Penandatanganan MoU FISIP Universitas Sriwijaya dengan Penerbit Erlangga wilayah Sumbagsel

Palembang-Jum’at, 1 April 2022 telah dilakukan Penandatanganan MoU antara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sriwijaya dengan Penerbit Erlangga wilayah Sumbagsel. Acara Penandatanganan ini dilakukan langsung oleh Dekan FISIP Unsri, Bapak Prof. Dr. Alfitri,M.Si dengan Kepala Cabang Penerbit Erlangga wilayah Sumbagsel, Bapak Tagon Gurning.  Dalam MoU ini disepakati kerjasama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat serta dibidang lainnya sebagai implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). MoU ini merupakan langkah terobosan perguruan tinggi dan Penerbit yang strategis dalam berkonstribusi meningkatkan indeks literasi masyarakat tingkat Sumatera Selatan maupun Nasional.

Literasi menurut UNESCO merupakan kemampuan untuk mengidentifikasi, memahami, menafsirkan, membuat, mengkomunikasikan, dan menghitung, menggunakan materi cetak dan tertulis yang terkait dengan berbagai konteks. Literasi melibatkan kontinum pembelajaran dalam memungkinkan individu mencapai tujuan mereka, untuk mengembangkan pengetahuan dan potensi mereka, dan untuk berpartisipasi penuh dalam komunitas mereka dan masyarakat yang lebih luas. Saat ini Indeks Literasi masyarakat di Provinsi Sumsel mengalami Peningkatan dari sebelumnya 12,63 persen meningkat menjadi 14,57 persen tahun 2021 melampaui target nasional 13,54 dan tingkat kegemaran membaca dari 52,38 persen meningkat menjadi 55, 84 persen.

MoU ini diharapkan dapat menjadi peluang bagi dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa Fisip Unsri dalam menerbitkan dan memasarkan karya tulis berupa buku, book chapter dan sejenisnya Nantinya penandatanganan MOU dapat menghasilkan karya-karya buku dan produk cetak lainnya yg dihasilkan FISIP UNSRI, juga hadirnya Pondok  Baca Digital dan Duta Literasi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya. Inisiasi dan pelaksanaan penandatangann MoU ini dikoordinasi oleh Bapak Dr. Ir. Abdul Nadjib,M.M yang merupakan Dosen FISIP Unsri sekaligus Ketua Laboratorium Ilmu Hubungan Internasional FISIP Unsri bersama dengan dosen muda Muhammad Yusuf Abror,S.IP.,M.A. Acara ini juga dihadiri oleh Wakil dekan Bidang Akademik,  Wakil Dekan Bidang Umum, Sarana dan Prasarana serta Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni dan dosen-dosen dalam ruang lingkup FISIP Unsri (ans)