Small Medium Enterprise Empowerment Compettion (Smeec) BEM KM FISIP Unsri Dan Pertamina Refinery Unit III Plaju

Seminar Nasional Small Medium Enterprise Empowerment Compettion (SMEEC) Sosial Entrerpreneur & Innovation For Millennials terselenggara berkat kerjasama antara BEM KM FISIP UNSRI dengan Pertamina Refinery Unit III Plaju yang di selenggarakan pada hari Kamis, 2 Desember 2021 bertempat di Lahendong Building HSE Training Center Pertamina.

Kegiatan yang diselenggarakan secara offline dan juga online menghadirkan narasumber Teuku Zacky seorang Aktor, Founder dan friend.co.id serta Dedy Sutendy merupakan Owner Kopiloka SumSel yang di moderatori oleh Annanda Nasyaya, S.IP.,M.Si.

Kegiatan Seminar Nasional SMEEC dihadiri secara langsung oleh Pak Edy Januari Utama GM PT.KPI III Plaju, Sofyan Effendi Wakil Dekan II FISIP Unsri  dan Dr. Andy Alfatih Wakil Dekan III FISIP Unsri, serta Ir.H.Amirudin, M.Si Kepala Dinas Koperasi dan UKM SumSel, Camat Plaju dan beberapa undangan lainnya.

Dalam kata sambutannya GM PT.KPI III Plaju Bapak Edy Januari Utama menyampaikan sangat berbahagia karena Pertamina Refinery Unit III Plaju dapat berkerjasama dengan BEM KM FISIP Unsri dalam kegiatan SMEEC serta menumbuhkan  jiwa entrerpreneur dikalangan kaum millennial khususnya di wilayah kerja dari Pertamina RU III Plaju, serta berharap agar kerjasama seperti ini dapat di kembangkan lagi di masa-masa yang akan datang.

Hal senada juga di sampaikan oleh Dekan FISIP Unsri Prof.Dr.Alfitri, M.Si yang diwakili oleh Wakil Dekan III FISIP Unsri Dr.Andy Alfatih,MPA bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk mewujudkan program dari Kementerian Pendidikan,Kebudayaan, Riset dan Teknologi yakni Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). keterlibatan BEM FISIP Unsri yang di motori oleh saudara Gubernur KM BEM FISIP Unsri M.Ikbal Agung Santoso berseta ketua panitia kegiatan Deri Gunadi telah mampu menyelenggaran suatu kegiatan yang melibatkan banyak stakeholder.

  • Ikbal Agung  Santoso menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan SMEEC ini memiliki tujuan antara lain :
  1. Menumbuhkan motivasi mental berwirausaha di kalangan mahasiswa.
  2. Membangun sikap mental wirausaha yakni percaya diri, sadar akan jati dirinya, bermotivasi untuk meraih suatu cita-cita, pantang menyerah, mampu bekerja keras, kreatif, memiliki kemampuan empati dan keterampilan social.
  3. Meningkatkan kecakapan dan keterampilan para mahasiswa khususnya sense of business.
  4. .Menumbuhkan wirausaha baru yang berpendidikan tinggi.
  5. Menciptakan unit bisnis baru yang berbasis ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Rangkaian kegiatan SMEEC berakhir setelah dilakukan penyerahan piala dan hadiah berserta uang pembinaan bagi  para pelaku UMKM yang menang dalam kompetisi yang di telah selenggarakan panitia mulai bulan oktober dan november 2021 (PIC).