Workshop Penulisan Buku Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya

Jumat, 11 Februari 2022 – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sriwijaya menyelenggarakan Workshop Penulisan Buku dengan menghadirkan pembicara yang ahli dalam bidangnya yaitu, Dr. Ruslan Ismail Mage, M.Si yang merupakan penulis buku  nasional  dan juga telah menerbitkan Buku dalam jumlah yang banyak.

Dalam workshop ini terdapat terdapat sambutan, kata sambutan disampaikan oleh Bapak Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sriwijaya Prof. Dr. Alfitri, M.Si sekaligus membuka acara Workshop.  Beliau mengucapkan Terima kasih kepada pemateri yang sudah berkenan mengisi acara workshop ini serta berharap dengan berakhirnya acara ini dapat menginspirasi Dosen Fisip Unsri untuk dapat merilis buku dalam jumlah yang banyak sebagaimana pemateri juga merilis buku yang banyak.

Setelah acara pembukaan, kegiatan workshop ini dilanjutkan dengan sesi foto bersama Narasumber, Wakil Dekan 3 Fisip Unsri Bapak Dr. Andries Lionardo, M.Si, Wakil Dekan 2 Fisip Unsri Bu Hoirun Nisyak, S.Pd., M.Pd, Wakil Dekan 1 Fisip Unsri Bapak Dr. H. Azhar, SH., M.Sc., LL.M., LL.D, Dosen, Panitia serta para Peserta. Kegiatan ini dipandu oleh MC yaitu Amelia Herlani yang merupakan mahasiswi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Setelah Sesi foto bersama berakhir, MC menyerahkan acara kepada Bu Nurul Aulia, S.IP., MA selalu moderator untuk memandu jalannya pemaparan materi oleh narasumber,  kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi antara narasumber dengan para peserta workshop.

Kegiatan Workshop ini di fokuskan untuk melatih kepenulisan para peserta. Tujuan utama dari workshop ini adalah untuk membantu mahasiswa dan dosen FISIP UNSRI meningkatkan kemampuannya dalam bidang menulis sehingga pada akhirnya dapat merilis buku. Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, diharapkan para peserta mampu memperbaiki serta meningkatkan kemampuan menulis. Narasumber tidak hanya menjelaskan mengenai alasan mengapa menulis itu penting bagi para akademisi. Tetapi narasumber juga menjelaskan bahwa menulis adalah suatu hal yang membutuhkan tingkat konsistenyang tinggi maka oleh karena itu dibutuhkan motivasi dan inspirasi yang cukup besar. Dalam hal ini, narasumber memberikan salah satu bentuk inspirasi yang pada akhirnya membuat narasumber bisa merilis bukunya yang berjudul “Sumpah Pena”.  Yang dimana buku tersebut menjelaskan bahwa sejatinya manusia  selain menjadi khalifah dan memimpin bumi sebagaimana yang disebutkan ked alam hadist, adalah tentang bagaimana bermanfaat bagi sesama. Manusia dapat dikatakan bermanfaat akibat dari proses pembelajaran yang dilakukan secara terus menerus yang dimulai dari menulis dan membaca. (Audrey).