Pamflet-Lulusam-AP
Berita

Lulusan Administrasi Publik, Bisa Jadi Apa Ya?

Laboratorium Ilmu Administrasi Publik (LabAP), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Sriwijaya (UNSRI) menggelar webinar seri kajian after campus dengan tema “Lulusan Administrasi Publik, Bisa Jadi Apa Ya?” pada Sabtu, 18 September 2021 melalui zoom meeting.

Pertemuan dihadiri oleh 250 peserta yang terdiri dari mahasiswa Administrasi Publik FISIP UNSRI dimoderatori oleh Annada Nasyaya, S.I.P., M,Si selaku dosen Ilmu Administrasi Publik FISIP UNSRI dengan mengundang empat pembicara inspiratif yang merupakan alumni Ilmu Administrasi Publik, yaitu Rosy Romadiana Pasaribu selaku Kasub Fasilitasi Reformasi Birokrasi Sekretariat Jenderal MPR RI), Prakoso Bhairawa Putra selaku Plt Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI),  Mardiansyah selaku Widyauswara Kementerian Agama, serta Muzhar Apandi selaku Koordinator Liputan Berita TVRI Sumatera Selatan dan Komonitas Mojo.

Dwi Mirani, S.I.P., M.Si selaku Ketua Laboratorium Administrasi Publik dan Sofyan Effendi, S.I.P., M.Si selaku Wakil Dekan II FISIP UNSRI sedang melakukan kata sambutan (Sabtu, 18 September 2021)

Acara dibuka dengan sambutan dari Dwi Mirani, S.I.P., M,Si selaku Ketua Laboratorium Ilmu Administrasi Publik dan Sofyan Effendi, S.IP., M.Si selaku wakil dekan II FISIP UNSRI.

Dalam sambutannya, Dwi Mirani, S.I.P., M,Si berharap kegiatan ini dapat memperkenalkan lulusan Administrasi Publik, memotivasi, serta memberikan manfaat bagi semua.

“Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan penunjang kampus merdeka yang dilaksanakan oleh Lab Administrasi Publik, tujuannya adalah memperkenalkan kepada mahasiswa dan khalayak umum bahwa lulusan Administrasi Publik tidak hanya pada satu bidang, semoga menjadi motivasi bagi mahasiswa baru agar memahami ruang lingkup dari kajian ilmu, serta bermanfaat bagi kita semua” Ujarnya

Selanjutnya, Sofyan Effendi, S.IP., M.Si memberikan pandangannya bahwa kegiatan ini bisa menjalin silahturahmi dan dapat menjadi salah satu kunci keberhasilan kita semua.

“Mari sama-sama simak materi dari narasumber karena akan memberikan manfaat besar bagi kita dan mudah-mudahan menjadi salah satu kunci keberhasilan di masa yang akan datang, dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim acara Lulusan Administrasi Publik, Bisa Jadi Apa Ya yang diselengggarakan oleh Laboratorium Ilmu Administrasi Publik FISIP UNSRI secara resmi kita buka” Ujar Sofyan Effendi, S.IP., M. Si ketika membuka acara tersebut.

Muzhar Effendi dan ketiga pembicara lainnya sedang bercerita tentang pengalamannya selama menjadi mahasiswa (Sabtu, 18 September 2021) (dokumentasi paniti

Selanjutnya pada sesi acara inti, setiap pembicara menceritakan pengalaman menarik dan inspiratif pada saat mengenyam pendidikan di jurusan Ilmu Administrasi Publik FISIP UNSRI hingga mendapatkan karir yang baik pada saat memasuki dunia kerja. Selain itu, pembicara juga menceritakan berbagai organisasi yang mereka ikuti sebagai penunjang dalam mengembangkan kemampuan dan melatih kepemimpinan.

Jika berbicara mengenai “Lulusan Administrasi Publik, Bisa Jadi Apa Ya?”, Mardiansyah berkata “Sebagai mahasiswa saya tidak pernah takut untuk gagal dalam karir, karena ketika saya menjadi mahasiswa, saya dapat mengakses berbagai hal”. Mardiansyah juga berkata bahwa banyak sekali lulusan Administrasi Publik yang menjadi abdi negara di Kementrian Agama tempat beliau bekerja. Selanjutnya, Rosy Romadiana Pasaribu juga mengungkapkan bahwa lulusan Administrasi Publik dapat menjadi ASN (Aparatur Sipil Negara) di Sekretariat Jenderal MPR RI.

Kemudian, Prakoso Bhairawa Putera memberikan pernyataannya bahwa lulusan Administrasi Publik dapat terjun ke dunia penelitian, kepenulisan, serta birokrasi. Tidak hanya itu, Muzhar Ependi selaku Koordinator Liputan Berita TVRI Sumatera Selatan juga memberikan pernyataan bahwa lulusan Administrasi Publik tidak hanya dapat terjun ke dunia pemerintahan, namun juga dapat menjadi jurnalis seperti dirinya.

Acara ditutup dengan sesi tanya jawab dan closing statement dari setiap pemateri, lalu dilanjutkan dengan kesimpulan dari Annada Nasyaya, S.I.P., M,Si selaku moderator, serta sesi dokumentasi bersama yang dipandu oleh operator. Webinar “Lulusan Administrasi Publik, Bisa Jadi Apa Ya?” dapat disaksikan Kembali pada youtube channel Laboratorium Ilmu Administrasi Publik.

Live Record:

Penulis: Naurah Athaya & Annisa Nabilah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *