FISIP UNSRI MENUJU KALOBORASI INTERNASIONAL MELALUI KUNJUNGAN INDUSTRI

Menyongsong program Internasionalisasi Universitas Sriwijaya, lawatan mahasiwa Universiti Teknologi Petronas (UTP) selama dua pekan dari tanggal 24 Agustus – 6 September 2019 di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan tema “Forging a Cleansed Environment”. Senin 2 September 2019 melakukan kunjungan industri ke PT. Sinar Sosro di Banyuasin. Kunjungan tersebut diikuti oleh 19 mahasiswa UTP, 10 orang mahasiswa FISIP Unsri dan 2 orang mahasiswa FISIP Universitas Udayana Bali yang juga tercatat sebagai mahasiswa yang mengikuti program pertukaran mahasiwa dari Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi.

Dosen yang mendampingi kegiatan tersebut dari FISIP Unsri yaitu Krisna Murti Jurusan Komunikasi, Muhammad Yusuf Abror Hubungan Internasional dan Abdul Kholek dari Sosiologi. Sedangkan dari UTP diwakili oleh Mohd Adlan bin Zulkafeli.

Kegiatan tersebut disambut dan didampingi langsung oleh Maman Iskandar sebagai Factory Manager PT. Sinar Sosro Pabrik Palembang. Rangkaian kegiatan dimulai pukul 13.00 – 16.00 Wib dibuka langsung oleh pihak perusahaan dengan menyampaiakn profil singkat perkembangan dan eksistensi perusahaan yang mampu bersaing secara global hingga kini telah memasarkan produk teh ke berbagai negara di Asean, Asia, Asia Pasific, Timur Tengah, Africa dan Amerika.

Setelah penyampaian profil perusahaan peserta dibawa keliling pabrik untuk melihat secara langsung proses pembuatan teh botol sosro dengan pengunaan teknologi canggih yang akan dipasarkan di wilayah sumatera bagian selatan.  Produksi teh botol sosro Pabrik Palembang dalam satu jam mampu memproduksi 40 ribu botol, dengan lama produksi satu hari selama 8-9 jam.

Diakhir kunjungan ada sesi tanya jawab antara peserta dengan pihak manajemen perusahaan. Salah seorang perwakilan peserta menyampaikan pertanyaan  “mengenai komitmen perusahaan dalam mengurangi sampah plastik, karena industri makanan dan minuman dalam kemasan dianggap sebagai salah satu penyumbang sampah di Indonesia”.

Statmen tersebut dijawab oleh bapak Maman, “bahwa pihak perusahaan dari awal sudah berkomitmen terhadap keberlanjutan lingkungan. Bahkan menurutnya PT. Sinar Sosro sebagai salah satu perusahaan pertama di dunia yang mengenalkan produk teh dalam botol atau dikenal dengan teh botol. Penggunaan botol yang dapat digunakan kembali hingga lebih dari 8 tahun sebagai salah satu bentuk komitmen untuk mengurangi sampah plastik. Dan selama ini pihak perusahaan sudah memenuhi standar perundang-undangan dalam pengelolaan lingkungan dalam menjalankan bisnis perusahaan”. Di penghujung kegiatan pihak UTP yang diwakili Mohd Adlan bin Zulkafeli menyampaikan terima kasih dan memberikan cenderamata kepada pihak perusahaan karena sudah disambut dengan sangat baik dan antusias, begitupun kepada pihak Universitas Sriwijaya dalam hal ini FISIP Unsri yang telah memfasilitasi suksesnya kunjungan industri tersebut. (KAY)