Public Lecture “Communication and E-Learning in the Era of 4.0 Industrial Revolution” Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Unsri

Kamis, 7 November 2019 pukul 09.30-12.00 WIB telah dilaksanakan Kuliah Umum oleh Ebrahim Panah, B.A., M.A., Ph.D. yang merupakan Senior Lecture di UCYP Malaysia. Kuliah umum diselenggarakan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sriwijaya (UNSRI) di aula lantai 4 FISIP UNSRI Kampus Palembang dengan mengusung tema Communication and E-Learning in the Era 4.0 Industrial Revolution”.

Kuliah umum dibuka secara resmi oleh Kepala Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UNSRI, Dr. Andries Lionardo, S.IP., M.Si yang juga dihadiri oleh dosen beserta mahasiswa/i Ilmu Komunikasi Universitas Sriwijaya. Acara diawali dengan perkenalan biodata diri Bapak Ebrahim Panah, B.A., M.A., Ph.D. yang disampaikan oleh Ibu Erlisa Saraswaty S.Kpm., M.Sc sebagai moderator.

Dalam materinya, Ebrahim membahas 4 poin penting yaitu pertama mengenai revolusi industri 4.0. Kedua, sejarah komunikasi dan kegunaanya. Ketiga, kemampuan komunikasi dan pembelajaran e-learning. Dan keempat mengenai penggunaan google untuk menunjang kemapuan komunikasi.

Ebrahim menyampaikan bahwa dalam seluruh sektor industri yang sedang hangat saat ini adalah revolusi industri 4.0. Sebagai contoh, dalam waktu dekat ini kita akan berhadapan dengan 5G wireless network era. Kecepatan dari 5G adalah 280 kali lebih cepat dari LTE. Dan beberapa negara revolusi industri dimaknai sebagai transformasi digital.

Selanjutnya, Ebrahim menjelaskan secara detail mengenai komunikasi, mulai dari pengertian, sejarah, metode serta urgensi komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Ia menganalogikan betapa pentingnya komunikasi melalui sebuah kutipan dari ilmuan terkemuka Isaac Newton yaitu : “If I have been able to see father than others, it was because I stood on yhe shoulders of giants”. Ini membuktikan bahwa memang kemampuan komunikasi sangat penting terlebih untuk masa depan.

Kemudian, Ebrahim juga memberikan pengetahuan mengenai e-learning. Hal ini sangat berkaitan dengan revolusi industri 4.0 karena melaui revolusi industri 4.0 sangat mendukung adanya e-learning salah satunya melalui teknologi. Ebrahim juga menambahkan bahwa ada tiga elemen untuk mencapai komunikasi yang efektif dalam pembelajaran e-learning yaitu penyampaian yang jelas, keberhasilan dalam menerima pesan, dan kesepahaman.

Dan terakhir, Ebrahim menyarankan beberapa inovasi dalam perkembangan pendidikan melalui pemanfaatan google dalam menunjang kelancaran komunikasi yaitu google classroom, google calender, google form, google meet, google hangout, dan google sites. Ebrahim menutup kuliah umum dengan sebuah kutipan yang menyatakan bahwa komunikasi diibaratkan seperti oksigen untuk hidup dan tanpa komunikasi kita mati.

Acara diakhiri dengan pemberian plakat kepada Bapak Ebrahim Panah, B.A., M.A., Ph.D. sebagai Pembicara pada Kuliah Umum yang diberikan langsung oleh Bapak Dr. Andries Lionardo, S.IP., M.Si selaku Kepala Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UNSRI dan dilanjutkan dengan foto bersama pembicara, kepala jurusan, dosen serta seluruh mahasiswa/i Ilmu Komunikasi FISIP UNSRI yang hadir dalam Kuliah Umum ini.

X