Hari Kedua di Desa Burai: Mahasiswa UTP Malaysia Ajarkan 3R Kepada Siswa SD

Permasalahan sampah merupakan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia tak terkecuali di Desa Burai. Aktivitas wisata membawa dampak positif kepada perekonomian masyarakat dan meninggalkan pula beberapa dampak negatif seperti sampah.

Sebagai bagian dari rangkaian program University Social Responsibility, Universitas Teknologi Petronas berkerjasama dengan Fisip Unsri menyelenggarakan kegiatan pelatihan pembuatan kerajinan dari bahan tidak terpakai. Sebelum pelatihan, peserta diberikan terlebih dahulu pemahaman mengenai gerakan reduce, reuse, dan recycle sebagai upaya untuk mengurangi volume sampah. Pelatihan pembuatan kerajinan dari bahan tidak terpakai merupakan salah satu bentuk aktivitas recycle yang diajarkan kepada siswa SDN 2 Tanjung Batu Desa Burai. Siswa kelas 4, 5, dan 6 berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Peserta pelatihan diajak bersama-sama membuat beberapa mainan dan hiasan dari botol plastik. Peserta terlihat sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Karya-karya terbaik dari siswa mendapatkan hadiah. Pelatihan diselenggarakan dari pukul 9.30-13.00 pada 4 September 2019. Setelah pelatihan, Mahasiswa UTP dan mahasiswa Fisip Unsri membuat taman mini yang juga sebagian dari bahan bekas seperti ban dan kayu. Pembuatan taman akan dilanjutkan pada 5 September 2019 sebelum acara penutupan.