Webinar “Dampak Pandemi Covid-19 Bagi Aktivitas Mahasiswa Dan Pengelolaan Program Studi”

Senin (22/06/2020) Jurusan Sosiologi FISIP UNSRI menyelenggarakan webinar dengan topik “Dampak Pandemi Covid-19 Bagi Aktivitas Mahasiswa Dan Pengelolaan Program Studi”, kegiatan ini menghadirkan narasumber antara lain Dr. Viktor Amrifo, S.Pi., M.Si (Wakil Rektor I Universitas Maritim Raja Ali Haji),  Dr. Arie Sujito, M.Si (Ketua Departemen Sosiologi Universitas Gajah Mada), Dr. Tyas Retno Wulan, M.Si (Ketua Jurusan Sosiologi Universitas Jenderal Soedirman), Dr. Yunindyawati, M.Si (Ketua Jurusan Sosiologi Universitas Sriwijaya).

Topik diangkat sebagai tema kegiatan akibat dari Kemunculan wabah pandemi virus Covid-19 di dunia terutama di Indonesia pada awal tahun 2020, menimbulkan dampak multisektoral yang tidak hanya berpengaruh pada bidang kesehatan, juga berdampak pada sektor lain, seperti ekonomi, pariwisata, industri, juga termasuk bidang pendidikan.

Virus yang disinyalir menular melalui droplet cairan tubuh manusia kemudian menyerang saluran pernapasan pada manusia ini telah menyebar dengan cepat hampir ke semua negara di dunia hanya dalam waktu beberapa bulan. Hal tersebut membuat beberapa negara menerapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown dalam rangka mencegah penyebaran virus Covid-19. Indonesia sendiri memberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk menekan penyebaran virus ini. Sehingga melahirkan gerakan Work From Home dalam berbagai bidang yang meniadakan interaksi tatap muka secara langsung. Pada bidang pendidikan, kegiatan belajar mengajar dialihkan dari sekolah ke rumah masing-masing peserta didik.

Pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan kemajuan teknologi menjadi salah satu alternatif solusi dalam bidang pendidikan agar proses pembelajaran tetap dapat berlangsung walau tanpa bertatap muka secara langsung di lembaga pendidikan masing-masing. Namun alternatif solusi ini akankah menjadi jalan keluar bagi berlangsungnya proses pendidikan terutama di perguruan tinggi, mengingat tidak semua mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengakses serta menggunakan teknologi dalam pembelajaran jarak jauh.

Bagaimana hal tersebut mempengaruhi langkah yang akan diambil oleh program studi pada perguruan tinggi ditengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini? Bagaimana pula dampak pandemi Covid-19 bagi mahasiswa dan dosen yang melakukan pembelajaran jarak jauh? Serta bagaimana kondisi pendidikan di perguruan tinggi di tengah pandemi seperti sekarang seiring dengan digaungkannya Kurikulum Merdeka yang digagas oleh Menteri Pendidikan dan kebudayaan? Dalam seminar ini akan dibahas mengenai dampak pandemi Covid-19 bagi aktivitas mahasiswa dan pengelolaan program studi di perguruan tinggi. (yosi/ict)