Dosen Ilmu Hubungan Internasional FISIP UNSRI Gelar Rapat Menyambut Semester Ganjil 2022/2023

Selasa, 7 Juni 2022 – Segenap pimpinan, dosen, serta tenaga kependidikan Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sriwijaya menghadiri rapat program studi pada hari Selasa, 7 Juni 2022 di Ruang Doktor I FISIP Kampus Palembang. Rapat program studi pada kali ini membahas 3 (tiga) agenda, yakni Evaluasi Semester Genap 2021/2022, Persiapan Jadwal Perkuliahan Semester Ganjil 2022/2023, dan pelaporan hasil pertemuan terkini terkait kegiatan di Laboratorium Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya.

Rapat ini turut dihadiri dan sekaligus dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Prof. Dr. Alfitri, M.Si. Dalam sambutannya, Dekan FISIP Unsri menyampaikan beberapa poin terkait himbauan bagi dosen-dosen di lingkungan program studi Ilmu Hubungan Internasional untuk meningkatkan kuantitas publikasi hasil riset di wadah skala nasional dan internasional. Selain itu, Dekan FISIP juga mendorong tercapainya peningkatan akreditasi Program Studi serta peluang untuk memperoleh akreditasi internasional.

Rapat kemudian dilanjutkan dengan dipimpin oleh Ketua Program Studi Sarjana Ilmu Hubungan Internasional FISIP Unsri, Bapak Sofyan Effendi S.IP., M.Si. Dalam kegiatan inti pada rapat program studi kali ini, yang menjadi topik pembahasan pertama adalah evaluasi akhir studi pada semester genap 2021/2022. Selanjutnya agenda rapat dilanjutkan dengan pembahasan mengenai pengajuan matakuliah yang dapat dimasukkan dalam program Semester Pendek dalam rangka membantu percepatan studi mahasiswa.

Agenda rapat selanjutnya membahas persiapan untuk menyambut perkuliahan semester ganjil 2022/2023, yang terdiri dari pembahasan mengenai jadwal dan beban mengajar yang diberikan kepada segenap dosen di lingkungan prodi HI. Pembahasan pada agenda ini berlangsung dengan baik dan menghasilkan kesepakatan terkait jadwal mengajar untuk tiap-tiap dosen di lingkungan prodi HI.

Selain agenda-agenda di atas, rapat ini juga turut membahas mengenai beberapa poin tambahan, seperti pembahasan mengenai mahasiswa-mahasiswa prodi HI yang potensial untuk mengikuti program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) untuk belajar di berbagai kampus ternama di luar negeri. Pembahasan kali ini diinisiasi oleh Wakil Dekan I FISIP Unsri, Bapak Dr. H. Azhar, SH., M.Sc., LL.M., LL.D. Wakil Dekan I juga mengimbau dosen-dosen di lingkungan prodi HI untuk memacu mahasiswanya untuk lebih proaktif dalam mengikuti program-program bermanfaat di luar negeri seperti IISMA untuk menambah pengalaman sekaligus berkontribusi juga pada pengembangan prodi. Wakil Dekan I menyampaikan bahwa dari sekian mahasiswa yang potensial untuk mengikuti program IISMA, sebagian besar berasal dari FISIP Unsri, yang juga didominasi oleh prodi HI. Hal ini membuktikan bahwa mahasiswa prodi HI telah teruji kualitasnya untuk berkompetisi di skala nasional maupun global.             Agenda lain yang tidak kalah penting juga disampaikan oleh Kepala Laboratorium Ilmu Hubungan Internasional FISIP Unsri, Dr. Ir. H. Abdul Nadjib, MM, mengenai beberapa informasi terkini mengenai program-program Laboratorium HI FISIP Unsri, di antaranya pelantikan mahasiswa-mahasiswa terpilih sebagai Asisten Laboratorium yang baru, serta program-program baru seperti inisiasi newsletter berbahasa Inggris dan podcast yang akan diluncurkan oleh Laboratorium HI FISIP Unsri. Di sela-sela rapat, pimpinan program studi juga memperkenalkan dosen baru sebagai tenaga pengajar di lingkungan prodi HI UNSRI yang terpilih melalui tahapan seleksi CPNS tahun 2021, yakni Ramdan Lamato, S.Pd., M.Si. Dengan bergabungnya dosen baru, pimpinan program studi berharap untuk dapat langsung ikut serta dalam rangkaian kegiatan akademik pada prodi HI FISIP Unsri pada semester mendatang.