Perjanjian Kerjasama FISIP Universitas Sriwijaya bersama FISIP Universitas Lampung

Melalui MBKM, kita bisa menjalin kembali komunikasi dan mempererat silaturahmi dengan Universitas Lampung, hal ini disampaikan oleh Prof. Dr. Kiagus Muhammad Sobri, M.Si selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya dalam Pertemuan Perjanjian Kerjasama Universitas Sriwijaya bersama Universitas Lampung yang dilakukan secara virtual pada hari selasa tanggal 6 Juli 2021. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa Kerjasama ini meliputi pendidikan, pengajaran, penelitian, seminar dan pengabdian masyarakat.

Unsri bersiap untuk melaksanakan MBKM, dengan menyiapkan kurikulum untuk setiap jurusan, 3 Fakultas di Universitas lain sudah diajukan perjanjian kerjasama (penyusunan kurikulum) selain itu juga mengaktualisasikan melalui pertukaran mahasiswa, tenaga pengajar, dan magang bersama, Fokus: meluaskan program magang dengan memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk melakukan kuliah diluar program studi sekaligus menggabungkan mata kuliah yang mempunyai relevansi dengan kuliah di lapangan (Semester 5-6-7) sedangkan Penelitian : setiap dosen wajib mengadakan pengabdian masyarakat minimal 1 kegiatan/tahun.

Dra. Ida Nurhaida, M.Si selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung juga menyampaikan bahwa dengan adanya Surat Edaran Nomor 1 tahun 2020 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Kebijakan Merdeka Belajar dalam Penentuan Kelulusan Peserta Didik dan Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2020/2021, Universitas Lampung merumuskan kurikulum program Merdeka Belajar. Dimana lulusan tahun 2021 dapat menempuh pendidikan mata kuliah dengan bobot 20 sks di luar program studinya.

Perjanjian kerjasama dilakukan dalam bidang pengajaran, pertukaran mahasiswa, dosen dan tenaga pengajar, kegiatan penelitian, pengabdian masyarakat, kegiatan laboratorium, diharapkan dengan kegiatan ini dapat menjalin komunikasi, silaturahmi dan kerjasama (ict).