Senin (20/07/2020) Jurusan Ilmu Hubungan Internasional FISIP Universitas Sriwijaya  bekerjasama dengan Jurusan Ilmu Hubungan Internasional FISIP Universitas Andalas menyelenggarakan webinar dengan tema “Peluang dan Tantangan Pariwisata Indonesia di Tatanan Internasional dalam Penerapan New Normal”, yang menghadirkan narasumber :

  1. Haiyyu Darman Moenir,S.IP.,M.Si (Ketua Jurusan HI-FISIP UNAND yang merupakan peneliti dalam kajian Pariwisata dan Hubungan Internasional)
  2. Ferdiansyah Rivai,S.IP.,M.A (Dosen Jurusan HI-FISIP UNSRI)

merupakan dekan FISIP Universitas Sriwijaya sekaligus tuan rumah pelaksanaan webinar ini.  Dalam kata sambutannya beliau berharap dengan kegiatan ini bisa memberi wawasan dan pengetahuan kepada mahasiswa khususnya mahasiswa Jurusan Ilmu Hubungan Internasional FISIP UNSRI bagaimana peluang dan tantangan pariwisata indonesia seiring dengan penerapan New Normal. Selain itu, beliau juga berharap acara ini mampu memberikan banyak masukan dalam kerangka pemikiran akademik yang dapat dijadikan rekomendasi bagi pemangku kebijakan. Dalam paparannya, beliau juga mengharapkan kerjasama antar institusi ini dapat berjalan secara berkelanjutan dalam berbagai macam kegiatan.

Jamilah,S.IP.,M.Si sekalu dosen Jurusan Hubungan Internasional Universitas Andalas. Pada sesi diskusi, acara ini dimoderatori oleh Bapak Abdul Halim,S.IP.,M.A yang merupakan dosen Jurusan Hubungan Internasional Universitas Sriwijaya.  Acara ini diawala denga pemaparan materi oleh masing – masing narasumber kemudian diteruskan dengan sesi tanya jawab serta diskusi antara narasumber dengan peserta seminar.

Topik yang diangkat karena  Kondisi Pandemi Covid-19 memberikan banyak dampak negatif dalam segala sektor kehidupan baik dalam konteks lokal maupun konteks internasional. Salah satu sektor yang paling terdampak dari kondisi ini adalah sektor pariwisata di Indonesia. Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, Indonesia mampu mendatangkan sekitar 10 juta wisatawan asing dari berbagai negara untuk melakukan kunjungan wisata yang berimplikasi pada penambahan devisi sebesar 280 triliun tiap tahunnya. Akibat dari pandemi covid 19,  Terjadi penurunan angka kedatangan para wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia akibat dari meingkatnya angka penderita covid 19. Penurunan angka ini kemudian berdampak pada sektor ekonomi ditingkat negara maupun masyarakat. Kondisi ini kemudian coba untuk terus diperbaiki dalam fase penerapan New Normal dengan memberikan kemudahan akses untuk masuk dan berkunjung kembali ke Indonesia. Berangkat dari gambaran awal diatas, kedua institusi yakni FISIP Unsri dan FISIP Unand mencoba untuk mengkaji fenomena ini secara bersama dalam kerangka akademik. Acara ini dihadiri oleh banyak akademisi Ilmu hubungan internasional yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia dan beberapa mahasiswa yang sedang melanjutkan studi di luar negeri. (Abdul Halim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *