Webinar Kesehatan Reproduksi di Era Milenial “Kenali Dirimu, Kenali Kesehatan Reproduksimu”

FISIP Universitas Sriwijaya berkolaborasi dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyelenggarakan Webinar Kesehatan Reproduksi di Era Milenial dengan tema “Kenali Dirimu, Kenali Kesehatan Reproduksimu” yang dilaksanakan secara daring pada hari kamis tanggal 10 Maret 2022, webinar ini menghadirkan narasumber Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dr. Eni Gustina, MPH dan dr. Dyana Safitri Velies, SpOG (K), M. Kes.

Dlam kesempatan tersebut Dekan FISIP Unsri Prof. Dr. Alfitri, M.Si dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa tema yang diangkat pada webinar ini sangat menarik sekali dimana kita tengah fokus pada generasi milenial, dimana generasi milenial ini jika dikaitkan dengan bonus demografi kita bahwa kita akan dihadapkan pada persainagan dunia yang menuntut generasi yang sehat, cerdas dan menyesuaikan dengan persaingan saat ini. Tema ini sangat menarik karena kesehatan reproduksi itu akan berkaitan dengan bagaimana kita mengejar mutu sumber daya kita yang tidak hanya sehat tetapi juga sumberdaya yang cerdas dan bermutu, cerdas dan bermutu ini merypakan konsekuensi bagaimana kita bisa menaikan daya saing bangsa kita di tengah persainagn dunia yang sangat ketat.

Direktur Bina Kesehatan Reproduksi BKKBN Safrina Salim, SKM, M.Kes, dalam kata sambutannya beliau menyampaikan Indonesia saat ini dihadapkan pada tantangan dan peluang bonus demografi dimana penduduk dengan usia produktif 15 – 64 tahun akan lebih besar dari usia non produktif lebih dari usia 65 tahun ke atas. Dengan proporsi lebih dari 60 % dari total jumlha penduduk di indonesia, dari hasil sesus penduduk tahun 2020, menunjukan 27.94 % dari usia produktif itu merupakan generasi muda dan generasi muda yang merupakan generasi berencana sesuai dengan slogan BKKBN berencana itu keren. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dr. Eni Gustina, MPH dengan tema peran BKKBN dalam Kesehatan Reproduksi Remaja. Dan dr. Dyana Safitri Velies, SpOG (K), M. Kes.(ict)