Lokakarya Pengembangan RPS Berbasis Case Method dan Team Based Project Jurusan Ilmu Administrasi Publik

Pendidikan di perguruan tinggi harus bisa membuka peluang kepada mahasiswa untuk mengembangkan kemampuannya, mengaktualisasikan dirinya, dan ini menjadi tantangan terbesar bagi para dosen. Mahasiswa harus difasilitasi agar bisa menghasilkan suatu capaian prestasi yang unggul,  jangan sampai potensi tetap menjadi potensi. Sebagai tenaga pendidik, dosen harus selalu melakukan rekonstruksi pembelajaran.

Cara untuk melatih daya analisis mahasiswa salah diantaranya dengan membiasakan mereka memecahkan studi kasus dalam pembelajaran. Mahasiswa akan dilatih mencari akar permasalahan, menjelaskan faktor “mengapa” suatu fenomena terjadi, berpikir kritis, dan berusaha mencari solusi terbaik. Mahasiswa juga akan terlatih untuk mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman dalam pemecahan masalah.

Dalam hal ini pembelajaran dilakukan dengan case method. Selain berbasis case method, pembelajaran berupa team based project juga dapat melatih mahasiswa dalam pemecahan masalah. Kreativitas mahasiswa dituntut di sini untuk keberhasilan merancang proyek yang ditentukan.

Kolaborasi dengan teman-teman sekelas nyata diperlukan dalam penyelesaian proyek. Proses pembelajaran ini memungkinkan proses inquiry yang dimulai dari melakukan observasi, memunculkan pertanyaan, membimbing mahasiswa, serta mengintegrasikan berbagai materi dalam kurikulum.

Dosen sebagai long life learner diminta untuk mempersiapkan RPS sesuai riset-riset terbaru. RPS yang dibuat pun diarahkan untuk berbasis case method dan project base. Hal ini sesuai dengan Kepmendikbud No.3/M/2021 tentang IKU PT yaitu IKU no.7 persentase MK program sarjana yang menggunakan case method dan team based project dengan bobot evaluasi 50%. Pembelajaran pun akan lebih berupa student centered.

Merespon kebutuhan pembelajaran seperti di atas, maka jurusan ilmu administrasi public fisip unsri mengadakan Lokakarya Pengembangan RPS Berbasis Case Method dan Team Based Project Acara berlangsung pada hari Kamis 17 Maret secara Daring dan Luring, dengan menghadirkan narasumber Dr.Sardianto Markos Siahaan, M.Si.,M.PD Peserta acara workshop adalah dosen dari Jurusan Adm.Publik, Mahasiswa, Alumni dan Stakeholder. Beberapa peserta melakukan presentasi RPS yang telah dibuat dan mendapatkan masukan yang baik dari narasumber.