Program Studi S1 Ilmu Komunikasi

Program Studi S1 Ilmu Komunikasi

Pendahuluan

 Dasar pemikiran terbentuknya program studi ilmu komunikasi tidak terlepas dari perkembangan ilmu pengetahuan sebagai buah pikir manusia dalam mengaplikasikan di kehidupan. “one cannot not communicate”, aksioma komunikasi dari paul watzlawick mepertegas bahwa komunikasi secara filosofis telah berada dalam kehidupan manusia. Semakin derasnya arus informasi dan ketertarikan kebutuhan teknologi, menjadikan program studi ilmu komunikasi untuk terus berupaya menggabungkan aspek teoritis dan aplikatif.

Program studi ilmu komunikasi dibentuk di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) berdasarkan surat keputusan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 195/E/O/2013 tanggal 21 Mei 2013 mengenai izin penyelenggaraan program studi ilmu komunikasi (S-1). Sedangkan universitas sriwijaya (Unsri) mengeluarkan SK izin Operasional Penyelenggaraan Progran studi Ilmu Komunikasi (S1) Fisip pada tanggal15 Bulan April tahun 2013. Program Studi Ilmu komunikasi berada di dua lokasi strategis yaitu; Kampus Utama Bukit besar Palembang dan kampus utama Unsri Indralaya. Pembukaan program studi Ilmu Komunikasi tahun 2013, dimulai di kampus Utama Bukit Besar Palembang melalui jalur masuk Ujian Saringan Masuk Universitas Sriwijaya. Tahun selanjutnya, Kampus Utama Unsri Indralaya Beroprasional melalui jalur Masuk Seleksi Bersama Masuk Perguran Tinggi Negri (SBMPTN) Dan Seleksi Nasional Masuk Perguran Tinggi Negri (SNMPTN).


Visi, Misi dan Tujuan

Visi

Menjadi program studi terkemuka dan berbasis riset yang unggul dalam disiplin ilmu komunikasi pada tahun 2025.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang ilmu komunikasi yang mapu menghasilkan lulusan yang memiliki integritas kepribadian yang luruh, bermoral dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berwatak kebangsaan, berjiwa kepemimpinan, dan kompeten dalam bidang ilmu komunikasi.

  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan dalam bidang ilmu komunikasi yang berkualitas dan memiliki sumbangan bagi pengembangan ilmu pengetahuan, pembangunan daerah dan masyarakat.

  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian serta publikasi di bidangng ilmu komunikasi yang bermakna tinggi bagi pembangunan daerah dan masyarakat.

  4. Membangun jejaring dengan berbagai lembaga terkait baik bersifat kolaboratif maupun kemitraan berdasarkan prinsip-prinsip ilmiah, mandiri, dan manfaat bagi pengembangan kelembagaan, pembangunan daerah, dan masyarakat.

Tujuan :

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki integritas kepribadian yang luhur, bermoral, dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berwatak Kebangsaan, berjiwa Kepemimpinan, dan Kompeten dalam bidang Ilmu Komunikasi;

  2. Menghasilkan penelitian dan pengembangan dalam bidang ilmu komunikasi yang berkualitas dan memiliki sumbangan bagi pengembangan ilmu pengetahuan, pembangunan daerah, dan masyarakat;

  3. Mengembangkan kegiatan pengabdian serta publikasi dibidang ilmu komunikasi yang bermakna tinggi dan memberikan manfaat nyata bagi pembangunan daerah dan masyarakat;

  4. Mengembangkan kolaboratif dan kemitraan dalam bidang ilmu komunikasi yang menghasilkan manfaat bagi pengembangan kelembagaan, pembangunan daerah dan masyarakat.


Klik Link untu mendownload :

  1. Kurikulum Akreditasi : 7. ILMU KOMUNIKASI

  2. Sertifikat Akreditasi : Sertifikat Akreditasi Ilkom

Ketua Jurusan

Dr. Andries Lionardo, M.Si.

Sekretaris Jurusan

Faisal Nomaini, S.Sos., M.Si.

X