Pamflet Ngobrol Santai Tentang PIMNAS
Berita

Ngobrol Santai Tentang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional

Laboratorium Administrasi Publik (LabAP), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Sriwijaya (UNSRI), kembali melaksanakan kegiatan ngobrol santai pada tanggal 10 Februari 2021 melalui aplikasi Zoom Meetings. Pada kegiatan ini, topik yang dibahas adalah gambaran pelaksanaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional dengan menghadirkan narasumber yang kompeten yakni Athifah Nurshafa’han, dimana beliau merupakan salah satu Tim Seleksi PKM Telkom University tahun 2016-2017 dan juga finalis PIMNAS tahun 2016.

Kegiatan ngobrol santai ini berhasil menarik perhatian hingga 122 mahasiswa AP FISIP UNSRI. Dalam kegiatan kuliah tamu ini Athifah Nurshafa’han mengatakan bahwa PIMNAS merupakan media pertemuan mahasiswa secara nasional dan kegiatan ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi mahasiswa, dosen serta universitas. “Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional atau PIMNAS merupakan kegiatan bergengsi dimana menjadi kegiatan puncak pertemuan nasional yang dapat mewujudan kreativitas dan penalaran ilmiah mahasiswa yang terjadwal secara akademik oleh perguruan tinggi dalam meningkatkan budaya kompetisi akademik dan unjuk prestasi di kalangan mahasiswa yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi.” ujar Athifah.

Gambar 1 Athifah Nurshafa’han sedang menerangkan pelaksanaan dan manfaat PIMNAS secara virtual
Gambar 2 Peserta Ngobrol Santai Tentang Pekan Ilmiah Nasional

Menurut Athifah Nurshafa’han, manfaat PKM adalah untuk mewadahi kreatifitas mahasiswa serta mengarahkan poin-poin pada Tri Dharma pada Perguruan Tinggi dapat diimplementasikan oleh mahasiswa. Tidak lupa, Athifah Nurshafa’han juga memberikan tips n trick agar mahasiswa dapat lulus PKM hingga ke tahap finalis. Tips n trick itu adalah kesesuaian ide dengan pemilihan bidang PKM serta pemilihan bidang PKM harus sesuai dengan bidang keilmuan salah satu anggota tim.

Sosialisasi ini berhasil menarik minat mahasiswa-mahasiswa dari jurusan Ilmu Administrasi Publik. Karena setelah sosialisasi ini dilakukan, jurusan Ilmu Administrasi Publik mengirimkan sebanyak kurang lebih 75 tim untuk berpartisipasi dalam Pekan Ilmiah Nasional tahun 2021.

Kegiatan ngobrol santai ini disiarkan langsung melalui kanal LabAP di YouTube sehingga dapat diakses ulang dan mendapatkan lebih banyak penonton.

Live Record Ngobrol Santai Tentang PIMNAS:

Penulis: Annisa Nabilah & Vania

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *