Program Studi S1 Sosiologi

Pendahuluan

Perubahan-perubahan pada masyarakat saat ini begitu cepat dan dinamis, baik perubahan yang sengaja direncanakan oleh agent of change maupun perubahan yang tidak direncanakan. Perubahan akan terus terjadi, baik dalam kehidupan individu maupun masyarakat. Perubahan-perubahan ini tidak bisa terhindarkan dan merupakan proses yang wajar dialami oleh setiap individu dan masyarakat seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang juga berkembang dengan pesat.

Masyarakat dituntut siap dan mampu menyesuaikan diri dengan dinamika perubahan yang sedang berlangsung dengan cepat tersebut. Kegagalan dalam mengantisipasi perubahan yang cepat tersebut dapat mengakibatkan terjadinya kegoncangan-kegoncangan pada individu dan masyarakat, yang pada gilirannya berakibat pada munculnya masalah-masalah sosial yang tidak diharapkan. Jika tidak diantisipasi sejak dini, bukan tidak mungkin masalah sosial tersebut berdampak pada munculnya disorganisasi ataupun disintegrasi sosial. Karena itu, dibutuhkan suatu perencanaan dan pengembangan sosial yang tepat guna untuk mempersiapkan individu dan masyarakat dalam menghadapi perubahan-perubahan tersebut dan sekaligus mengurangi dampak negatif yang mungkin timbul dari perubahan-perubahan tersebut.

Dalam ruang lingkup ini, maka kebutuhan pendekatan sosiologi secara komprehensif menjadi penting dalam mengantisipasi masalah-masalah sosial yang mungkin terjadi tersebut, baik melalui perencanaan sosial yang baik maupun melalui pengembangan masyarakat yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, sehingga individu dan masyarakat memiliki kesiapan dan mampu beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terus berlangsung secara dinamis.

Berdasarkan kenyataan tersebut, Program Studi Sosiologi FISIP Universitas Sriwijaya merasa penting melakukan perbaikan Kurikulum Sosiologi Tahun 2012 untuk menyesuaikan diri dengan perubahan masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologiyang sedang berlangsung. Penyesuain kurikulum ini juga tidak terlepas dari adanya berbagai kebijakan yang dikeluarkan pemerintah yang berimplikasi pada perlunya Kurikulum Program Studi Sosiologi Tahun 2012 ini dilakukan penyesuaian. Kebijakan Pemerintah itu diantaranya berhubungan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan No. 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, dan perangkat peraturan-peraturan yang berlaku lainnya. Di samping itu, kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan Universitas Sriwijaya dalam rangka peningkatan kualitas lulusan sesuai dengan visi, misi, dan tujuan yang diembannya menjadi salah satu pertimbangan pula bagi Program Studi Sosiologi FISIP untuk melakukan penyesuaian perbaikan kurikulum tersebut. Perbaikan kurikulum ini juga merupakan penjabaran dari visi, misi, dan tujuan Program Studi Sosiologi yang sebelumnya telah mengalami penyesuaian pula.

Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tersebut, maka Kurikulum Program Studi Sosiologi FISIP Universitas Sriwijaya melakukan penyesuaian. Dengan adanya penyesuaian ini diharapkan Program Studi Sosiologi dapat mewujudkan visi, misi, dan tujuannya, serta dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi keilmuan dan berdaya saing yang tinggi sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang, serta unggul dalam kemampuan menguasai, menganalisis, dan menerapkan teori-teori dan metode sosiologi dalam mengkaji masalah-masalah sosial, perencanaan sosial, dan pemberdayaan masyarakat.

Ketua Jurusan :::…

Dr. Diana Dewi Sartika, S.Sos., M.Si.

Jurnal Online :::…



Visi, Misi, dan Tujuan

Kurikulum Program Studi Sosiologi FISIP Universitas Sriwijaya ini diantaranya merupakan pengejewantahan dari visi, misi, dan tujuan program studi yang telah dirancang sebelumnya. Adapun visi, misi, dan tujuan tersebut adalah sebagai berikut.

Visi

Menjadi program studi terkemuka dan unggul dalam penguasaan teori Sosiologi, analisis, dan penerapannya untuk pengembangan masyarakat global berbasis riset.


Misi

  1. Mewujudkan program studi yang unggul dan terkemuka dalam penguasaan teori, metode dan analisis Sosiologi, khususnya bidang kajian masalah sosial, perencanaan sosial dan pemberdayaan masyarakat
  2. Mewujudkan fungsi dan tata kelola program studi dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas, berkompetensi, dan berdaya saing tingkat nasional
  3. Mengoptimalkan sistem pembelajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berkualitas dan adaptif dengan memperhatikan tata nilai yang berlaku dalam menghasilkan lulusan yang berdaya saing
  4. Mengembangkan jaringan kemitraan dengan stakeholders dalam mengkaji masalah-masalah sosial, perencanaan sosial dan menerapkan program-program pemberdayaan masyarakat

Tujuan

  1. Menghasilkan dosen dan lulusan yang berkualitas dengan penguasaan teori dan metode sosiologi yang handal sehingga mampu berkontribusi dalam pengembangan masyarakat dan penyelesaian masalah sosial.
  2. Menghasilkan publikasi ilmiah bereputasi melalui penelitian yang bermanfaat bagi pengembangan materi ajar dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat (khususnya pengembangan masyarakat lokal Sumatera Selatan), melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Menjalin kerja sama dengan institusi pemerintah, swasta, dan masyarakat sipil baik dalam negeri maupun luar negeri

Gelar Akademik

Sarjana Sosial (S.Sos.)


Klik link untuk mendownload :

  1. Kurikulum Jurusan Sosiologi : Kurikulum Jurusan Sosiologi
  2. Sertifikat Akreditasi : SERTIFIKAT AKREDITASI 2008 – 2013 / SERTIFIKAT AKREDITASI 2014 – 2019 / SERTIFIKAT AKREDITASI 2019 – 2024

Berdasarkan Permendikbud No 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) sebagai standar minimal, capaian pembelajaran lulusan Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya dapat dilihat dari segi sikap, pengetahuan dan keterampilan, sebagai berikut :

  • Kompetensi Sikap (S)

CPL-S1.       Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.

CPL-S2.      Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.

CPL-S3.      Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.

CPL-S4.      Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme dan rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.

CPL-S5.      Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orsinil orang lain.

CPL-S6.      Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

CPL-S7.      Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

CPL-S8.      Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik.

CPL-S9.      Menunjukkan sikap bertanggung jawab di bidang keahliannya secara mandiri.

CPL-S10.    Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.

CPL-S11.    Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

CPL-S12.    Mampu menjaga etika penelitian dan menjalankan kode etik peneliti sosial

 

  • Kompetensi Pengetahuan (P)

CPL-P1.      Mampu menjelaskan, menerapkan dan membandingkan konsep-konsep dalam teori Sosiologi

CPL-P2       Mampu menguasai beragam paradigma/perspektif, teori dan konsep Sosiologi dalam memandang realitas sosial

CPL-P3       Mampu menerapkan ilmu Sosiologi ke dalam masyarakat

CPL-P4       Mampu menguasai metodologi Sosiologi dan menerapkan ke dalam masyarakat

CPL-P5       Menguasai konsep teoritis, merancang dan melaksanakan riset bidang sosial secara ilmiah serta mampu menyusun laporan sesuai kaidah-kaidah ilmiah.

 

  • Kompetensi Keterampilan (K)
  1. Keterampilan Umum (KU)

CPL-KU1          Mampu berpikir dan menuangkan gagasan secara logis, sistematis, kritis, kreatif dan inovatif, baik secara lisan maupun tulisan.

CPL-KU2          Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.

CPL-KU3          Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai sosial sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan atau ide, menyusun deskripsi hasil penelitiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.

CPL-KU4.         Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

CPL-KU5.         Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

CPL-KU6.         Mampu bekerjasama (berjejaring) dengan berbagai kelompok dan strata sosial

CPL-KU7.         Mampu menggunakan teknologi informasi untuk mendukung pengembangan keahlian utama

CPL-KU8.         Mampu melakukan validasi akademik atau kajian konflik, perencanaan sosial, dan pemberdayaan masyarakat dalam menyelesaikan masalah di masyarakat, pemerintah, dan organisasi sosial melalui pengembangan pengetahuan analisis agen-struktur

CPL-KU9.         Mampu mengidentifikasi kehidupan sosial yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui penelitian interdisiplin atau multidisiplin

CPL-KU10.       Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri

CPL-KU11.       Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

CPL-KU12.       Mampu beradaptasi secara cepat dengan dunia pekerjaan dan lingkungannya.

 

  1. Keterampilan Khusus (KK)

CPL-KK1.          Mampu melakukan penelitian kuantitatif dan kualitatif

CPL-KK2.          Mampu menulis karya ilmiah yang berkualitas.

CPL-KK3.          Mampu merumuskan model-model perencanaan sosial dan pemberdayaan sosial.

CPL-KK4.          Mampu melakukan kajian literatur kritis.

CPL-KK5.          Mampu memiliki kepekaan terhadap isu dan fenomena sosial.

CPL-KK6.          Mampu melakukan analisis terhadap dinamika dan persoalan sosial budaya dilihat dari perspektif Sosiologi.

CPL-KK7.          Mampu melakukan analisis terhadap dinamika perkembangan masyarakat dengan menggunakan pendekatan Sosiologi.

CPL-KK8.          Mampu melakukan kajian terhadap kebijakan dan atau implementasi kebijakan di bidang Sosiologi.

CPL-KK9.            Mampu mengelola lembaga sosial, pengorganisasian masyarakat, memanfaatkan teknologi mutakhir untuk peningkatan kualitas masyarakat.

Semester I

No. Kode Mata Kuliah SKS
1. UNI1002 Pancasila 2
2. UNI1004 Bahasa Indonesia 2
3. SPO1101 Pengantar Ilmu Politik 3
4. SPO1102 Pengantar Sosiologi 3
5. SPO1103 Pengantar Statistik Sosial 3
6. SOS1101 English for Sociology 2
7. SOS1102 Dasar-Dasar Logika 3
8. SOS1103 Psikologi Sosial 2
Jumlah 20

 

Semester II

No. Kode Mata Kuliah SKS
1. UNI1001 Agama 2
2. UNI1003 Pendidikan Kewarganegaraan 2
3. SPO1204 Pengantar Antropologi Sosial Budaya 3
4. SOS1204 Teori Sosiologi Klasik 3
5. SOS1205 Metode Penelitian Sosiologi 3
6. SOS1206 Perubahan Sosial 3
7. SOS1207 Sociopreneurship 2
8. SOS1208 Etika Sosial 2
Jumlah 20

 

Semester III

No. Kode Mata Kuliah SKS
1. SOS2101 Teori Sosiologi Modern 3
2. SOS2102 Metode Penelitian Kualitatif 3
3. SOS2103 Metode Penelitian Kuantitatif 3
4. SOS2104 Teknik Penulisan dan Presentasi Ilmiah 3
5. SOS2105 Sosiologi Keluarga 3
6. SOS2106 Manajemen Konflik 3
7. SOS2107 Sosiologi Pedesaan 3
Jumlah 21

Ket: Mahasiswa mengambil maksimal 24 SKS sesuai aturan dalam buku pedoman akdemik

Semester IV

No. Kode Mata Kuliah SKS
1. SOS2208 Teori Sosiologi Kritis 3
2. SOS2209 Praktik Analisis Data Kuantitatif 3
3. SOS2210 Praktik Analisis Data Kualitatif 3
4. SOS2211 Sosiologi Perkotaan 3
5. SOS2212 Sosiologi Islam 3
6. SOS2213 Sosiologi Ekonomi 3
7. SOS2214 Sosiologi Gender 3
Jumlah 21

Ket: Mahasiswa mengambil maksimal 24 SKS sesuai aturan dalam buku pedoman akdemik

 

Semester V

No. Kode Mata Kuliah SKS
1. SOS3101 Pemberdayaan Masyarakat* 3
2. SOS3102 Gerakan Sosial* 3
3. SOS3103 Masalah Sosial* 3
4. SOS3104 Pemetaan Sosial* 3
5. SOS3105 Sosiologi Komunikasi* 3
6. SOS3106 Sosiologi Kriminalitas* 3
7. SOS3107 Sosiologi Industri dan Hubungan Ketenagakerjaan 3
Jumlah 21

Ket:

  1. Mahasiswa mengambil maksimal 24 SKS sesuai aturan dalam buku pedoman akdemik
  2. Mata Kuliah bertanda (*) adalah mata kuliah yang bisa diambil oleh mahasiswa yang mengikuti program merdeka belajar di luar prodi di universitas lain (maksimal 20 SKS)

 

Semester VI

No. Kode Mata Kuliah SKS
1. SOS3208 Sosiologi Kekuasaan** 3
2. SOS3209 Sosiologi Kesehatan 3
3. SOS3210 Pembangunan Sosial** 3
4. SOS3211 Sosiologi Lingkungan** 3
5. SOS3212 Manajemen Stakeholder** 3
6. SOS3213 Praktek Pemberdayaan Masyarakat** 3
7. SOS3214 Demografi Sosial** 3
Jumlah 21

Ket:

  1. Mahasiswa mengambil maksimal 24 SKS sesuai aturan dalam buku pedoman akdemik
  2. Mata Kuliah bertanda (**) adalah mata kuliah yang dikonversi untuk kegiatan magang dan proyek kemanusiaan dengan jumlah maksimal 20 SKS

 

Semester VII

No. Kode Mata Kuliah SKS
1. SOS4101 Sosiologi Agama 3
2. SOS4102 Sosiologi Pendidikan 3
3. UNI3001/SOS4103 KKN/KKS 4
4. SOS4104 Kesehatan dan Keselamatan Kerja*** 3
5. SOS4105 Sosiologi Pariwisata*** 3
6. SOS4106 Analisis Wacana Kritis*** 3
7. SOS4107 Isu-Isu Globalisasi*** 2
Jumlah 21

Ket: Mata Kuliah bertanda (***) adalah mata kuliah yang bisa diambil oleh mahasiswa yang mengikuti program merdeka belajar di prodi lain dalam lingkungan Universitas Sriwijaya

Semester VIII

No. Kode Mata Kuliah SKS
1. SOS4208 Rekayasa dan Inovasi Sosial 3
2. SOS4209 Sosiologi Lahan Basah 3
3. SOS4210 Sosiologi Digital 3
4. SOS4211 Sosiologi Mitigasi Bencana 3
5. SOS4212 Pengorganisasian Masyarakat 3
6. SOS4013 Skripsi 6
Jumlah 21

Kurikulum program studi sosiologi mulai tahun ajaran 2021/2022, dirancang dan disusun sesuai dengan kebutuhan pengembangan keilmuan sosiologi dan kebutuhan stakeholder serta masyarakat pada umumnya. Selain itu,  kurikulum sosiologi dielaborasikan dengan kebijakan  merdeka belajar kampus merdeka (MBKM).

Pola MBKM yang dikembangkan sosiologi mengikuti pola sebagai berikut:

  1. Pada Semester 5 mahasiswa sosiologi bisa menempuh perkuliahan di luar UNSRI dengan skema program pertukaran mahasiswa baik yang diselenggarakan Ristekdikti maupun kerjasama antar Fakultas (mitra) dengan maksimum 20 SKS (*)
  2. Pada Semester 6 mahasiswa Sosiologi bisa mengambil program MBKM: proyek kemanusiaan, membangun desa dan mahaiswa mengajar yang dikonversikan dengan maksimal 20 SKS (**).
  3. Pada Semester 7, mahasiswa sosiologi bisa mengambil MK pilihan di luar prodi sosiologi di prodi lain di Universitas Sriwijaya(***).

 

Tabel 6. Daftar Mata Kuliah untuk MBKM

No. Kode Mata Kuliah SKS
1. SOS3101 Pemberdayaan Masyarakat* 3
2. SOS3102 Gerakan Sosial* 3
3. SOS3103 Masalah Sosial* 3
4. SOS3104 Pemetaan Sosial* 3
5. SOS3105 Sosiologi Komunikasi* 3
6. SOS3106 Sosiologi Kriminalitas* 3
7. SOS3208 Sosiologi Kekuasaan** 3
8. SOS3209 Sosiologi Kesehatan 3
9. SOS3210 Pembangunan Sosial** 3
10. SOS3211 Sosiologi Lingkungan** 3
11. SOS3212 Manajemen Stakeholder** 3
12. SOS3213 Praktek Pemberdayaan Masyarakat** 3
13. SOS3214 Demografi Sosial** 3
14. SOS4104 Kesehatan dan Keselamatan Kerja*** 3
15. SOS4105 Sosiologi Pariwisata*** 3
16. SOS4106 Analisis Wacana Kritis*** 3
17. SOS4107 Isu-Isu Globalisasi*** 2

UNI1003            Pendidikan Kewarganegaraan                                                                  2 SKS

Mata Kuliah ini membahas tentang pendidikan kepribadian mahasiswa agar menjadi warga Negara yang baik, menyiapkan calon pemimpin yang berbudi pekerti luhur dan berwawasan kebangsaan. Membahas tentang pengertian hak dan kewajiban warga negara, wawasan nusantara sebagai ruang hidup bangsa Indonesia (geopolitik Indonesia) dan geostrategi Indonesia dalam wujud ketahanan nasional. Wawasan tentang Indonesia: posisi geografis dan potensi kekayaan alam yang terkandung di dalamnya. Kewajiban warga negara dalam mempertahankan wilayah NKRI dari disintegrasi oleh kekuatan dalam dan luar negeri. Menjadi warga negara yang visioner, kerja keras, disiplin dan produktif serta peduli dengan problem masyarakat dan Indonesia.


 UNI1004            Bahasa Indonesia                                                                                           2 SKS

Mata kuliah ini untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa menggunakan Bahasa Indonesia dalam menyusun karya ilmiah sederhana dan kemampuan mahasiswa untuk mengerjakan tugas akhir (skripsi). Mahasiswa akan mendalami materi perkuliahan meliputi perbedaan jenis dan sistematika karya tulis ilmiah secara tepat, formulasi bahasa Indonesia yang digunakan dalam karya tulis ilmiah dengan memperhatikan prinsip kaidah gramatika, PUEBI, dan KBBI, pereferensian terkait karya tulis ilmiah, ketepatan formulasi bahasa Indonesia dalam menulis karya tulis ilmiah, ketepatan penggunaan formulasi bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam penyusunan karya tulis ilmiah, serta terampil dalam menyampaikan hasil ide/gagasan secara lisan.


SOS1101            English for Sociology                                                                                       2 SKS

Mata kuliah ini untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa berkomunikasi aktif dalam bentuk lisan dan tulisan, yang akan digunakan oleh mahasiswa sebagai alat komunikasi di tingkat internasional. Mahasiswa akan belajar tentang konsep-konsep dasar berbahasa Inggris dalam kajian Sosiologi yang meliputi ketrampilan menyimak (listening), berbicara (speaking/presentation), membaca (reading) dan menulis (writing). Pada mata kuliah ini, mahasiswa menerapkan konsep dasar berbahasa tersebut untuk mengungkapkan ide dan pikirannya secara lisan dan tertulis di dalam kehidupan akademik yang berkaitan dengan sains dan teknologi dalam kajian Sosiologi.


UNI1002            Pancasila                                                                                                             2 SKS

Mata kuliah ini untuk memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, sehingga mampu membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai Ketuhanan, Kemanusiaan, Kecintaan pada tanah air dan kesatuan bangsa serta penguatan madani yang demokratis, berkeadilan, dan bermartabat berlandaskan Pancasila, untuk mampu berinteraksi dengan dinamika internal dan eksternal masyarakat Indonesia. Perkuliahan ini membahas tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai etika politik dan ideologi nasional, Pancasila dalam konteks ketatanegaraan RI dan Pancasila sebagai paradigma kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.


 UNI1001            Agama                                                                                                                 2 SKS

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan landasan pengembangan kepribadian kepada mahasiswa agar menjadi kaum intelektual yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berpikir filosofis, bersikap rasional, dinamis serta berpandangan luas, ikut serta dalam kerjasama antar umat beragama dalam rangka pengembangan dan pemanfataan ilmu dan teknologi serta seni untuk kepentingan nasional. Mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan akhlak mulia serta menjadikan ajaran agama sebagai landasan berfikir dan berperilaku dalam pengembangan profesi.


 SPO1102            Pengantar Sosiologi                                                                                       3 SKS

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu memahami sejarah, dan perkembangan sosiologi sebagai suatu ilmu serta ruang lingkup dari sosiologi dibandingkan dengan ilmu-ilmu lain, proses dan interaksi sosial, memahami masyarakat beserta pranata-pranata yang membentuknya (kelompok sosial, kebudayaan, lembaga, lapisan masyarakat, kekuasaan, perubahan sosial); masalah-masalah sosial yang mncul di tengah masyarakat yang majemuk, serta peran-peran sosiologi di tengah masyarakat yang majemuk, stratifikasi sosial atau sistem pelapisan sosial termasuk di dalamnya status dan peran, mobilitas sosial (vertikal-horizontal), perubahan sosial yang terjadi di masyarakat dan perubahan kebudayaan.


SPO1101            Pengantar Ilmu Politik                                                                                   3 SKS

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengertian kepada mahasiswa tentang dasar-dasar pengetahuan mengenai politik. Materi perkuliahan meliputi dasar-dasar politik, ilmu politik, ilmu politik sebagai ilmu pengetahuan, ruang lingkup ilmu politik, hubungan ilmu politik dan ilmu lainnya, konsep ilmu politik, asal mula terbentuknya negara, dan partai politik. Subjek utama kajian mata kuliah Pengantar Ilmu Politik, yaitu seluruh esensi kajian yang tercakup dalam ilmu politik, sebagai refleksi dari realitas perkembangan ilmu politik dari awal munculnya pemikiran klasik hingga perkembangan kontemporer dan praktek politik.


SPO1204            Pengantar Antropologi Sosial Budaya                                                  3 SKS

Mata kuliah ini membahas tentang dasar-dasar pengetahuan tentang pengertian, sifat dan ruang lingkup kajian antropologi, pertumbuhan dan perkembangan serta hubungan antropologi dengan ilmu-ilmu lainnya. Selain itu, juga membahas metode ilmiah dalam penelitian dan prosesnya, masalah pokok serta bidang-bidang kajian ilmu antropologi dilihat dari aspek masyarakat, kepribadian, kebudayaan, peradaban, sistem kekerabatan, perkawinan, sistem sosial Indonesia, etnografi sebagai metode dalam antropologi, kebudayan di masyarakat serta kegunaan antropologi pada masyarakat Indonesia yang sedang membangun.


SPO1103            Pengantar Statistik Sosial                                                                           3 SKS

Mata kuliah ini memperkenalkan konsep statistik sosial, mengkaji kedudukan statistik dalam penelitian sosial, distribusi frekuensi, penyajian data, statistik deskripsi, inferensial, parametrik non parametrik, pengolahan data untuk penelitian Administrasi dan Sosial. Mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep statistik deskriptif, statistik inferensial, mengaplikasikan konsep rerata, standar deviasi, median, modus, rentangan, panjang interval, interval kelas, nilai tengah setiap interval kelas, frekuensi absolut, frekuensi relatif, dan mengaplikasikan uji normalitas data, Mata kuliah ini bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa arti ruang lingkup kegunaan statistik sebagai salah satu alat vital dalam mempelajari ilmu sosial dan membahas karakteristik data secara ukuran-ukuran yang relevan.


SOS1102            Dasar-Dasar Logika                                                                                       3 SKS

Mata kuliah ini mendiskusikan tentang pengertian dan peran logika sebagai objek kajian dan pentingnya logika, berbagai unsur penalaran dalam berargumentasi, serta berbagai aliran logika, seperti logika deduktif, induktif, simbolik, dan logika lateral dengan penekanan pada logika ilmiah dan lapangan kerja serta sikap sehari-hari. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki kompetensi berpikir logis, rasional, kritis, ketika menyusun kata dan kalimat dalam berargumentasi secara lisan maupun tulisan, memahami hal-hal yang berkaitan dengan proses penalaran (pemikiran) manusia secara sistematis dan normatif menuju kepada kebenaran sehingga mahasiswa mampu mengembangkan pola dan wawasan berpikir terhadap masalah dan problem solving secara sistematis.


SOS1205            Metode Penelitian Sosiologi                                                                      3 SKS

Mata kuliah ini mempelajari paradigma ilmu sosial, metode penelitian kualitatif dan kuantitatif dalam penelitian ilmu sosial. Bertujuan agar mahasiswa memahami dasar dari metode penelitian dalam lingkup pemecahan masalah sosial yang akan digunakan ketika mahasiswa melakukan riset. Perkuliahan ini membahas hakekat pengembangan etika penelitian dan proses penelitian, pradigma penelitian dan perbedaannya antara penelitian ilmu sosial dan ilmu alam, Langkah-langkah pokok dalam penelitian sosial, penyusunan kerangka berpikir, hipotesis penelitian, Membedakan konsep konstruk dan variabel dalam penelitian sosial, prosedur pengambilan sampel dan penentuan sumber data, penyusunan instrumen berupa angket, pedoman wawancara dan pedoman observasi, serta teknik analisis data.


S0S2107             Sosiologi Pedesaan                                                                                        3 SKS

Mata kuliah ini membahas masyarakat masyarakat pedesaan dari perspektif sosiologi, termasuk pengertian dan ruang lingkup sosiologi pedesaan. Masyarakat pedesaan yang dikaji meliputi sistem dan struktur sosial yang statis atau dinamis. Mata kuliah ini memiliki topik bahasan: sosiologi pedesaan sebagai ilmu yang diterapkan, ketimpangan struktural ekonomi dan politik yang dihadapi pedesaan, konflik dan potensi konflik di pedesaan, desentralisasi pembangunan mengatasi ketimpangan struktural, kemiskinan dan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan desa, budaya kemiskinan masyarakat dan desa, pola komunikasi inovasi dan penguatan lokal, pola nafkah masyarakat pedesaan yang adaptif secara ekologis, perempuan dan keluarga di pedesaan, kepemimpinan dan kelompok strategis di pedesaan.


 SOS1204            Teori Sosiologi Klasik                                                                                  3 SKS

Mata kuliah ini mendiskusikan pemikiran teoritis dari peletak dasar teori sosiologi meliputi Auguste Comte, Karl Marx, Emile Durkheim, Max Weber, dan George Simmel, pemikiran sosiologis pada masa revolusi industri yang disertai berbagai revolusi sosial. Diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan konstruksi teori dan konteks sosial, memahami pemikiran teoritis dari dasar teori, mengkritisi konsep-konsep, variabel-variabel serta teori dari ahli. Mata kuliah ini mengulas tentang pertumbuhan dan perkembangan teori sosial berkaitan dengan perubahan sosial pada akhir abad pertengahan dan era Renaissance serta pengaruhnya pada pemikiran kemasyarakatan.


SOS2101            Teori Sosiologi Modern                                                                               3 SKS

Mata kuliah ini merupakan lanjutan dari mata kuliah Teori Sosiologi Klasik. Mata kuliah ini membahas paradigma sosiologi dan tokoh-tokoh yang mengembangkan teori sosiologi modern dengan pokok-pokok pikiran tentang teori fungsionalisme struktural, teori konflik, teori pertukaran sosial, teori interaksionisme simbolik, postmodernisme, dan teori sosiologi gender. Mata kuliah ini mengemukakan teori‑teori sosial yang berkembang cepat pada akhir abad 20, dimulai dengan teori struktural‑fungsional yang banyak diwarnai oleh Talcott Parsons dan Robert K. Merton, aliran konflik yang ditokohi oleh Karl Marx dan Ralf Dahrendorf, aliran pascastrukturalis seperti tradisi Frankurt, dengan tokohnya Theodor Adorno, Max Horkheimer, dan Jürgen Habermas, serta tradisi postmodern.


SOS2210            Teori Sosiologi Kritis                                                                                   3 SKS

Mata kuliah ini membahas tentang ketegangan dialektis antara filsafat dan ilmu pengetahuan yaitu ketegangan dalam fakta objektif yang dianut oleh positivis. Mahasiswa akan memahami kondisi-kondisi sosio historis, kritik transedental, dan ideologi kritik. Mata kuliah ini mengkaji perspektif Sosiologi Kritis secara lebih khusus, sebab berbagai perubahan sosial yang menyertai proyek modernisasi, baik di negara maju maupun di negara berkembang, membawa implikasi sosial yang rumit dan tak terprediksikan sejak awal oleh teori-teori sosial tradisional. Teori Kritis melakukan reinterpretasi secara kreatif terhadap teori Marx (dan Weber) untuk mengkritisi situasi sosial masyarakat kapitalisme-industrial.


SOS2102            Metode Penelitian Kualitatif                                                                     3 SKS

Mata kuliah ini membahas mengenai fenomena tentang apa yang dimaksud dengan penelitian mengenai persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain secara holistik, dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata bahasa. Mahasiswa diajak untuk memahami berbagai varian penelitian kualitatif. Sasaran utama mata kuliah ini adalah untuk memberi bekal kepada mahasiswa, menyangkut pemahaman tentang perspektif metodologi (kualitatif), interpretasi dan analisis data secara kualitatif. Materi yang akan dipelajari antara lain pengertian penelitian, landasan penelitian, paradigma penelitian dalam bidang ilmu sosial, pendekatan penelitian, proses dan etika dalam penelitian, desain penelitian, data dan teknik pengumpulan data, menentukan sampel dan informan, teknik analisis data.


SOS2103            Metode Penelitian Kuantitatif                                                                  3 SKS

Mata kuliah ini menjelaskan kepada mahasiswa bahwa penelitian sosiologi bisa dilakukan dengan menggunakan model penelitian survey yang membutuhkan rancangan penelitian dengan tahap-tahap yang lebih baku dan terencana dibandingkan dengan model lain seperti grounded, atau model-model penelitian kualitatif lainnya dan juga menuntut adanya pemahaman teorisasi, proposisi, konsep, variabel dan pengukuran variabel serta perumusan hipotesa. Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa mengenai paradigma dan teori yang tepat digunakan dalam meneliti masalah sosial dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan mengoperasionalkan konsep, variabel dan ukuran yang relevan dengan menggunakan berbagai jenis metode kuantitatif yang tepat sehingga dapat menghasilkan analisis data statistik.


S0S2213             Sosiologi Ekonomi                                                                                         3 SKS

Mata kuliah ini membahas perspektif sosiologi dalam memahami realitas ekonomi yang meliputi produksi, distribusi dan konsumsi barang dan jasa langka. Dengan begitu mahasiswa mampu menjelaskan tindakan ekonomi dan menggunakan konsep-konsep utama yang berkaitan dengan tindakan sosial berupa keterlekatan, etos kerja, jaringan sosial, kepercayaan, ekonomi moral, ekonomi rasional, ekonomi politik, kapital sosial, kapital budaya, kapital simbolik, dan kapital spiritual. Mahasiswa mempelajari hubungan yang erat antara variabel ekonomi dan variabel sosial, membahas proses-proses ekonomi yang pokok, seperti produksi barang dan jasa, proses distribusi dan penukarannya serta konsumsi, serta kaitan antara ekonomi dan perubahan sosial yang terjadi di masyarakat.


SOS1206            Perubahan Sosial                                                                                            3 SKS

Mata kuliah ini menjelaskan tentang konsep dasar sosiologi yang berkaitan dengan perubahan sosial, teori sosiologi tentang perubahan sosial, fenomena perubahan sosial pada skala mikro (komunitas), dan skala makro (global). Diharapkan mahasiswa mampu mengaplikasi teori perubahan sosial untuk menjelaskan perubahan sosial pada komunitas tertentu. Mata kuliah ini dimulai dengan penjelasan fenomena perubahan sosial sebagai suatu keniscayaan, teori perubahan sosial secara evolusioner dan neoevolusioner. Berikutnya, memperkenalkan perspektif perubahan sosial seperti perspektif kultural, idiologis, struktural, evolusioner. Mahasiswa diajak mengenal tokoh yang banyak menjelaskan tentang fenomena perubahan sosial seperti August Comte, Herbert Spencer, Karl Marx, Max Weber.


SOS2211            Sosiologi Perkotaan                                                                                      3 SKS

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang dinamika sosial yang terjadi pada masyarakat perkotaan, menjelaskan pengertian dan ruang lingkup sosiologi perkotaan, perspektif dan teori perkembangan kota, pemikiran klasik tentang perkotaan, tipologi perkotaan, ciri‑ciri dan struktur masyarakat kota, berikut tipe‑tipenya, sejarah timbulnya kota‑kota, berikut proses dan perubahan yang terjadi di dalamnya. Dengan begitu mahasiswa mampu menjelaskan secara komprehensif krisis dan penanggulangan perkotaan. Beberapa tema lain seperti masalah urbanisasi berlebih (overurbanisation), sampah, pedagang kaki lima, pencemaran, dan kesemrawutan kota, termasuk slums dan squatters, dibahas dan didiskusikan dalam rangka mengangkat isu aktual tentang masalah perkotaan.


S0S4107             Isu-isu Globalisasi                                                                                       2 SKS

Mata Kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman pada mahasiswa mengenai perspektif global yaitu cara pandang dan cara berpikir terhadap suatu masalah, kejadian atau kegiatan dari sudut kepentingan global (internasional). Mata kuliah ini menekankan pembinaan sikap dan perbuatan yang berkaitan dengan isu-isu global, membahas hakikat dan konsep perspektif, manfaat dan tujuan perspektif global, perspektif global dilihat dari ilmu sosial, khususnya Sosiologi. Pentingnya kesadaran dan wawasan perspektif global, isu-isu dan masalah global dalam kaitannya dengan kepentingan nasional.


SOS1207            Sociopreneurship                                                                                         2 SKS

Mata kuliah ini mengajarkan mahasiswa dasar-dasar kewirausahan, business plan sehingga mahasiswa mampu menjadi entrepreneur di bidang sosial (sociopreneur). Kewirausahaan selalu terkait dengan barang atau jasa yang dijual untuk menghasilkan uang atau memiliki motif mencari keuntungan (profit motive). Kewirausahaan dikenal sebagai proses yang dinamis agar dapat mengidentifikasi permasalahan dan memanfaatkannya menjadi kegiatan praktis bertujuan ekonomi. Namun dalam praktiknya, kewirausahaan tidak selalu bermotif mencari keuntungan terlebih dalam praktisi usaha non-profit. Kewirausahaan sosial merupakan upaya para wirausahawan sosial yang bertujuan menciptakan nilai sosial dengan menyediakan solusi terhadap masalah sosial. Sehingga menyajikan kewirausahaan dalam perspektif non-bisnis tersebut melalui teori, rancangan serta program kewirausahaan sosial.


SOS3104            Pemetaan Sosial                                                                                              3 SKS

Mata kuliah ini membahas pengertian pemetaan sosial, pendekatan pemetaan sosial, metode dan teknik pemetaan sosial, konsep dan analisis masalah sosial, kajian terhadap kondisi dan potensi masyarakat, pemetaan dan analisis stakeholder serta substansi dalam pemetaan sosial. Mata kuliah ini mengajarkan kepada mahasiswa tentang suatu pendekatan dalam penanganan masalah sosial melalui proses penggambaran masyarakat yang sistematik serta melibatkan pengumpulan data dan informasi mengenai masyarakat termasuk di dalamnya profile (riwayat) dan masalah sosial yang ada pada masyarakat. Mahasiswa diharapkan dapat memiliki keterampilan (skill) di bidang pemberdayaan dan pembangunan masyarakat secara partisipatif.


SOS2104            Teknik Penulisan dan Presentasi Ilmiah                                             3 SKS

Mata kuliah ini mengajarkan kepada mahasiswa tentang definisi penulisan ilmiah, tata cara penulisan karya ilmiah, mengenal ciri-ciri tulisan ilmiah, metode dan teknik penulisan ilmiah. Dalam mengajarkan teknik menulis ilmiah akan ditekankan pada pentingnya penggunaan penelusuran bahasa ilmiah, pembuatan kutipan (kutipan langsung dan ‘pharaprase’), pengertian dan teknik menghindari plagiarisme, penyajian data dan informasi, bahan pustaka, penyusunan daftar pustaka dan rujukan, pembuatan catatan kaki, dan melakukan studi pustaka. Selain itu, juga membahas hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam penulisan karya ilmiah, struktur penyajian karya ilmiah, bagian-bagian presentasi, bagaimana membuat presentasi yang baik, teknik presentasi, serta media-media presentasi.


S0S4103             Kuliah Kerja Sosial                                                                                        4 SKS

Kuliah Kerja Sosial merupakan mata kuliah praktik yang membekali mahasiswa keterampilan praktis untuk menerapkan pengetahuan teoritis yang dimiliki selama kuliah melalui observasi dan interaksi langsung dengan instansi dan masyarakat dalam bentuk kerja sosial. Kuliah Kerja Sosial dilakukan berkelompok, terdiri dari 5-10 mahasiswa dan dibimbing oleh dosen pembimbing KKS serta satu pembimbing yang berasal dari instansi atau masyarakat tempat dimana mahasiswa melaksanakan KKS. Pelaksanaan KKS ini selama 30-40 hari kerja (tergantung dari kebijakan instansi terkait). Di akhir kegiatan mahasiswa diwajibkan untuk membuat laporan kegiatan yang telah dilakukan selama pelaksanaan KKS.


SPS4013             Skripsi                                                                                                                 6 SKS

Skripsi adalah laporan tugas akhir tertulis yang disusun setelah mahasiswa menyelesaikan 120 SKS perkuliahan. Dalam hal ini, mahasiswa menentukan sendiri pilihan topik skripsi sesuai minat dan pemahaman mahasiswa selama melakukan kegiatan perkuliahan yang kemudian disetujui oleh ketua jurusan. Selama proses pembuatan skripsi, mahasiswa akan dibimbing oleh dua dosen pembimbing yang memiliki keahlian sesuai dengan topik penelitian. Dalam proses skripsi, mahasiswa akan melalui seminar proposal skripsi dan ujian akhir yang akan diuji oleh pembimbing dan pembahas yang telah ditunjuk oleh jurusan.


SOS3103            Masalah sosial                                                                                                  3 SKS

Mata Kuliah ini berisi kajian tentang permasalahan sosial di masyarakat yang dibahas berdasarkan sudut pandang sosiologi, mengenalkan dimensi masalah-masalah sosial yang berkembang di masyarakat, baik skala lokal, nasional maupun skala internasional kepada mahasiswa. Menyoroti berbagai hal terkait dengan permasalahan sosial, antara lain karakteristik masalah sosial, pendekatan masalah sosial, teori dan paradigma masalah sosial, perspektif masalah sosial, pendekatan dan pemecahan masalah sosial, kemiskinan, urbanisasi, masalah remaja dan anak, masalah usia lanjut, juga mengenai gender. Mahasiswa diharapkan mampu menganalisa berbagai hal yang berkaitan dengan masalah sosial yang terjadi di dalam kehidupan masyarakat.


SOS3210            Pembangunan Sosial                                                                                     3 SKS

Mata Kuliah ini mengkaji strategi dalam pemecahan masalah sosial yang terjadi di masyarakat, serta pembangunan masyarakat pasca penanganan masalah. Mata kuliah ini menjelaskan kebijakan pembangunan sosial serta implikasinya dalam kehidupan sosial, ekonomi dan politik masyarakat. Disamping itu, perkuliahan ini juga menjelaskan berbagai bentuk analisis kebijakan serta konsep-konsep yang berkaitan dengan analisis kebijakan pembangunan sosial. Konsep penting yang dijelaskan meliputi konsep pembangunan sosial dan welfarestate, formulasi dan implementasi kebijakan, teori tentang pembangunan, dampak pembangunan terhadap masyarakat, kritik, gagasan alternatif dan etika pada pembangunan.


SOS3102            Gerakan Sosial                                                                                                 3 SKS

Mata Kuliah ini mengkaji tentang berbagai perspektif gerakan sosial (aksi kolektif). Membahas gerakan sosial sebagai perilaku kolektif dengan memberikan perhatian terhadap kemunculan, pemeliharaan, dan kemuduran gerakan sosial. Materi yang dikaji antara lain, konsep gerakan sosial, identitas dan tipologi gerakan social, gerakan sosial dalam kajian sosiologi, konteks struktural kemunculan, pemeliharaan, dan kemuduran gerakan social, alasan mengapa orang terlibat dalam gerakan sosial, keberhasilan gerakan sosial, strategisasi gerakan sosial. Tujuannya adalah agar mahasiswa mampu menganalisa aksi kolektif, jaringan, dan mobilisasi sumber daya.


SOS3101            Pemberdayaan Masyarakat                                                                       3 SKS

Mata Kuliah ini mengkaji tentang konsep pemberdayaan (empowerment) sebagai kecenderungan dalam konsep pembangunan berkelanjutan berwawasan lingkungan. Mata Kuliah ini secara umum membahas berbagai perspektif dan teknik dalam pemberdayaan masyarakat. Lebih khusus mata kuliah ini membahas tentang metode pendidikan orang dewasa (POD), peran fasilitator dalam proses pemberdayaan, teknik analisis masalah dan perbedaan masing-masing dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat. Dalam mata kuliah ini juga diajarkan teknik pengkajian masyarakat, salah satunya adalah PRA dengan berbagai macam teknik di dalam PRA. Setelah mempelajari dan memahami pemberdayaan masyarakat, mahasiswa dapat memahami kemitraan merupakan formula yang tepat untuk mencapai pemberdayaan masyarakat.


SOS3213            Praktek Pemberdayaan Masyarakat                                                      3 SKS

Mata Kuliah ini merupakan wujud kegiatan praktek pemberdayaan masyarakat sebagai lanjutan dari mata kuliah pemberdayaan masyarakat. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa turun langsung ke masyarakat, berbaur, mengobservasi, berinteraksi dan melakukan kegiatan pemberdayaan di masyarakat dengan arahan dosen pengampu mata kuliah ini. Mahasiswa diharapkan memiliki keterampilan dalam memfasilitasi, mengorganisir, serta menyusun perencanaan bersama masyarakat dalam suatu program pembangunan. Hasil akhir dari mata kuliah ini, mahasiswa diwajibkan membuat laporan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang telah dilakukan selama kegiatan praktek pemberdayaan masyarakat.


SOS2105            Sosiologi Keluarga                                                                                         3 SKS

Mata kuliah ini mengkaji tentang keluarga yang merupakan lembaga sosial dan kelompok sosial terkecil dalam masyarakat. Sosiologi keluarga membahas pengertian dan ruang lingkup, konsep, teori yang berkaitan dengan sosiologi keluarga. Selain itu dibahas pula tentang fungsi keluarga dan seleksi jodoh bentuk perkawinan, garis keturunan, sosialisasi, sistem kekerabatan, penyimpangan keluarga, disorganisasi keluarga dan perceraian, hubungan struktur sosial dengan keluarga, hubungan perubahan sosial dengan keluarga, pembentukan dan siklus keluarga, hubungan pendidikan, kesehatan dengan keluarga, pengaruh media massa dan informasi keluarga. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu menganalisis fenomena keluarga dalam perspektif sosiologi.


SOS3106            Sosiologi Kriminalitas                                                                                  3 SKS

Mata kuliah ini mengkaji tentang pendekatan Sosiologi terhadap kriminalitas yang terfokus pada konsep dasar kriminalitas yaitu pengertian, sejarah dan ruang lingkup dari kriminologi. Menjelaskan teori kriminalitas, bentuk, gejala, faktor penyebab timbulnya kriminalitas baik secara intern maupun ekstern, serta dinamikanya. Seluruhnya dilihat dalam sebuah satu kesatuan dengan menggunakan berbagai paradigma menurut para ahli dan bagaimana usaha penanggulangan kriminalitas di masyarakat. Tujuan yang ingin dicapai adalah mahasiswa mampu menjelaskan serta menganalisa kriminalitas dalam perspektif sosiologi.


SOS1208            Etika Sosial                                                                                                        2 SKS

Perkuliahan ini diharapkan dapat menumbuhkan spiritual mahasiswa. Materinya meliputi etika hidup seorang manusia terhadap dirinya, sesama, lingkungan, dan penciptanya. Rinciannya meliputi pengertian, konsep, sumber, tujuan dan hubungan etika dengan tatakrama, mengetahui kewajiban manusia terhadap dirinya sendiri, terhadap ibu bapak dan keluarga, dan terhadap penciptanya, serta kriteria nilai moral tindakan. Sifat-sifat terpuji dan tercela, manusia bergerak ke arah kesempurnaan, watak manusia yang suci dan tak berdosa, kebebasan dan kendali, kebutuhan spiritual manusia serta kriteria nilai moral tindakan. Diharapkan dengan mata kuliah ini mahasiswa mampu mengetahui, membina, serta mengamalkan moral yang mulia dalam kehidupan sehari-hari dimanapun dan kapanpun.


S0S2212             Sosiologi Islam                                                                                                 3 SKS

Pada dasarnya sosiologi agama Islam mempelajari fenomena sosio religius agama Islam yang menempatkan agama sebagai faktor yang dipengaruhi. Sebaliknya dapat pula kepada masalah yang menempatkan agama sebagai salah satu factor yang mempengaruhi. Mata kuliah ini membahas tentang cara pandang sosiologis yang didasarkan pada realitas empiris masyarakat muslim yang kemudian digunakan untuk mengkaji dan menganalisa masyarakat muslim dengan mendasarkan pada data-data yang diperleh dari sejarah Islam, masyarakat Islam, dan agama Islam seperti Al Qur’an dan Hadits.


S0S4104             Kesehatan dan Keselamatan Kerja                                                        3 SKS

Mata kuliah ini berisi tentang pengertian dan terminologi keamanan, penyebab kecelakaan, pengertian K3, peraturan berkaitan dengan K3, kebijakan pemerintah mengenai perlindungan terhadap keselamatan kerja, standar kesehatan dan keselamatan kerja, pencegahan kecelakaan kerja, resiko kecelakaan kerja, alat-alat pengaman, metode dan jenis metode kerja, sistem manajemen K3, alat pelindung diri, sistem manajemen lingkungan, serta analisis kecelakaan kerja. Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang pengertian dan partisipasi efektif untuk melaksanakan tugas dan kewajiban bersama dibidang keselamatan, kesehatan, dan keamanan kerja dalam rangka melancarkan usaha berproduksi.


SOS3107            Industri dan Hubungan Ketenagakerjaan                                           3 SKS

Mata kuliah ini lebih menekankan pada analisis terhadap persoalan empiris dari hubungan industrial dan perburuhan dewasa ini dalam perspektif makro, keragaman maupun persamaan pola hubungan industrial dan masalah perburuhan yang ada di sejumlah negara, institusi dan aktor sosial ekonomi politik yang terlibat dalam dinamika hubungan industrial dan perburuhan baik di tingkat global maupun lokal serta berbagai dampak yang muncul dari dinamika tersebut. Mata kuliah ini membahas hubungan antara perusahaan dengan pekerja atau buruh berdasarkan perjanjian kerja yang mempunyai unsur-unsur pekerjaan, upah, dan perintah. Tujuan mata kuliah ini agar mahasiswa memahami hubungan pengusaha dan pekerja yang timbul dari perjanjian kerja tersebut.


SOS2214            Sosiologi Gender                                                                                            3 SKS

Mata kuliah ini membahas definisi, konsep, landasan teoritis, perspektif feminis tentang gender serta implikasi dari perbedan gender menurut beberapa ahli, kemudian menjelaskan landasan yuridis kesadaran gender serta beberapa pendekatan perempuan dalam pembangunan serta mengkaji metode penelitian yang menggunakan perspektif gender dengan kerangka kerja analisis gender dan teknik analisis gender. Mata kuliah ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan membuka wacana bagi mahasiswa, bahwa melalui analisis sosial budaya dapat memahami tentang studi gender dan ketimpangan sosial yang menyebabkan perempuan berada dalam subordinasi, termarginalisasi dan terdiskriminasi, serta pentingnya pemahaman terkait dengan perbedaan jenis kelamin dan pengaruhnya dalam kehidupan sosial.


SOS3209            Sosiologi Kesehatan                                                                                      3 SKS

Mata kuliah ini mendalami masalah seputar kesehatan, baik tradisional maupun modern. Bertujuan agar mahasiswa memahami tentang pengertian sosiologi kesehatan berikut kontribusi dan peran sosiologi dalam menjelaskan fenomena kesehatan, konsep dasar sosiologi kesehatan dari perspektif individu dan struktur sosial, konsep tentang perilaku kesehatan, persepsi sehat sakit, teori dan model pendekatan atau strategi dalam merencanakan program pelayanan kesehatan yang berpihak kepada masyarakat, teori transisi kesehatan/epidimiologi, sistem pengobatan dan sejumlah isu pilihan tentang masalah kesehatan masyarakat, seperti kesehatan reproduksi, HIV/AIDS dan pelayanan kesehatan bagi penduduk lanjut usia, model perilaku kesehatan serta perilaku sehat sakit di dalam masyarakat ditinjau dari perspektif Sosiologi.


SOS4101            Sosiologi Agama                                                                                             3 SKS

Perkuliahan ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa bagaimana memandang agama dengan menggunakan perspektif sosiologi, dimana perangkat teori, konsep digunakan sebagai alat analisis untuk membedah pranata yang berlaku di masyarakat, tidak terkecuali agama. Matakuliah ini membahas hubungan manusia dan agama, yang meliputi posisi agama dalam kajian ilmiah dan praktik-praktik kehidupan umat beragama secara umum. Melalui matakuliah sosiologi agama, para mahasiswa diharapkan memiliki kompetensi untuk mengetahui dan memahami mata rantai perilaku umat beragama secara umum.


SOS3211            Sosiologi Lingkungan                                                                                    3 SKS

Mata kuliah ini memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai isu-isu lingkungan dari berbagai pembahasan yang ada di sosiologi, ketimpangan sosial dan lingkungan, gerakan sosial yang berkaitan dengan lingkungan dan menganalisis peran-peran sosial, politik, dan budaya dari institusi dalam merespons perubahan lingkungan. Mata kuliah ini memperkenalkan perspektif sosiologi terhadap lingkungan atau interaksi manusia dan lingkungannya. Fokus perkuliahan pada kajian konsep dasar sosiologi lingkungan (ekologi), Fenomena isu lingkungan global, gerakan politik lingkungan dan pemberdayaan masyarakat berbasis ekologi dan keadilan sosial, identitas sosial politik lingkungan, SDA dan masyarakat, perubahan lingkungan, AMDAL, ekologi politik, dan pembangunan ekonomi berdasarkan lingkungan.


SOS3105            Sosiologi Komunikasi                                                                                  3 SKS

Perkuliahan ini memberikan pemahaman mengenai kajian-kajian serta teori-teoi sosiologi komunikasi dari berbagai perspektif yang ada. Dalam mata kuliah ini mahasiswa juga diajak untuk mengetahui bagaimana persoalan-persoalan penting yang ada dalam sosiologi komunikasi terutama yang berhubungan dengan substansi interaksi orang-orang dalam masyarakat, termasuk komunikasi yang dilakukan secara langsung maupun dengan menggunakan media komunikasi dan semua konsekuensi yang terjadi dari seluruh komunikasi tersebut, mengeksplorasi lebih jauh tentang komunikasi sebagai fenomena sosial. terutama komunikasi yang dalam prosesnya ditopang percepatan kemajuan teknologi menjadi variabel penting proses dinamika sosial kebudayaan dan peradaban dalam kehidupan masyarakat.


SOS4102            Sosiologi Pendidikan                                                                                    3 SKS

Mata Kuliah ini membahas tentang struktur dan proses sosial yang terjadi dalam pranata pendidikan serta kaitannya dengan pranata lain. Pendidikan tidak hanya pendidikan formal melainkan juga pendidikan informal dan non formal. Materi yang dibahas meliputi pengertian konsep sosiologi pendidikan, peletak dasar sosiologi pendidikan, pendidikan dan stratifikasi, pendidikan dan mobilitas, pendidikan dan ekonomi, pendidikan dan perubahan sosial, pendidikan dan profesionalisme kerja, pendidikan dan aspek politik, serta pendidikan sebagai kapital sosial. Analisa dilakukan pada hubungan timbal balik antara institusi pendidikan dengan dinamika sosial secara keseluruhan yang terjadi dalam masyarakat. Analisa ini diperlukan guna membuat perencanaan pendidikan secara lebih baik dan menyeluruh.


SOS2106            Manajemen Konflik                                                                                      3 SKS

Mata Kuliah ini mambahas tentang anatomi konflik, teori konflik, manajemen konflik, resolusi konflik, situasi paska konflik (transformasi, strategi menciptakan perdamaian) berikut contohnya, pemetaan konflik, dinamika konflik, kasus-kasus konflik dan pengelolaan atau mitigasi konflik. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman konsep, teoritik dan aplikatif bagi mahasiswa dalam pengelolaan siklus konflik dan tahap resolusi konflik serta strategi perdamaian yang dapat dilakukan oleh beragam aktor dalam proses resolusi konflik. Mahasiswa diharapkan dapat membuat perencanaan resolusi konflik pada suatu komunitas, dengan mengambil aspek-aspek teori yang telah dipelajari dan disesuaikan dengan tipe konflik dan karakter komunitas tersebut.


SOS2209            Praktik Analisis Data Kuantitatif                                                            3 SKS

Mata kuliah ini memberikan pemahaman praktis tentang penelitian sosial kuantitatif. Bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengalaman praktek bagi mahasiswa dalam menerapkan substansi metode penelitian kuantitatif yaitu pemahaman teorisasi, proposisi, konsep, variabel dan pengukuran variabel serta perumusan hipotesa. Untuk itu, mahasiswa diajak untuk membuat proposal sampai pembuatan laporan penelitian kuantitatif, termasuk menyusun argumentasi (rationale), merumuskan permasalahan penelitian, menyusun kerangka berpikir atau teori (theoretical framework), hipotesis, populasi dan sampea, teknik dan proses penggalian data dan menerapkan dalam penelitian yang sesungguhnya serta analisis data dengan menggunakan komputer.


SOS4209            Sosiologi Lahan Basah                                                                                  3 SKS

Mata kuliah ini membahas tentang karakteristik, tipologi, struktur sosial masyarakat di lahan basah, kondisi sosial ekonomi dan budaya masyarakat, identifikasi potensi sosial ekonomi pada masyarakat lahan basah, pola kehidupan sosial budaya petani dan nelayan di daerah lahan basah, identifikasi potensi bencana yang terjadi pada lingkungan lahan basah dan upaya penanggulangannya, sanitasi masyarakat, potensi pariwisata dan upaya konservasi pada lahan basah. Tujuan mata kuliah ini adalah memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai masyarakat lahan basah sekaligus memantik potensi mahasiswa untuk berkreatifitas dalam mengembangkan masyarakat lahan basah sebagai salah satu landscape ekologi masyarakat lokal di Sumatera Selatan.


SOS4211            Sosiologi Mitigasi Bencana                                                                         3 SKS

Mata kuliah ini memberikan deskripsi dan eksplanasi terhadap bencana baik sebagai fenomena sosial maupun alam, mengkaji interelasi antara bencana dengan lingkungan sosial serta dampaknya terhadap masyarakat. Membahas perspektif sosiologi tentang kebencanaan, mengkaji konsep dasar kebencanaan, teori kebencanaan, strategi kebencanaan, mitigasi manajemen bencana serta pengetahuan lokal masyarakat dalam kesiapsiagaan untuk membangun masyarakat tangguh bencana, kelompok sosial dalam kaitannya dengan kebencanaan, perubahan sosial dan kebencanaan, pendekatan modal sosial dan civil society dalam hubungannya pada pengelolaan kebencanaan dan politik kebencanaan juga membahas tentang serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana bagi masyarakat.


SOS3212            Manajemen Stakeholder                                                                             3 SKS

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar dalam manajemen stakeholder, teori stakeholder, pemetaan dan identifikasi stakeholder, metode dan teknik pemetaan stakeholder, analisis jaringan hubungan stakeholder dan strategi perlibatan stakeholder. Mata kuliah ini akan membahas mengenai konsep relasi stakeholder, tipe dari relasi stakeholder serta bagaimana menjalin hubungan baik dengan publik internal maupun eksternal yang dapat memberikan dampak serta citra positif bagi korporasi dalam dunia usaha maupun dunia industry. Tujuan mata kuliah ini memberikan kemampuan dan keterampilan bagi mahasiswa dalam melakukan pemetaan stakeholder dan pengelolaan stakeholder menurut kebutuhan dunia usaha dan dunia industri.


SOS2210            Praktik Analisis Data Kualitatif                                                               3 SKS

Mata kuliah ini memberi pemahaman lebih lanjut tentang paradigma dan atau perspektif metodologi sosial kualitatif.  Perkuliahan ini membahas mengenai fenomena sosial yang disajikan dengan berdasarkan pengolahan data secara mendalam yang didapatkan dari hasil pengamatan, wawancara, dan literatur yang dilakukan berdasarkan persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain secara holistik. Data yang disajikan adalah data secara deskripsi berupa kata-kata dalam bahasa. Selain itu, mahasiswa diajak untuk memahami berbagai varian penelitian kualitatif. Sasaran utama matakuliah ini adalah untuk memberi bekal kepada mahasiswa, utamanya menyangkut pemahaman lebih lanjut tentang perspektif metodologi (kualitatif), interpretasi dan analisis data secara kualitatif dalam bentuk laporan penelitian.


SOS4212            Pengorganisasian Masyarakat                                                                  3 SKS

Mata kuliah ini memberi kemampuan kepada mahasiswa untuk menerapkan konsep pengorganisasian dan pengembangan masyarakat dengan pokok bahasan tentang konsep dasar Pengorganisasian dan pengembangan masyarakat, bertujuan untuk membekali mahasiswa agar mampu menjelaskan tentang pengertian, ruang lingkup, manfaat, dan metode penelitian dalam pengorganisasian masyarakat. Perkuliahan ini membahas mengenai proses identifikasi kebutuhan sosial dan pembangunan kesadaran kritis, menganalisis organisasi secara mikro dan makro, serta penggalian dalam potensi pengetahuan lokal masyarakat. Kajian ini kian menarik perhatian, karena suatu kenyataan betapa—seiring dengan perkembangan masyarakat urban‑industrial—kehidupan manusia kian dipenuhi oleh kehadiran berbagai ragam organisasi.


SOS4210            Sosiologi Digital                                                                                              3 SKS

Mata kuliah ini membahas tentang kajian masyarakat di era digital, terutama pada era revolusi industri 4.0, dimana kondisi masyarakat sangat lekat dengan teknologi. Mahasiswa diajak untuk berdiskusi tentang perubahan kondisi masyarakat di era teknologi, yang sangat berbeda dari era sebelumnya. Perkuliahan juga membahas mengenai berbagai fenomena yang menunjukkan kondisi masyarakat era digital, terutama dalam pandangan tokoh sosiologi (ahli). Selain itu, pendekatan, perdebatan serta studi empiris terbaru yang mengelaborasi dimensi sosial, kultural dan politik dari suatu masyarakat yang identik dengan berintekasi menggunakan teknologi digital, pembahasan juga berkaitan dengan tantangan dan problem yang dihadapi masyarakat di era digital dewasa ini.


SOS3214            Demografi Sosial                                                                                            3 SKS

Demografi sosial adalah studi yang mengaitkan variabel demografi dengan variabel sosiologi. Hubungan antar variabel tersebut menjadi dasar pertimbangan perencanaan dan kebijakan sosial dalam masyarakat. Perkuliahan ini membahas tentang kajian struktur dan proses penduduk dalam masyarakat. Kajian terhadap jumlah, persebaran teritorial dan komposisi penduduk serta perubahan yang terjadi dalam masyarakat. Mata kuliah ini menyajikan lingkup kajian demografi, variabel demografi, sumber data demografi. Pembahasan berkaitan dengan karakteristik dan pertumbuhan penduduk Indonesia, berikut evaluasinya dari berbagai teori kependudukan. Terakhir dibahas kebijakan nasional yang telah ditempuh seperti program nasional kependudukan dan keluarga berencana serta usaha yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup.


SOS4105            Sosiologi Pariwisata                                                                                      3 SKS

Mata kuliah ini membahas tentang pengantar sosiologi pariwisata, konsep wisata, pariwisata dan daerah tujuan wisata, bentuk dan jenis pariwisata, pembangunan industri pariwisata, identifikasi berdasarkan bentuk sosial kepariwisataan, dimensi sosial dari wisatawan, sistem dalam kepariwisataan, organisasi pariwisata, pariwisata dan perubahan sosial, pariwisata dan ketahanan sosial serta dampak pariwisata berskala sosial. Pada tahap selanjutnya mengkaji secara sosiologis terhadap kepariwisataan yakni berupa struktur, sistem dan dampak industri pariwisata terhadap masyarakat lokal. Pada akhirnya secara kontekstual mahasiswa menganalisa perubahan sosial budaya terkait perkembangan kehidupan pariwisata.


S0S4208             Rekayasa dan Inovasi Sosial                                                                      3 SKS

Rekaya sosial (Social engineering) adalah gerakan ilmiah dari visi ideal tertentu yang ditujukan untuk mempengaruhi perubahan sosial secara terencana. Gerakan ilmiah disini adalah sebuah gagasan atas perubahan tingkat/taraf kehidupan masyarakat demi tercapainya kesejahteraan dan kemandirian. Mata kuliah ini membahas tentang gagasan atau ide baru, cara dan sarana, strategi atau bahkan organisasi yang menyusun solusi inovatif terutama dalam transformasi teknologi untuk mengatasi masalah sosial masyarakat, melibatkan perubahan hubungan kelembagaan (kolaborasi), peningkatan kapasitas kesejahteraan masyarakat. Mata kuliah ini akan membahas tentang bagaimana pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat, khususnya di bidang pendidikan, kesehatan, kependudukan dan perumahan direncanakan dengan baik dan benar.


SOS3208            Sosiologi Kekuasaan                                                                                     3 SKS

Mata kuliah ini membahas tentang kekuasaan dan wewenang dalam masyarakat, teori kekuasaan, kekuasaan dalam wilayah makro dan mikro, pola kepemimpinan dan pengaruhnya dalam masyarakat. Pendekatan sosiologis terhadap politik, kekuasaan, meliputi pengertian, (re)produksi kekuasaan, distribusi kekuasaan, konsumsi kekuasaan, dan tiga pilar kekuasaan, serta dinamika politik mencakup sosialisasi politik, komunikasi politik, partisipasi poltik, perekrutan politik sebagaimana dipengaruhi oleh berbagai proses sosial, seperti perilaku kooperasi, kompetisi, mobilitas, pembentukan opini umum dalam masyarakat, dan pergeseran kekuatan di kalangan kelompok. Membahas pengaruh struktur sosial terhadap struktur dan perilaku politik dan dampak struktur dan perilaku politik pada struktur sosial.


SOS4106            Analisis Wacana Kritis                                                                                 3 SKS

Mata kuliah ini akan memperkaya pengetahuan dan kemampuan mahasiswa dalam memahami dan menjelaskan fenomena sosial kontemporer khususnya terkait dengan tingginya tingkat literasi masyarakat dan perkembangan media cetak dan digital mutakhir. Memberikan pengetahuan dasar-menengah tentang pengaruh Bahasa (linguisticturn) dalam kajian ilmu sosial yang menuntut pemahaman baru tentang realitas sosial yang direpresentasikan dalam teks namun tidak lepas dari struktur wacana (discourse) yang membentuknya. Mata kuliah ini membahas tentang analisis media pengungkapan kekuasaan, praktik dominasi dan ketidaksetaraan dalam teks tertulis maupun perbincangan dalam konteks sosial dan politik, pengaruh penggunaan media dalam praktik kekuasaan, penggunaan media dalam mobilisasi masyarakat serta dampaknya.


SOS1103            Psikologi Sosial                                                                                               2 SKS

Mata kuliah ini membahas mengenai berbagai konsep dasar psikologi sosial, menjelaskan dan menganalisa hubungan psikologi sosial dengan ilmu-ilmu sosial lainnya. Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa mengenai hubungan antara individu dan kelompok serta memberikan pengetahuan tentang hubungan antar individu yang dipengaruhi oleh tingkah laku, sikap, dan kepemimpinan dalam sebuah kelompok ataupun masyarakat. Diharapkan mahasiswa dapat mengetahui bagaimana perilaku individu terjadi dan mempengaruhi kehidupan sosial individu dalam masyarakat serta mampu mengetahui dan menjelaskan secara umum isu-isu terkini yang terkait dengan permasalahan psikologi sosial.