Public Lecture: Strategi Percepatan Investasi Blue Infrastructure di Indonesia

Selasa, 13 September 2022 – Jurusan Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sriwijaya menyelenggarakan Kuliah Tamu yang berjudul “Public Lecture: Strategi Percepatan Investasi Blue Infrastructure di Indonesia” di Ruangan Teater, Gedung A FISIP UNSRI Kampus Indralaya. Dengan mengundang narasumber yang merupakan Asisten Deputi Strategi dan Kebijakan Percepatan Penanaman Modal Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Penanaman Modal Republik Indonesia, Bapak Ferry Akbar Pasaribu

Acara Kuliah Umum ini di pimpin oleh MC yang merupakan Mahasiswi Ilmu Hubungan Internasional Universitas Sriwijaya, Qintara Rayyan Anindita

Kegiatan Kuliau umum ini dihadiri oleh Pimpinan FISIP UNSRI, yang diantaranya adalah Bapak Dekan FISIP UNSRI Prof. Dr. Alfitri, M.Si, Bapak Wakil Dekan 1 Bidang Akademik dan Pendidikan, Bapak Dr. H. Azhar, S.H., M.SC., LL.M. Ketua Laboratorium Ilmu Hubungan Intermasiomal UNSRI, Bapak Dr. Ir. H. Abdul Najib, MM. Beberapa Dosen Ilmu Hubungan Internasional UNSRI, Panitia, dan 100 Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional yang membersamai acara secara langsung di ruang teater, Gedung A FISIP UNSRI Indralaya.

Acara Selanjutnya adalah menyanyikan Lagu Indonesia raya yang dalam hal ini dipimpin oleh Mahasiswi Ilmu Hubungan Internasional, Nindya Dara

Acara selanjutnya adalah pembacaan Doa oleh Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Sriwijaya, Habyb Muhammad Dzikrullah.

Pada Kuliah Umum ini terdapat penyampaian kata Sambutan yang  disampaikan oleh Bapak Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sriwijaya Prof. Dr. Alfitri, M.Si. Beliau mengucapkan terima kasih kepada pemateri yang sudah berkenan mengisi Kuliah Tamu yang diselenggarakan oleh Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Universitas Sriwijaya. Beliau juga berharap dengan berakhirnya Kuliah Umum ini dapat memberikan wawasan baru terkait dengan Tema yang diungsung pada kuliah Umum ini. Beliau juga menyampaikan bahwa dengan adanya kuliah Umum pada kali ini sekaligus mengundang Narasumber yang telah berkiprah ke luar Negeri, akan menjadi salah satu Upaya dalam mewujudkan Internasionalisasi FISIP UNSRI.

Setelah pembacaan doa, Sesi penyerahan Plakat dilakukan oleh Bapak Dekan FISIP UNSRI, Prof. Dr. Alfitri, M.Si  dengan melibatkan Narasumber, Bapak Ferry Akbar Pasaribu dan berlangsung sesi dokumentasi.

Memasuki acara inti, Pembacaan CV Narasumber disampaikan oleh Mahasiswi Ilmu Hubungan Internasional Universitas Sriwijaya, Brigita Agustina Sinurat.

Setelah Pembacaan CV Narasumber berakhir, Pembawaan Materi oleh Narasumber, Bapak Ferry Akbar Pasaribu dilaksanakan.

Pada sesi pemaparan oleh Bapak Ferry Akbar Pasaribu, Titik berat pembahasan yang dipaparkan mengarah terhadap bagaimana kemudian peluang Infrastruktur  Biru di tengah Pandemi Covid – 19 dan pasca situasi Covid – 19.

Setelah sesi pemaparan berakhir, MC membuka sesi tanya jawab terhadap participants yang ingin bertanya kepada narasumber. Pada awalnya, sesi tanya jawab hanya dibatasi sebanyak 3 pertanyaan mengingat waktu berjalannya pemaparan mulai menunjukkan pukul 10.30, namun dikarenakan pemaparan materi yang sangat menarik telah berhasil memantik rasa ingin tahu yang cukup banyak berdatangan dari peserta sehingga sesi diskusi tanya jawab berlangsung cukup interaktif pada Acara Kuliah Umum ini. Setelah sesi tanya jawab berakhir, MC memandu acara selanjutnya menuju ke arah penutupan acara, yang dimulai dari sesi penyerahan E-Certificate sebagai bentuk Simbolis sekaligus Terima Kasih dari Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Universitas Sriwijaya terhadap narasumber yang telah bersedia membagikan wawasan baru.