Seminar Virtual “Public Relations in Digital Era”

Palembang – Perkembangan teknologi komunikasi yang semakin cepat dan canggih telah mengubah banyak aspek kehidupan manusia, baik dalam aspek ekonomi, politik, sosial hingga budaya.

Perubahan di era digital ini turut merubah cara kerja Public Relations. Pada kesempatan Kamis, 18 Juni 2020 lalu Telkomsel bekerja sama dengan Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sriwijaya berbagi pengetahuan mengenai tantangan dan peluang perkembangan teknologi di dunia PR. Dengan melibatkan dua pembicara: Manager Corporate Communication Telkomsel Area Sumatera, Hadi Sucipto dan Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Sriwijaya, Rindang Senja Andarini, acara ini diikuti oleh 190an peserta.

Dari sisi teori, Rindang Senja Andarini (Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Sriwijaya) menjelaskan adanya perubahan perspektif dan model komunikasi dalam praktik PR saat ini. Stakeholders kini diposisikan sebagai partisipan yang aktif dan sadar, interaksi antara organisasi dengan stakeholders lebih dinamis, atmosfer komunikasi lebih transparan dan terbuka.

Dari sisi praktis, Hadi Sucipto, Manager Corporate Communication Telkomsel Area Sumatera menyampaikan bahwa kehadiran fitur-fitur digital-based media mendukung publikasi dan kegiatan PR lainnya menjadi lebih efisien dan efektif – dengan social media network perusahaan bisa melakukan direct communication dengan customer dengan biaya minim dan waktu yang singkat. Para peserta antusias dan aktif bertanya dalam sesi tanya-jawab. Seminar berlangsung semakin menarik karena acara disertai kuis dengan hadiah yang menarik. (rindang)