Acara Puncak Dies Natalis Jurusan Sosiologi Fisip Unsri

Jum’at (25/09/2020) Jurusan Sosiologi menyelenggarakan acara Puncak Dies Natalis Jurusan Sosiologi Fisip Unsri yang ke 22, dengan agenda reuni akbar online dan pembentukan IKA Sosiologi.

Dalam kata sambutannya Dr. Yunindyawati, S.Sos., M.Si selaku ketua jurusan Sosiologi Fisip Unsri menyampaikan bahwa jurusan sosiologi telah merencanakan acara dies natalis dari tahun lalu, dimulai dengan kegiatan festival sosiologi dimana didalam festival ini terdiri dari kegiatan  lomba essai nasional, kuliah umum online dari dalam dan luar negeri, seminar nasional, pameran sosial budaya dan sebagainya, dikarenakan pandemi covid 19 maka seluruh acara tersebut dilakukan penyesuaian dengan kondisi terkini.

Dalam kata sambutannya Prof. Dr. Kgs. Muhammad Sobri, M.Si selaku Dekan Fisip Unsri menyampaikan bahwa dunia saat ini memasuki abad migrasi dan globalisasi dan akan terus meningkat secara luas dan luar biasa pada tahun – tahun yang akan datang. Dalam kaitan ini globalisasi ditandai oleh semakin masif dan aneka ragamnya mobilitas diatas muka bumi seperti manusia, objek, kapital, informasi, imajinasi hingga aneka ragam lainnya. Kita mengamati terdapat ketergantungan yang sangat komplek terhadap aspek-aspek tersebut yang menyebabkan segala konsekuensi sosialnya, implementasi serius dan kecenderungan ini terhadap keberadaan sosiologi sebagai suatu disiplin yang selama beberapa abad malang melintang, dalam hubungan inilah peran prodi sosiologi dapat menjawab dengan tugas pendidikan, tridarma memperkaya dan memperluas khasanah baik sosial maupun politik. Selain itu beliau menyampaikan selamat dan sukses kepada jurusan sosiologi Fisip Unsri yang telah melaksanakan dan berhasil menjalankan tugas – tugasnya selama 22 tahun berkiprah dan memberikan kontribusi yang sangat besar baik lembaga universitas sriwijaya, Fisip Unsri da masyarakat baik regional maupun internasional serta stakeholder lainnya. Selain itu beliau juga mengucapkan terima kasih kepada para pendiri jurusan sosiologi, mantan – mantan ketua jurusan dan terutama kepada ketua jurusan yang sekarang.

Kegiatan ini mengundang Prof. Dr. Sunyoto Usman dari Universitas Gadjah Mada untuk menyampaikan pidato Dies Natalis dengan tema tema Tinjauan sosiologi ekonomi jejaring (network)  dan Digital.  Beliau menyampaikan dalam perkembangan dunia digital ada 4 hal yang disampaikan terkait hal tersebut :

  1. Perkembamgan ict dan culture of real virtuality,
  2. Pola network economy,
  3. Relasi-relasi antara suppliers, management and customers,
  4. Perkembangan dan tantangan network economy,
  5. Precariat (ict).

https://www.youtube.com/watch?v=8uwVCVhgJ8o&ab_channel=SosiologiFisipUnsri