Workshop Metodologi Penelitian Ilmu Hubungan Internasional

Selasa 3 Desember 2019 Pkl. 13.30 Wib Program Studi Ilmu Hubungan Internasional menyelenggarakan Workshop Metodologi Penelitian Ilmu Hubungan Internasional, dengan narasumber Prof. Dr. Mohtar Mas’oed (guru Besar Ilmu Hubungan Internasional Universitas Gadjah Mada).

Acara ini dibuka oleh Wakil Dekan III Dr. Andy Alfatih, MPA, beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas kedatangan Prof. Dr. Mohtar Mas’oed yang telah menyempatkan hadir untuk membagi ilmu dan harapan beliau agar mahasiswa khususnya mahasiswa Program Studi Ilmu Hubungan Internasional mendapatakan pengetahuan dan wawasan dari narasumber yang diundang.

Dalam kesempatan ini Prof. Mohtar Mas’oed menyampaikan Hubungan Internasional sama dengan fenomena alamiah. naturalisme/positivisme :

  1. Dalam dunia nyata ada “regularity”/pola (hukum alam) yang independen dari si pengamat.
  2. Pola itu bisa dialami melalui pengamatan empirik sistematik dan dideskripsikan secara obyektif.
  3. Pernyataan hasil observasi atau pengalaman (berdasar regularitas itu) bisa diuji empirik berdasar prinsip falsification dan correspondence theory of truth (teori didukung kalau sesuai dengan bukti empirik).
  4. Pernyataan bermuatan-nilai dan penyataan faktual bisa dibedakan (fakta bisa dibedakan dari teori).
  5. Kegiatan saintifik harus diarahkan untuk membangun “law-like generalization” (nomothetic), mengutamakan “yang general,” bukan ”yang particular” (idiographic).
  6. Pengetahuan mengenai manusia bersifat tunggal dan kumulatif. /ict
X