Seminar Nasional FISIP Unsri 2022 “Kontribusi FISIP dalam Menyongsong Masyarakat Digital 5.0 Untuk Mewujudkan Visi Indonesia 2045”

Rabu (25/05/2022) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas sriwijaya menyelenggarakan Seminar Nasional FISIP Unsri 2022 secara Daring dengan tema “Kontribusi FISIP dalam Menyongsong Masyarakat Digital 5.0 Untuk Mewujudkan Visi Indonesia 2045”, Seminar Nasional ini menghadirkan narasumber Prof. Dr. rer.nat Muh Aris Marfai, M.Sc (Kepala Badan Informasi Geospasial), Prof. Dr. Bambang Priyono, MS (Guru Besar Jurusan Ilmu Administrasi Publik Universitas Brawijaya), Prof. Dr. Kiagus Muhammad Sobri, M.Si (Ketua Program Doktor Administrasi Publik Universitas Sriwijaya), Dr. Muhammad Yusra, MA (Dosen Ilmu Hubungan Internasional Universitas Andalas) dan Dr. Muhammad Sulhan, M.Si (Ketua Umum ASPIKOM dan Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada). Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 500 peserta secara daring.

Dalam kata sambutannya Prof. Dr. Alfitri, M.Si selaku Dekan FISIP Unsri menyampaikan bahwa kegiatan seminar nasional ini merupakan seminar rutin yang diselenggarakan oleh FISIP Unsri yang kali mengambil tema terkinitentang perubahan masyarakat digital yang harus dihadapi dengan berbagai strategi,kegiatan ini juga merupakan implementasi dar ikehidupan masyarakat digital dimana kegiatan ini dilaksanakan secara daring dan narasumber dan peserta berada di tempat masing-masing hal ini merupakan implementasi dari masyarakat digital, dimana interaksi dapat terjadi pada ruang kecil seperti di layar sehingga terjadi sutau interaksi dan pembicaran yang membahas suatu masalah. Namun demikian kita dihadapkan pada tantangan yang serius dimana interaksi ini harus kita lanjutkan dengan interaksi tatap muka guna menjaga bagimana nuansa sosial dan nuansa kemanusian harus tetap kita pertahankan karena dengan interaksi secara langsung ada bagian-bagian yang harus kita harus pertahankan di antaranya bagaimana kita menjaga hubungan kasih sayang, hormat menghormati dan memiliki karakter dimana kita bisa berhubungan sesama manusia, dan tantangan inilah yang akan kita coba bagaimana peran FISIP Unsri dalam menjaga agar insan manusia tetap nyaman dalam berkomunikasi baik itu komunikasi digital maupun komunikasi secar fisik. Rektor Universitas Sriwijaya Prof. Dr. anis Saggaff, MSCE. IPU. ASEAN. Eng menyampaikan bahwa pada masa depan komunikasi masyarakat akan menjadi new sistem , bangsa Indonesia merupakan bangsa yang mempunyai kebudayaan yang yang terbesar didunia dimana budaya kita yang paling bagus adalah budaya menghargai sesama manusia yang tidak kita jumpai di negara lain, untuk itu kita perlu menjaga kehidupan masyarakat kedepan harus tetap menjaga budaya bangsa kita. Beliau juga  sangat mengapresiasi kegiatan ini, dimana kegiatan ini dapat menghasilkan pemikiran – pemikiran bagaimana kehidupan sosial dengan menggunakan IT tetapi tetap mengedepankan budaya bangsa Indonesia (ict).