WEBINAR NETRALITAS APARATUR SIPIL NEGARA “MEMBANGUN MERITOKRASI DAN DEMOKRASI INDONESIA”

Rabu (4/11/2020), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya berkolabrasi dengan Aparatur Sipil Negara dan Indonesian Association For Public Administration (IAPA) menyelenggarakan “Webinar Netralitas Aparatur Sipil Negara Membangun Meritokrasi Dan Demokrasi Indonesia” dalam upaya pencegahan pelanggaran dan netralitas ASN dalam pilkada 2020, kegiatan ini merupakan rangkaian acara dari Dies Natalis Universitas Sriwijaya ke 60.

Acara ini dihadiri oleh Rektor Universitas Sriwijaya Prof. Dr. Ir. Anis Saggaf, MSCE, Asisten III Administrasi dan Umum Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Prof. Dr. Edward Juliartha, M.M, Wakil Ketua Komisis Aparatur Sipil Negara Tasdik Kinanto, SH., M.Hum, Anggota DPR RI Dr. H. Mardani Ali Sera, MM, Asisten Komisioner KASN Dr. Iip Rahman Ilham Firman, M.Si, Wakil Rektor IV Universitas Sriwijaya Prof. Dr. Ir. M. Said, M.Sc. Dekan FISIP Universitas Sriwijaya Prof. Dr. Kiagus Muhammad Sobri, M.Si. acara ini juga diikuti oleh peserta sebanyak 1.300 orang dari seluruh Indonesia

Dalam kata sambutannya sekaligus membuka acara Rektor Universitas Sriwijaya Prof. Dr. Ir. Anis Saggaf, MSCE menyampaikan bahwa menurut undang-undang no. 5 tahun 2014 pasal 12 menyatakan bahwa Pegawai ASN berperan sebagai perencana, pelaksana, dan pengawas penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional melalui pelaksanaan kebijakan dan pelayanan publik yang profesional, bebas dari intervensi politik, serta bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme serta peraturan pemerintah no. 11 tahun 2017 serta peraturan pemerintah no. 53 tahun 2017 tentang netralitas perguruan tinggi. Untuk itu beliau berpesan kepada khususnya ASN dilingkungan Universitas Sriwijaya agar bersikap netralitas dan tidak memihak.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Sosialisasi website jaga ASN dengan alamat website https://www.iapa.or.id/jaga-asn/  oleh Sekretaris Jendral IAPA Dr. Bevaola Kusumasari, M.Si dan Dr. MD Enjat Munajat, S.Si., M.Ti. diharapakan dengan website ini IAPA dapat berkontribusi kepada negara dengan menjaga netralitas ASN dalam pilkada serentak 2020, kemudian dilanjutkan dengan acara utama kegiatan ini yaitu pemaparan materi dan diskusi yang dipandu oleh Dr. Nurmah Semil, M.Si. Wakil Ketua Komisis Aparatur Sipil Negara Tasdik Kinanto, SH., M.Hum dalam kata sambutannya menyampaikan dengan kegiatan webinar kerjasama dengan IAPA berharap ASN tetap netral dalam pilkada serentak tahun 2020.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber Asisten Komisioner KASN Dr. Iip Rahman Ilham Firman, M.Si., Dosen FISIP Unsri Jurusan Ilmu Administrasi Publik Dr. M. Husni Thamrin, S.IP., M.Si., Anggota DPR RI Dr. H. Mardani Ali Sera, MM. (ict)