Workshop Penyusunan RPS Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsri

Kamis, 2 Desember 2021 – Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sriwijaya menyelenggarakan Workshop tentang penyusunan RPS (Rencana Pembelajaran Semester) dengan topik utama “lokakarya rencana pembelajaran semester jurusan ilmu komunikasi”, dengan menghadirkan pembicara yang ahli dalam bidangnya, Prof. Dr. Isna Wijayani, M.Si.,Ph.D Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Bina Darma dan Bevo Wahono, Ph.D Dosen Universitas Jember, Alumni Doctoral Institute of Science Education National Taiwan University.

Dalam Workshop ini, Dr. Andries Lionardo. M.Si. Selaku Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik memberikan kata sambutan dan sekaligus langsung membuka acara, Beliau mengatakan merupuskan RPS yang baik karena RPS merupakan hal yg menjadi batang dari bahan perkuliahan karena RPS dapat membantu keefektifan jalannya perkuliahan. Jika RPS tersusun rapih dan baik maka perkuliahan dapat berjalan dengan baik.

Sambutan pembukaan selanjutnya di lanjutkan oleh , Faisal Nomaini, S.Sos.,M.Si. Selaku Sekretaris Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sriwijaya memberikan sambutan. Beliau menyebutkan jika RPS saat ini (kampus merdeka)sedang di meja rektor untuk di SK kan dan insyallah akan berlaku untuk mahasiswa pada tahun 2022.

Usai pembukaan, Kegiatan Workshop ini diawali dengan sesi foto bersama Narasumber, Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan, Dosen, Tamu undangan serta para Peserta. Kegiatan ini dipandu oleh Krisna Murti. S.I.Kom.,MA. Selaku Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sriwijaya sebagai  Moderator. Dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh kedua narasumber, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi antara narasumber dengan para peserta workshop.

Kegiatan workshop kali ini mengangkat topik tentang “lokakarya rencana pembelajaran semester jurusan ilmu komunikasi”. Tujuan utama dari workshop ini adalah ini untuk mempelajari tentang kurikulum berbasis outcome-based education (OBE). Dengan adanya workshop ini diharapkan para peserta mampu merumuskan kurikulum prodi berbasis outcome-based education (OBE), mampu mendeskripsikan poin-poin yang harus ada pada sebuah rencana pembelajaran semester (RPS) serta mampu menyusun RPS berbasis OBE.

Narasumber menjelaskan mengenai panduan penyusunan kurikulum pendidikan tinggi, lalu menjelaskan standar-standar dalam pengembangan kurikulum, hirarki capaian pembelajaran dan kurikulum, penyusunan capaian pembelajaran, capaian pembelajaran lulusan prodi, penilaian capaian pembelajaran lulusan pada mk serta menjelaskan tentang Rencana Pembelajaran Semester.

Kegiatan ini dilakukan tanpa dipungut biaya, dan kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan sertifikat kepada narasumber sekaligus dokumentasi (pic).