Laboratoium Ilmu Hubungan Internasional

Visi :

Menjadi laboratorium unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan di bidang ilmu hubungan internasional

Misi :

  1. Mendukung kegiatan pembelajaran di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan Prodi Ilmu Hubungan Internasional pada khususnya.
  2. Mengembangkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa di bidang Ilmu Hubungan Internasional

Tujuan Laboratorium Ilmu Hubungan Internasional :

  1. Menumbuh kembangkan sikap kritis di kalangan mahasiswa dengan berbagai diskusi (kajian analisis) tentang berbagai masalah Internasional serta memfasilitasi kegiatan praktikum mata kuliah.
  2. Memberikan bekal keterampilan kepada mahasiswa di bidang Ilmu Hubungan Internasional dalam penguasaan softskill melalui berbagai pelatihan/kursus singkat seperti Diplomatic Course, Table Manner, training kepenulisan/ jurnalistik, public relation, dan kegiatan-kegiatan penelitian serta penerbitan buletin/ artikel yang membahas masalah- masalah hubungan Internasional.
  3. Menjalin  kerjasama  dengan  berbagai  instansi  terkait  dalam  rangka menciptakan suatu iklim belajar mengajar yang kondusif sehingga menghasilkan lulusan dalam  bidang Hubungan Internasional yang unggul dan berdaya saing.

Fungsi Laboratorium Ilmu Hubungan Internasional :

Laboratorium   jurusan   Ilmu   Hubungan   Internasional   FISIP   UNSRI mempunyai beberapa fungsi berikut:

  1. Sebagai  sarana  praktikum  untuk  beberapa  mata  kuliah  seperti diplomasi, negosiasi, politik luar negeri Indonesia, Organisasi dan Administrasi Internasional, Studi perdamaian, dll
  2. Sebagai pusat sumber rujukan tentang masalah-masalah Hubungan Internasional, berupa literatur, bank data, artikel dan jurnal nasional/ Internasional, internet, dan berbagai informasi lain seperti ceramah, film dokumenter, hasil wawancara, dll.
  3. Sebagai sarana meningkatkan atmosfer akademik di jurusan Ilmu Hubungan Internasional dalam bentuk diskusi yang melibatkan dosen, mahasiswa dan pakar untuk membahas berbagai isu dan kajian Internasional yang selain menggunakan bahasa Indonesia, juga bahasa asing diutamakan Bahasa Inggris dan tambahan lainnya seperti Mandarin, Arab, dll.
  4. Sebagai  pusat  kursus  singkat  seperti  Diplomatic  Course,  Table Manner, training kepenulisan/ jurnalistik, public relation, dan kegiatan-kegiatan penelitian serta penerbitan buletin/ artikel yang membahas masalah-masalah Internasional 5.         Sebagai media jurusan untuk menjalin kerjasama dengan lembaga- lembaga pemerintah dan non-pemerintah (LSM) dalam berbagai kegiatan seperti penelitian, pengembangan sumber daya jurusan, dll

ROADMAP LABORATORIUM PRODI ILMU HUBUNGAN INTERNASIONAL :

 

Ketua Laboratorim Jurusan Ilmu Hubungan Internasional :::…

Sari Mutiara Aisyah, S.Ip., M.A

Link Terkait :::…


PROGRAM LABORATORIUM :

  1. Pelatihan International Relations Short Diplomatic Course (1 Tahun sekali)
  2. Pelatihan Debat Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (2 Minggu Sekali)
  3. Diskusi Publik Minimal (1 Semester Sekali)
  4. Pelatihan Public Speaking dan Protokoler Minimal (1 Semester Sekali) 5. Research and Academic Writing (1 Tahun sekali)

STRUKTUR ORGANISASI LABORATORIUM PRODI ILMU HUBUNGAN INTERNASIONAL


Kegiatan Laboratorium Ilmu Hibungan Internasional :

 

X