsi   pajak   sebagai   sebuah   sumber   pembiayaan pembangunaan dan pelayanan pemerintah, baik di level pemerintah daerah maupun pada level pemerintah pusat.

SAN3126              Akuntansi Sektor Publik                                                                                  3 SKS

Matakuliah ini membahas karakteristik organisasi sektor publik dan mekanisme akuntansi yang ada di dalamnya, baik akuntansi manajemen, akuntansi keuangan, sistem akuntansi, penilaian kinerja, maupun pengauditan di organisasi sektor publik. Selain secara teoretik digambarkan tentang mekanisme  akuntansi  di organisasi  sektor publik,  diberikan  juga  gambaran praktek akuntansi yang saat  ini dilaksanakan di organisasi sektor publik, khusunya di pemerintahan daerah seiring dengan pelaksanaan otonomi daerah.

 SAN3127              Pembiayaan Pembangunan                                                                             3 SKS

Mata   kuliah   ini   merupakan   mata   kuliah   yang   membahas   tentang   penyelenggaraan Pembangunan Wilayah berdasarkan azas Desentralisasi/Otonomi Daerah yang meliputi Pengertian Sistem Desentralisasi Pemerintahan/ Otonomi Daerah; Pembahasan tentang Pemerintahan Daerah dan undang-undang tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, serta menjelaskan sumber-sumber Pembiayaan Pembangunan yang dilakukan di level pemerintahan daerah dan cara penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

SAN3228              Integritas Sektor Publik                                                                                    3 SKS

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pokok administrasi publik.Mata kuliah ini membahas sejumlah kajian-kajian integritas dan praktiknya pada sektor public. Secara rinci mata kuliah ini membahas konsep-konsep dasar terkait integritas pada sektor publik yang meliputi berbagai unsur  kepribadian  yang  dilandasi  oleh  unsurjujur,  berani,  bijaksana,  dan  bertanggungjawab untuk membangun kepercayaan publik terhadap praktik administrasi publik, sehingga memberikan dasar  yang kuat bagi pengambilan keputusan yang andal, terutama dalam hal kesesuaiankonsep yang menunjukkan konsistensi antara tindakan dengan nilai dan prinsip.

SAN3229              Manajemen Pelayanan Publik                                                                       3 SKS

Mata kuliah ini secara umum merupakan mata kuliah yang mengkaji tentang tata kelola pelayanan publik dan penilaian masyarakat terhadap tata Kelola pelayanan tersebut. Secara rinci mata kuliah ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang berbagai aspek manajemen pelayanan publik dalam organisasi sektor publik sehingga dapat efektif dan efisien melalui pengelolaan pelayanan publik. Pada perkembangannya kajian pelayanan publik juga mencakup digitalisasi sistem pelayanan publik sebagai bentuk respon terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

SAN3230              Perilaku Organisasi                                                                                            3 SKS

Mata kuliah ini secara umum merupakan mata kuliah yang mengkaji seputar praktik perilaku keorganisasian dan implikasinya terhadap kinerja organisasi. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat mengerti dan memahami konsep dasar perilaku organisasi serta mampu menganalisis  permasalahan  yang  terdapat  dalam  tubuh  organisasi  terkait  dengan  perilaku organisasi, menghasilkan pemetaan masalah dan pemecahan atau perumusan alternatif terkait penyimpangan perilaku yang terjadi dalam organisasi.

SAN3231              Kewirausahaan                                                                                                    2 SKS

Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah yang mengkaji hal-hal yang berkaitan dengan kewirausahaan secara mendasar dan praktik kewirausahaan sektor publik. Melalui mata kuliah ini diajarkan konsep-konsep dasar kewirausahaan, praktik kewirausahaan dalam lingkungan masyarakat baik yang secara individu maupun yang terorganisasi/ terlembaga. Mata kuliah ini secara khusus juga membahas bagaimana tata kelola kewirausahaan pada lembaga lembaga pemerintah seperti BUMDes, BUMD, BUMN, dan sejenisnya, serta tata kelola kerjasama kewirausahaan antara pemerintah, swasta dan civil society.

SAN3232              Komunikasi dan Advokasi Kebijakan                                                            3 SKS

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang secara umum mempelajari tentang komunikasi yang dilakukan untuk memberikan dukungan atau pembelaan atau intervensi terhadap hak dan kepentingan  publik,  bukan  kepentingan  pribadi,  berupa  tindakan  yang  dirancang  untuk merubah kebijakan-kebijakan publik tertentu meliputi hukum dan perundang-undangan, peraturan dan kebijakan institusional lainnya, atau menuntut untuk menghilangkan atau merumuskan kebijakan publik tertentu sebagai respon pemerintah terhadap persoalan publik.

SAN3233              Pengambilan Keputusan                                                                                   3 SKS

Mata kuliah ini secara umum membahas tentang konsep dasar, model, Teknik, dan praktik pengambilan keputusan. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mempunyai kompetensi memahami perkembangan terbaru, permasalahan, atau isu-isu penting dalam manajemen operasional di Indonesia dan Internasional, memahami konsep dasar dan fungsi-fungsi manajemen operasional, melakukan analisis kasus dengan menggunakan konsep dan metode- metode untuk memecahkan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan manajemen operasional.

SAN3234              Pembangunan regional                                                                                      3 SKS

Mata kuliah ini merupakan matakuliah yang mengkaji perihal aktifitas pembangunan secara regional. Melalui pembelajaran mata kuliah pembangunan regional ini diharapkan mahasiwa mempunyai kemampuan pemahaman tentang Konsep-konsep, Problematika,fenomena dan Strategi Pembangunan Regional yang sesuai dengan kebutuhan publik, dinamika lingkungan baik secara fisik maupun non-fisik, serta strategi pembangunan regional yang dapat menjawab dan menyesuaikan diri dengan tantangan perkembangan era.

SAN4101              Kuliah Kerja Administrasi                                                                                4 SKS

Mata kuliah ini merupakan suatu kegiatan perkuliahan berbentuk praktik kerja lapangan yang merupakan pengintegrasian dari pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa secara pragmatis, berdimensi luas melalui pendekatan interdisipliner, komprehensif, dan lintas sektoral. Mata kuliah ini bertujuan untuk menempatkan mahasiswa langsung ditengah-tengah praktik administrasi publik, sehingga dapat merasakan secara langsung atmosfer dan sejumlah problematika yang terjadi dalam praktik administrasi publik.

 SAN4102              Analisis Kebijakan                                                                                              3 SKS

Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa agar mampu memahami tentang konsep, teori, dan aplikasi dari Analisis Kebijakan Publik, Kerangka analisis kebijakan, Perumusan masalah kebijakan, Pengembangan alternatif kabijakan, Perspektif teoritis dalam proses perumusan kebijakan publik, Analisis interaksi antara faktor kebijakan publik pada kasus penyusunan  kebijakan  APBD,  perilaku  aktor  dalam  proses  perumusan  kebijakan  publik, kebijakan publik dan good governance, peran kepemimpinan dalam kebijakan publik, analisa kebijakan.

 SAN4103              Administrasi Perkantoran                                                                                 2 SKS

Mata kuliah ini akan membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan organisasi dan personil, perlengkapan kantor, dan warkat, serta pelayanan umum guna mengetahui hakikat manajemen atau administrasi perkantoran dalam pemahaman pribadi. Mata kuliah ini juga berusaha menjelaskan dan memvisualisasikan praktik administrasi perkantoran dan semua kelengkapannya. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat memahami dan minjelaskan kelengkapan, prinsip-prinsip dan praktik administrasi perkantoran secara teoritik.

 SAN4104              Manajemen Mutu dan Kinerja                                                                         3 SKS

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang secara umum memabahas performa aktor-aktor sektor publik yang dianalisa berdasarkan indicator-indikator kinerja dan mutu yang telah ditetapkan. Secara rinci, mata kuliah ini membahas tentang mutu, fokus utama ada pada pelanggan,  pelibatan  dan  pemberdayaan  karyawan,  kerjasama tim(team  work),  pendekatan ilmiah (penggunaan data akurat dan analisis data), pelatihan, penerapan berbagai keputusan dengan menggunakan alat analisis.

 SAN4105              Seminar Usulan Skripsi & Teknik Penulisan Ilmiah                             2 SKS

Mata kuliah ini adalah gabungan dari kajian kepenulisan proposal tugas akhir skripsi dan kajian kepenulisan ilmiah. Mata kuliah ini diharapkan dapat memandu mahasiswa untuk memahami serta mampu menerapkan atau mempratikkan konsep dasar penelitian dalam bentuk tulisan. Pada mata kuliah ini mahasiswa dituntut untuk dapat membuat proposal penelitian dengan melakukan  analisis  permasalahan  dari  suatu  kondisi,  serta  penulisan  proposal  penelitian tersebut harus sesuai dengan kaidah-kaidah ilmiah dan tata aturan kepenulisan.

 SAN4206              Skripsi                                                                                                                   6 SKS

Skripsi merupakan tugas akhir yang menjadi akumulasi dari proses pembelajaran yang telah dilalui oleh mahasiswa, serta evaluasi terhadap kesiapan dan kematangan mahasiswa secara akademis  setelah  mengikuti  seluruh  rangkaian  mata  kuliah.  Mahasiswa  diarahkan  untuk memiliki kemampuan dalam berpikir  secara kritis dan dapat menulis sesuai dengan kaidah- kaidah karya tulis ilmiah, yang meliputikaidah penulisan karya ilmiah, bahasa, struktur penulisan ilmiah, metode penelitian, dan kajian lainnya.

Kunjungi Website Resmi Kami :