Program Studi S3 Administrasi Publik

Visi

Menjadi Program Studi Doktor (S3) Administrasi Publik yang Terkemuka dan Berbasis Riset, Untuk Menghasilkan Lulusan yang Memiliki Keunggulan dalam Bidang Administrasi dan Kebijakan Publik pada Tahun 2035


Misi

  1. Mendidik mahasiswa untuk memiliki produktivitas dan kecakapan dalam merespon perkembangan dinamika Ilmu Administrasi Publik dan kemajuan teknologi, sehingga berdaya saing nasional dan internasional.
  2. Berkarya melalui penelitian yang mempunyai kandungan substansi berkualitas, sehingga bermanfaat bagi aktor pembuatan kebijakan.
  3. Melakukan pengabdian masyarakat yang relevan dan mampu mengaplikasikan konsep, metode, dan prisnsip di bidang ilmu administrasi publik dalam kerangka kegiatan pengabdian masyarakat.


Tujuan

  1. Menguasai konsep dasar administrasi public sehingga dapat berpikir kritis, inovatif serta mampu bertindak sebagai seorang ilmuan administrasi publik
  2. Menguasai konsep dasar ilmu pengetahuan dan metodologi penelitian sesuai dengan bidang administrasi publik sehingga memiliki kemampuan secara profesional untuk memahami, menemukan, menjelaskan dan merumuskan penyelesaian masalah administrasi publik berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah dan dapat dipertanggungjawabkan secara akademik
  3. Mampu menerapkan konsep administrasi publik yang dipahami serta keterampilan yang dimiliki kedalam kegiatan produktif dan pelayanan pada masyarakat.
  4. Mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang administrasi publik terbaru

Kurikulum

Kurikulum disusun untuk memungkinkan mahasiswa menyelesaiakan studi tepat waktu :

Mata Kuliah Wajib Program (WP)

Semester I

No. Kode Mata Kuliah Mata Kuliah Sks
1. DIAP 11102 Metode Penelitian 3 sks
2. DIAP 11103 Perkembangan Teori Administrasi 3 sks
3. DIAP 11104 Reformasi Administrasi Publik 3 sks
4. DIAP 11101 Filsafat Ilmu Ilmu Pengetahuan 3 sks
Total 12 Sks

Semester II

No. Kode Mata Kuliah Mata Kuliah Sks
1. DIAK 112001 Isu-Isu Kontemporer dalam Pelayanan Publik 3 sks
2. DIAK 112002 Ekonomi, Politik dan Kebijakan Publik 3 sks
Total 6 Sks

Kegiatan Akhir

No. Mata Kuliah Semester SKS
1. Proposal Penelitian II 5
2. Penelitian dan Penulisan Disertasi III-VI 30
3. Seminar Nasional dan Internasional III-VI 5
4. Publikasi Jurnal Internasional III-VI 20
Jumlah SKS 60

 

Biaya Pendidikan

Biaya Pendaftaran Seleksi Calon Mahasiswa Baru Program Doktor (S3) Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya ditetapkan sebesar Rp. 1.500.000 (Satu Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)

Biaya Kuliah persemester  Rp. 17.500.000 (Tujuh Belas Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)


SINOPSIS MATA KULIAH

  • Filsafat Ilmu Pengetahuan – DIAP 11101 (3 Sks)

Mata Kuliah ini bermaksud membantu mahasiswa melihat relevansi filsafat dan metodologi ilmu pengetahuan dalam hubungannya dengan masing-masing ilmu pengetahuan yang ditekuninya, memahami prinsip-prinsip dasar kegiatan ilmiah secara kritis reflektif, serta melihat relevansi langkah, bentu, dan prosedur metodologisnya, memperluas wawasan ilmiah dengan mendalami hakekat ilmu pengetahuan, serta mendalami ilmu pengetahuan.

  • Metodologi Penelitian – DIAP 11102 (3 Sks)

Mata Kuliah ini membahas lebih dalam teori serba sistem dan berpikir serba sistem sebagai alat penelitian administrasi dan intervensi strategis berdasarkan paradigma soft system methodology dan cognitive mapping for leaders. Selain pembahasan pada tujuan tahapan soft system methodology, penekanan juga diberikan pada aplikasi, proyek khusus, dan penulisan jurnal ilmiah.

  • Perkembangan Teori dan Reformasi Administrasi Publik – DIAP 11103 (3 Sks)

Membahas perkembangan teori utama tentang organisasi sebagai komponen utama ilmu administrasi. Pembahasan mencakup filosofi dan asumsi yang mendasari teori-teori arganisasi terebut, serta berbagai pendekatan metodologi dalam studi organisasi. Mata kuliah ini membahas dari berbagai persepektif isu kebijakan utama dan implementasinya. Pembahasan mencakup kebijakan moneter, industri dan perdagangan, serta kebijakan kesejahteraan rakyat.

  • Metodologi Penelitian – DIAP 11104 (3 Sks)

Isu – isu ini bertujuan untuk mengenalkan kepada peserta kepada pembuatan kebijakan publik yang dikaitkan dengan pembiayaan dan dampak ekonomi yang muncul. Pembahsan hal tersebut tidak akan terlepas konsep analisis biaya manfaat, forcasting, rekomendasi, monitoring dan evaluasi kebijakan yang berhubungan dengan keuangannya. Pemilihan pendekatan ekonomi berdasarkan asumsi bahwa resouses sangat terbatas. Bagaimana alokasi resourses secara efektis dan edisien merupakan isu utama mata kuliah ini.

  • Penelitian dan Penulisan Disertasi – DIAP 11105 (10 Sks)

Disertasi merupakan rangkaian mata kuliah berupa proses penulisan tugas akhir yang dimulai dari pengajuan dan ujian proposal penelitian, ujian hasil penelitian, ujian pra-promosi dan ujian promosi.


Gelar Akademik 

Doktor (Dr)


Klik Link untuk mendownload  : leaflet ap s3

 

Ketua Program Studi :::…

Prof. Dr. Kgs. Muhammad Sobri, M.Si.

Link Terkait :::…