Penguatan Kolaborasi Akademik: FISIP Unsri dan FSBK UAD Tandatangani Kerja Sama

Yogyakarta, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya (FISIP Unsri) dan Fakultas Sastra, Budaya, dan Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan (FSBK UAD) resmi menjalin kemitraan strategis melalui penandatanganan dua perjanjian kerja sama pada hari Rabu, 18 September 2024. Perjanjian ini mencakup bidang pendidikan dan penelitian, yang diharapkan dapat memperkuat kolaborasi akademik antara kedua institusi.

Acara ini dipimpin oleh Dekan FSBK UAD, Wajiran, Ph.D yang menekankan pentingnya kerjasama strategis untuk pengembangan kedua fakultas. Selanjutnya dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UAD, Dr. Gatot Sugiharto, S.H., M.H sekaligus menyampaikan kemitraan ini momentum yang baik untuk kedua belah pihak.

Dekan FISIP Unsri, Prof. Dr. Alfitri, M.Si., menyampaikan harapan bahwa pertemuan ini merupakan langkah awal yang baik untuk memperkuat hubungan antara kedua lembaga. Secara konkrit, perjanjian ini membuka jalan bagi kolaborasi yang lebih produktif, termasuk publikasi di jurnal-jurnal terakreditasi milik masing-masing Fakultas serta pertukaran dosen. Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas akademik serta memberikan dampak positif bagi pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia.

Perjanjian ini berfokus pada penelitian dan publikasi bersama, mobilitas mahasiswa, serta pengembangan program studi yang dapat memperluas jaringan akademik antara FISIP Universitas Sriwijaya dan FSBK UAD. Selain itu, kedua institusi juga sepakat untuk melaksanakan berbagai program strategis lainnya yang diatur dalam perjanjian, termasuk Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Penandatanganan ini merupakan wujud komitmen bersama untuk meningkatkan kolaborasi di bidang pendidikan dan penelitian, sekaligus memperkuat kapasitas sumber daya manusia dalam rangka memajukan pendidikan di Indonesia. (Oemar)