Pelatihan Public Speaking Laboratorium Ilmu Hubungan Internasional Universitas Sriwijaya X Irssa Unsri

Rabu, 8 Desember 2021 – Laboratorium  Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sriwijaya berkolaborasi dengan IRSSA UNSRI menyelenggarakan Pelatihan Public Speaking  dengan menghadirkan pembicara yang ahli dalam bidangnya yaitu, Andriko Okta Pratama., ST.,C.Ht merupakan public speaker bersertifikat serta CEO Public Speaking College Palembang.

Dalam pelatihan ini terdapat sambutan-sambutan, adapun sambutan yang pertama dari Bapak DR. IR. H. Abdul Najib, M. M sebagai Ketua Laboratorium HI UNSRI memberikan kata sambutan sekaligus memberikan ucapan kepada para panitia yang sudah menyusun acara pelatihan ini dengan baik serta beliau juga mengucapkan Terima kasih kepada pemateri yang sudah berkenan mengisi acara pelatihan ini dan tentunya pelatihan public speaking ini akan bermanfaat untuk mahasiswa FISIP UNSRI.

Selain itu,  H. Azhar, SH., M. SC., LLM., LL.D selalu Ketua Jurusan Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Sriwijaya memberikan sambutan yang ke dua sekaligus membuka acara pelatihan. Beliau mengatakan bahwa public speaking merupakan hal yang wajib harus dikuasai oleh mahasiswa, dengan demikian pelatihan public speaking seperti ini sangatlah dibutuhkan.

Setelah acara pembukaan, kegiatan pelatihan ini dilanjutkan dengan pemberian sertifikat oleh panitia untuk pemateri sebagai penghargaan tertinggi kepada pemateri pelatihan public speaking. Selanjutnya, dilaksanakan juga sesi foto bersama Narasumber, Ketua Jurusan dan Ketua Laboratorium Ilmu Hubungan Internasional FISIP UNSRI, Dosen, Tamu undangan, Panitia serta para Peserta. Kegiatan ini dipandu oleh MC yaitu Amelia Herlani yang merupakan mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Setelah kegiatan tersebut, MC menyerahkan acara kepada Bapak Abdul Halim, S.IP.,MA selalu moderator untuk memandu jalannya pemaparan materi oleh  narasumber,  kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi antara narasumber dengan para peserta pelatihan.

Kegiatan pelatihan kali ini di fokuskan untuk melatih public speaking para peserta. Tujuan utama dari workshop ini adalah ini untuk membantu mahasiswa FISIP UNSRI meningkatkan kemampuannya dalam bidang public speaking. Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, diharapkan para peserta mampu memperbaiki serta meningkatkan kemampuan public speaking mereka.

Narasumber tidak hanya menjelaskan mengenai alasan mengapa public speaking itu penting serta apa saja hal yang harus diperhatikan saat melakukan public speaking, tetapi narasumber juga memberikan teknik untuk dapat menghilangkan perasaan dan juga pikiran menakutkan untuk melakukan public speaking.

Pelatihan ini diadakan tanpa memungut biaya atau gratis. Namun, meskipun gratis para peserta diberikan manfaat yang luar biasa dari pelatihan ini berupa Ilmu yang bermanfaat, relasi baru,dokumentasi kegiatan dan juga sertifikat elektronik dari panitia (halim).