Kuliah Umum Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Unsri “Eksistensi Radio di era 4.0”

Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Srwiijaya  (Unsri) mengadakan Kuliah Umum dengan mengusung tema Program dan Ragam Lembaga Radio yang disampaikan Eddy Koko selaku Praktisi Media di aula lantai 4 FISIP Unsri Kampus Palembang, Senin (21/10).

Acara ini dihadiri langsung oleh Sekretaris Jurusan Ilmu Komunikasi Faisal Nomaini S.Sos M.Si, dosen, beserta mahasiswa/I Ilmu Komunikasi FISIP Unsri. Acara dimoderatori oleh Febri Marani Malinda, S.Sos, M.Si

Berbicara soal radio, maka hal ini sangat menarik untuk dibahas lebih lanjut mengenai radio, seusai dengan apa yang disampaikan oleh Eddy Koko bahwasanya jika berbicara radio maka hal pertama yang dibahas adalah kekuatan radio itu pada suara, penyiar dan apa yang disampaikan.

“Ketika mendengar siaran radio maka tidak bisa diulang lagi, berbeda dengan media cetak, dan ketika menjadi seorang penyiar harus jelas, singkat dan padat. Hanya media radio yang bisa dinikmati dengan tetap menjalankan aktivitas lainnya,” tambah Eddy.

Dalam pemanteriannya pun dijelaskan program siaran radio, mulai dari siaran musik, siaran kata, kombinasi keduanya, siaran berita dan siaran iklan. Tak hanya itu saja, radio memiliki fungsi sebagai media menyebarkan informasi, melakukan edukasi, memberikan hiburan serta control sosial.

Desi selaku mahasiswa Ilmu Komunikasi sekaligus salah satu peserta kuliah umum ini mengaku bahwa materi dalam kuliah umum ini cukup mengedukasi tentang radio dan mengetahui peranan radio saat ini.

X