Proffesional Conference (Musyawarah Besar) pada 5 Desember 2020

Indralaya, (05/12). Badan Otonom (BO) COGITO Fisip Unsri berhasil menyelenggarakan kegiatan Proffesional Conference (Musyawarah Besar) pada 5 Desember 2020. Kegiatan ini merupakan agenda terakhir di periode kepengurusan 2019/2020. Proffesional Conference yang diselenggarakan BO COGITO ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan dengan tujuan memilih Direktur Utama yang akan memimpin organisasi ilmiah ini untuk satu tahun ke depan.

Kegiatan diselenggarakan melalui kombinasi Online/ Offline dengan dukungan aplikasi Zoom Meeting. Hal tersebut dikarenakan kondisi pandemi yang belum memungkinkan untuk bertatap muka sehingga kegiatan yang dilaksanakan tahun ini sangat berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Kegiatan Proffesional Conference BO COGITO diselenggarakan dengan mematuhi protokol kesehatan dan izin yang resmi dari pihak fakultas. Peserta yang menghadiri secara langsung berjumlah 25 orang yang diwajibkan memakai masker dan sosial distancing sementara peserta online berjumlah sekitar 40 orang. Peserta offline dicek suhu tubuhnya menggunakan thermal scanner dan disediakan handsanitizer sebelum memasuki ruangan. “Tahun ini sangat berbeda, peserta offline kita batasi sekitar 25 orang dan semuanya wajib prokes, sebagai BO Keilmiahan terbaik Universitas Sriwijaya, kita juga harus mencontohkan yang terbaik” ungkap Dwi Krisdianto selaku Direktur Utama BO COGITO.

Kegiatan dibuka secara langsung melalui partisipasi daring oleh Wakil Dekan 3 Fisip Unsri, Bapak Dr. Andy Alfatih, MPA. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan selamat dan terimakasih atas peran serta BO COGITO dalam satu tahun terakhir. “Kondisi pandemi sebenarnya membuat saya khawatir dengan prestasi mahasiswa di Fisip, namun Alhamdulillah saat menghadiri rapat bersama pimpinan Universitas dan kemahasiswaan saya sangat bangga karena jumlah prestasi mahasiswa Fisip mampu bersaing bahkan dapat mengungguli beberapa Fakultas lain, beberapa diantara nama-nama yang berprestasi itu rata-rata anggota COGITO baik untuk tingkat regional, nasional bahkan hingga tingkat Internasional” pungkasnya. Di akhir sambutan beliau berharap semoga dengan terpilihnya Direktur Utama yang baru nantinya dapat membawa COGITO agar terus berperan aktif dan mendukung peningkatan prestasi mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Menjelang akhir kegiatan, Proffesional Conference juga menghadirkan agenda laporan pertanggungjawaban Badan Pengurus Harian (BPH). Agenda ini melaporkan raihan dan kendala yang dihadapi BO COGITO dalam satu tahun kepengurusan. Untuk tahun ini COGITO berhasil meraih anugerah BO Keilmiahan Terbaik di Universitas Sriwijaya dan Most Participative Organisation Versi MITI KM Sumbagsel. Sementara, Untuk agenda unggulan BO COGITO berhasil menyelenggarakan agenda Nasional dan Internasional serta bakti sosial yang salah satunya adalah membantu pendirian taman baca masyarakat Desa Danau Gerak, Kabupaten Muara Enim.

Rangkaian kegiatan Profesional Conference berjalan lancar walau terdapat sedikit kendala teknis dan jaringan namun dapat diatasi oleh panitia yang dikomandoi oleh Indi Gustiawan selaku Ketua Pelaksana. Untuk Direktur Utama terpilih yang akan memimpin BO COGITO satu tahun ke depan adalah saudara Lendra Agustira dari jurusan Sosiologi 2018. Semoga dapat membawa BO COGITO semakin berprestasi dan mengharumkan nama Indonesia.