Program Studi S1 Ilmu Administrasi Negara

Pendahuluan

Jurusan Ilmu Administrasi Negara adalah jenjang studi sarjana di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya mulai menyelenggarakan kegiatan pendidikan sejak tahun 1983 berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 7/DJ/Kep/1983 tanggal 12 Februari 1983. Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 017/BAN-PT/Ak-XI/S1/VIII/2008 Jurusan Ilmu Administrasi Negara saat ini memperoleh Akreditasi A. Jurusan ilmu Administrasi Negara dirancang menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi akademik di bidang Kebijakan Publik, Manajemen Sektor Publik, dan Administrasi Keuangan Negara dan Fiskal. Diharapkan lulusan Sarjana Ilmu Administrasi Negara dapat mengisi posisi-posisi penting di lembaga negara, lembaga pemerintahan daerah, organisasi publik dan privat.

Jurusan Ilmu Administrasi Negara saat ini memberlakukan dua kurikulum, yaitu Kurikulum Tahun 2006 yang didasarkan atas Surat Keputusan Rektor Nomor VIII.1664/PT11.1.2/Q/2006 dan Kurikulum 2012 yang didasarkan pada Surat Keputusan Rektor Nomor 209B/UN9/DT.Kep/2012. Kurikulum 2006 diberlakukan untuk mahasiswa Tahun 2006, 2007, 2008, 2009, 2010, dan 2011. Sedangkan Kurikulum 2012 diberlakukan untuk mahasiswa Tahun 2012 dan seterusnya. Kurikulum yang diberlakukan pada Jurusan Ilmu Administrasi Negara dirancang sedemikian rupa sehingga memiliki muatan akademik sekaligus juga memiliki muatan praktis. Muatan akademis ditujukan agar lulusan Ilmu Administrasi Negara memiliki kemampuan akademik dan didukung oleh motivasi yang tinggi dapat meneruskan ke jenjang studi pasca sarjana. Sedangkan muatan praktis diharapkan dapat menyiapkan tenaga profesional Administrasi Negara yang mempunyai kualitas kepemimpinan, kemampuan mengelola organisasi, kemampuan merumuskan dan melaksanakan kebijakan dan menjadi manager publik yang handal dan dapat dijadikan panutan.


Kurikulum

Kurikulum Tahun 2012

  • Visi

Menjadi jurusan terkemuka dan berbasis riset yang unggul dalam disiplin Ilmu Administrasi Negara pada Tahun 2025.

  • Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang Ilmu Administrasi Negara yang mampu menghasilkan lulusan yang memiliki integritas kepribadian yang luhur, bermoral dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berwatak kebangsaan, berjiwa kepemimpinan, dan kompeten dalam bidang ilmu administrasi negara.

  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan dalam bidang ilmu administrasi negara yang berkualitas dan memiliki sumbangan bagi pengembangan ilmu pengetahuan, pembangunan daerah dan masyarakat.

  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian serta publikasi di bidang ilmu administrasi negara yang bermakna tinggi bagi pembangunan daerah dan masyarakat.

  4. Membangun jejaring dengan berbagai lembaga terkait baik bersifat kolaboratif maupun kemitraan berdasarkan prinsip-prinsip ilmiah, mandiri, dan bermanfaat bagi pengembangan kelembagaan, pembangunan daerah, dan masyarakat.

  • Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki integritas kepribadian yang luhur, bermoral dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berwatak kebangsaan, berjiwa kepemimpinan, dan kompoten dalam bidang ilmu administrasi negara.

  2. Menghasilkan penelitian dan pengembangan dalam bidang ilmu administrasi negara yang berkualitas dan memiliki sumbangan bagi pengembangan ilmu pengetahuan, pembangunan daerah dan masyarakat.

  3. Mengembangan kegiatan pengabdian serta publikasi di bidang ilmu administrasi negara yang bermakna tinggi bagi pembangunan daerah dan masyarakat.

  4. Mengembangkan kerjasama kolaboratif dan kemitraan dalam bidang ilmu administrasi negara yang menghasilkan manfaat besar bagi pengembangan kelembagaan, pembangunan daerah dan masyarakat.


Ketua Jurusan

Drs. Zailani Marpaung, S.Sos., MPA

Sekretaris Jurusan

Ermanovida, S.Sos., M.Si.

Bidang Kosentrasi

Bidang Kosentrasi yang dikembangkan pada Jurusan Ilmu Administrasi Negara terdiri dari:

  1. Kebijakan Publik : Adalah bidang kosentrasi yang mengkaji Analisis Proses Kebijakan Publik, Studi Implementasi Kebijakan, Analisis Dampak Sosial, Kebijakan Pembangunan Perkotaan dan Perdesaan, Kebijakan Otonomi Daerah, Kebijakan Perencanaan Pembangunan,

  2. Kebijakan SDM dan Kapita Selekta Kebijakan : Adalah bidang kosentrasi yang mengkaji Manajemen Strategi, Manajemen Perusahaan Negara, Manajemen SDM Sektor Publik, Manajemen Pelayanan Publik, Manajemen Lingkungan, Manajemen Proyek, Akuntabilitas Keuangan Publik, dan Kapita Selekta Manajemen Sektor Publik.

  3. Administrasi Keuangan Negara dan Fiskal : Adalah bidang kosentrasi yang mengkaji Administrasi Keuangan Daerah, Kebijakan Fiskal, Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah, Dasar-dasar Akutansi dan Auditing, Perpajakan PPH, PPN, dan PBB, Akutansi Biaya, Administrasi Perpajakan, dan Kapita Selekta Keuangan.


Kompetensi Keahlian Lulusan

Sarjana Ilmu Administrasi Negara berkemampuan untuk:

  • Memiliki cakrawala penilaian yang luas mengenai pembangunan dan bidang (kosentrasi yang dipilih).

  • Memiliki pengetahuan dan penguasaan keterampilan dalam pengelolaan pembangunan dan bidang kosentrasi yang dipilih.

  • Memiliki kemampuan dalam meningkatkan pelayanan yang profesional, handal dan beretika.

  • Salah satu persyaratan yang harus dilampirkan pada saat pendaftaran ujian komprehensif yaitu memiliki nilai test Toefl minimal 400.


Gelar Akademik

Bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan studinya dengan baik sesuai dengan aturan yang berlaku maka akan diberi gelar :

Sarjana Ilmu Administrasi Negara (S.IP)


Klik link untuk mendownload :

  1. Kurikulum Jurusan Sosiologi : 5. ILMU ADMINISTRASI NEGARA

  2. Sertifikat Akreditasi : Sertifikat Akreditasi

X