Pelatihan Dasar Jurnalistik TV Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Unsri

Selasa (22/10), Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sriwijaya (Unsri) mengadakan Pelatihan Dasar Jurnalistik TV yang dilaksanakan di Gedung B FISIP Unsri Indralaya. Materi utama dari Pelatihan Dasar Jurnalistik TV ini disampaikan langsung oleh Purwantoro selaku Produser Kompas TV Palembang. Acara tersebut merupakan salah satu dari rangkaian acara Caution (Communication and Education) dan dibuka langsung oleh Omar Madri Bafadhal, S.I.Kom., M.Si. dan dihadiri pula oleh Dosen serta Mahasiswa/i Ilmu Komunikasi FISIP Unsri. Sebanyak 30 mahasiswa/i tercatat sebagai peserta dalam acara pelatihan tersebut.

Menurut Purwantoro, produk jurnalistik dan produk humas sekilas memiliki persamaan. Namun jika ditelisik lebih dalam, maka terdapat perbedaan. Produk jusnalistik mencakup audiens yang lebih luas dan diciptakan demi kepentingan publik. Selain itu, dalam jusnalistik baik di media cetak dan televisi , terdapat editor. Editor memiliki peran penting dalam penyaringan konten yang akan disebarluaskan ke publik, baik dari segi gambar, teks dan tata bahasa.

“Dalam jurnalistik TV, ada keunikan pada bahasa TV yaitu bahasa yang mudah dipahami oleh audiens karena majemuknya karakter audiens dari media televisi.” Jelas Purwantoro.

Dalam materinya, Purwantoro menyampaikan bahwa terdapat beberapa karakteristik Jurnalistik Televisi diantaranya bersifat audio visual, mengutamakan gambar, melibatkan banyak orang, penyaji berita, gaya bahasa TV, proses produksi rumit dan sekilas. Selain itu dijelaskan juga teknis penulisan berita yaitu angka, singkatan dan akronim, tanda baca, serta atribusi dan nama.

Fito Fransdana sebagai salah satu peserta Pelatihan Dasar Jurnalistik TV ini menyatakan bahwa materi dalam pelatihan tersebut sangat bagus dan menambah wawasan pengetahuan dalam bidang jurnalisitik televisi. “Saya banyak mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang baru melalui pelatihan jurnalistik TV ini”, tuturnya.

X