WELFRAGE ECO: Welfare For Village Educate, Converse, Optimize From SriwijayaWelfrage, to Everyone

WELFRAGE ECO: Welfare For Village Educate, Converse, Optimize mengangkat tema “Kurangi Sampah, Ciptakan Masa Depan Cerah”. Kegiatan ini merupakan upaya bersama untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah dan dampaknya terhadap masa depan lingkungan kita. Kegiatan ini diselenggarakan pada Kamis, 14 September 2024, pada Pukul 14.00 WIB di Desa Sungai Rasau, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan.
Kegiatan ini diadakan oleh IRSSA FISIP UNSRI Divisi Social Welfare, bekerja sama dengan warga di Desa Sungai Rasau, sebagai langkah awal menuju lingkungan desa yang lebih bersih dan sehat. Kegiatan ini berbentuk Sosialisasi dan pemberian Bak sampah pada dua titik lokasi yaitu SDN 21 Pemulutan, dan Masjid Istikomah Desa Sungai Rasau.

Kegiatan Sosialisasi dibuka dengan Laporan kegiatan oleh Ketua Pelaksana M Yusuf Arya, dilanjutkan kata sambutan Bupati IRSSA FISIP UNSRI Alzena Indira Belva dan Perangkat Desa yang mewakili, Bapak Hasani Ibkar selaku Sekretaris Desa Sungai Rasau. Dan kegiatan ini resmi dibuka oleh Bapak Abdul Halim, S.IP., M.A selaku Penasihat IRSSA FISIP UNSRI. Selain membuka kegiatan Bapak Abdul Halim juga memberikan sertifikat dan bak sampah secara simbolik kepada Bapak Hasani Ibkar sebagai perwakilan Desa Sungai Rasau.

Kegiatan ini berkolaborasi bersama Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih Sumatera Selatan (Pepelingasih), yang juga hadir sebagai pemateri yaitu, M Zacky Raimizard sebagai Sekretaris Div.Pengembangan SDM Pepelingasih Sumatera Selatan dan Kemas Muhammad Ilham M sebagai Sekretaris Div. Program dan Pengembangan Pepelingasih Sumatera Selatan. Sosialisasi ini mengkat materi mengenai ”Mekanisme Pembuatan Eco-Enzym” sebuah edukasi pemanfaatan sampah organik, dimana fermentasi ini menghasilkan enzim yang bermanfaat untuk berbagai keperluan rumah tangga dan lingkungan. Dan menariknya pemateri langsung melakukan praktik di depan masyarakat.

Pada sesi diskusi, peserta terlihat sangat antusias terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta. Melalui sesi interaktif ini, warga diharapkan dapat mendapatkan wawasan baru dan termotivasi untuk terus menjaga kebersihan lingkungan mereka.

Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada dua pemateri dilanjutkan dengan dokumentasi kegiatan. Dan pada sesi akhir, panitia juga menghadirkan games menarik, dengan melontarkan pertanyaan terkait materi yang sudah dibahas, serta memberi hadiah bagi masyarakat.

Program WELFRAGE ECO 3.0 oleh IRRSA FISIP UNSRI, merupakan salah satu langkah dari IRSSA untuk mewujudkan salah satu visi himpunan yaitu bertindak nyata dan turut selaras dengan visi dari FISIP UNSRI yaitu Fisip Menyapa, Peduli dan Berbagi. Kegiatan ini mengimplementasi mengenai kebersihan, menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar, serta berbagi pada masyarakat baik secara materi maupun pengetahuan.