Pelatihan Dasar Jurnalistik Radio Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Unsri

Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sriwijaya (Unsri) telah mengadakan Pelatihan Dasar Jurnalistik Radio yang dilaksanakan di Laboraturium  Radio Gedung B FISIP Unsri Indralaya. Materi dari pelatihan  ini disampaikan langsung oleh Jeane Fitria  selaku Jurnalis Radio Elshinta  Palembang. Acara tersebut dibuka  langsung oleh Oemar Madri Bafadhal S.I.Kom., M.Si dan dihadiri oleh Dosen serta Mahasiswa/i Ilmu Komunikasi FISIP Unsri. Sebanyak 30 mahasiswa/i tercatat sebagai peserta dalam Pelatihan Jurnalistik Radio tersebut.

Menurut Jeane, radio memiliki banyak  kelebihan yakni langsung menjangkau pendengar, menghantarkan berita  dan  informasi dengan cepat, bisa dinikmati  sambil beraktivitas, hangat dan dekat, sederhana dan murah, memberi manfaat bagi pendengar, serta menciptakan gambar dalam ruang  imajinasi pendengar. Sementara kelemahan radio diantaranya informasi selintas lalu, ruang  yang  relatif  terbatas, kurang detail, dan siarannya tidak bisa disimpan.

“Jika radio hanya berjalan sendiri tanpa mengikuti perkembangan zaman, maka akan radio tersebut akan  hilang  dengan sendirinya,” tutur  Jeane. “Penyiar radio harus sering membaca baik buku, koran, berita, ataupun media online.” Jane Claudia  sebagai salah satu peserta Pelatihan Jurnalistik Radio menyatakan bahwa acara pelatihan tersebut sudah bagus. Tidak terlalu banyak teori. Teorinya cuman sekilas,  dan  yang terpenting kan praktiknya. Jadi  pelatihan  ini lebih  banyak membantu daripada cuman masuk-masuk dikelas.” jelasnya

X