Pameran Fotografi Mahasiswa Konsentrasi Jurnalistik Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya

Selasa (17/03/2020) Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UNSRI Konsentrasi Jurnalistik Angkatan 2018 mengadakan pameran fotografi dengan tema Meaning in the Picture di Gedung B Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sriwijaya, Indralaya.  Pameran fotogafi ini merupakan agenda perdana pameran tunggal konsentrasi Jurnalistik yang merupakan kegiatan praktik mata kuliah Fotografi yang diampu oleh Ibu Farisha Sestri Musdalifah, S.Sos., M.Si. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala Jurusan Ilmu Komunikasi (Bpk. Dr. Andries Lionardo, S.IP., M.Si), Sekretaris Jurusan Ilmu Komunikasi (Bpk. Faisal Nomaini, S.Sos., M.Si), Ketua Laboratorium Ilmu Komunikasi (Bpk. Oemar Madri Bafadhal, S.I.Kom., M.Si), beserta jajaran dosen, staff, dan mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi. Kegiatan pameran yang diketuai oleh mahasiswa konsenstrasi Jurnalistik dari angkatan 2018, M. Farhan Hasyim ini dibuka pada pukul 10.00 WIB.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh dosen pengampu mata kuliah Fotografi yakni Ibu Farisha Sestri Musdalifah, S.Sos., M.Si., bahwasanya ide kegiatan pameran ini terbesit ketika beliau ditunjuk sebagai dosen pengampu mata kuliah tersebut, yang mana menurutnya mahasiswa seharusnya mampu untuk dapat langsung melaksanakan praktik fotografi sekaligus mengadakan kegiatan pameran karena jurusan Ilmu Komunikasi telah memiliki prasarana berupa gedung kuliah sendiri yang cukup memadai. Meski diadakan dalam skala kecil, namun beliau berharap bahwa kegiatan pameran ini dapat dijadikan sebagai kegiatan rutin tahunan yang kemudian harus mampu dikembangkan lagi ke depannya secara lebih optimal. Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi, Bapak Andries Lionardo, S.IP., M.Si juga berharap bahwa kegiatan ini dapat dipromosikan ke media sosial, maupun media lain yang ada di tingkat lokal maupun nasional. Beliau juga menyampaikan bahwa aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dalam diri mahasiswa Ilmu Komunikasi harus selalu diperkuat sehingga kegiatan pameran seperti yang dilakukan mahasiswa konsentrasi Jurnalistik ini dapat diselenggarakan dengan lebih baik lagi ke depannya.

Mengangkat tema Meaning in the Picture, pagelaran ini memamerkan sekitar 55 foto yang memiliki makna tersendiri dan merupakan hasil tangkapan masing-masing mahasiswa konsentrasi Jurnalistik dengan 8 tema berbeda yang telah ditentukan oleh Ibu Farisha SM, meliputi: Stratifikasi Sosial, Partisipasi Politik, Kebudayaan, Pluralisme, Sosial Lingkungan, Patriotisme, Retorika, dan Gaya Hidup. 9 foto terbaik yang dipilih oleh Ibu Farisha SM dan mahasiswa Jurnalistik sendiri dijadikan sebagai bintang utama dalam pameran ini. 9 foto terbaik tersebut merupakan foto-foto milik Anjas Dwi Putra (Pluralisme), Nurhalimah Ramadhani (Partisipasi Politik), Alfanni Rahma Novianti (Gaya Hidup), Ferdy Ariesta (Patriotisme), Negy Marsel (Kebudayaan), Adi Munandar (Gaya Hidup), Gilang Saputra (Sosial Lingkungan), Muhammad Fahmi (Sosial Lingkungan), dan Egis Sagita (Kebudayaan). Adapun 46 foto lainnya yang merupakan akumulasi dari keseluruhan karya fotografi mahasiswa Jurnalistik juga turut menjadi sorotan dalam pameran ini. Adapun beberapa peralatan laboratorium Ilmu Komunikasi yang juga dipamerkan dalam acara ini guna meningkatkan semangat mahasiswa agar terus berkarya dengan memanfaatkan berbagai fasilitas terbaru yang disediakan oleh pihak kampus.

Pameran Fotografi ini disambut dengan semarak antusias baik dari pihak dosen, staff, hingga mahasiswa Ilmu Komunikasi sendiri. Pada akhirnya, kegiatan pameran ini diharapkan akan membantu mengembangkan soft skill dan meningkatkan semangat mahasiswa Ilmu Komunikasi dalam belajar dan berkarya. ( Fitriana Inayah & Syifa Safira Wulan dari Ilmu Komunikasi, Hubungan Masyarakat 2018)